GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Misteri Dari Deep-Sea Ikan Dengan Mata Tubular Dan Transparan Soal Kepala

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 11 Agustus 2011 | 15.03



ScienceDaily (Februari 26, 2009) - Para peneliti di Monterey Bay Aquarium Research Institute baru-baru ini memecahkan misteri setengah abad-lama ikan dengan mata tubular dan kepala transparan. Sejak "barreleye" ikan Macropinna microstoma pertama kali dijelaskan pada tahun 1939, ahli biologi laut telah diketahui bahwa tubular mata yang sangat baik untuk mengumpulkan cahaya.


Ini wajah-pada pandangan barreleye menunjukkan perisai transparan diterangi oleh lampu-lampu kendaraan yang dioperasikan jarak jauh Tiburon MBARI itu. Dua tempat di atas mulut ikan adalah organ penciuman disebut nares, yang analog dengan hidung manusia. (Kredit: Copyright 2006 MBARI)

Namun, mata diyakini tetap di tempat dan tampaknya hanya memberikan "terowongan-visi" pandangan apa pun yang langsung di atas kepala ikan. Sebuah kertas baru oleh Bruce Robison dan Kim Reisenbichler menunjukkan bahwa mata-mata yang tidak biasa dapat memutar dalam perisai transparan yang menutupi kepala ikan. Hal ini memungkinkan barreleye untuk rekan muncul di mangsa potensial atau fokus ke depan untuk melihat apa itu makan.

Deep-ikan laut telah beradaptasi dengan gelap lingkungan mereka dalam berbagai cara yang menakjubkan. Beberapa spesies ikan perairan dalam keluarga Opisthoproctidae disebut "barreleyes" karena mata mereka tabung dalam bentuk. Barreleyes biasanya tinggal dekat kedalaman di mana sinar matahari dari permukaan memudar untuk menyelesaikan kegelapan. Mereka menggunakan ultra-sensitif mereka tubular mata untuk mencari siluet samar overhead mangsa.

Meskipun tubular mata tersebut sangat baik untuk mengumpulkan cahaya, mereka memiliki bidang yang sangat sempit pandang. Selanjutnya, sampai sekarang, sebagian besar ahli biologi kelautan percaya bahwa mata barreleye itu adalah tetap di kepala mereka, yang akan memungkinkan mereka untuk hanya melihat ke atas. Hal ini akan membuat mustahil bagi ikan untuk melihat apa yang langsung di depan mereka, dan sangat sulit bagi mereka untuk menangkap mangsa dengan mereka yang kecil, mulut runcing.

Robison dan Reisenbichler digunakan video dari kendaraan dioperasikan dari jarak jauh MBARI (ROVs) untuk mempelajari barreleyes di perairan yang dalam hanya lepas pantai California Tengah. Pada kedalaman antara 600 800 meter (2.000 menjadi 2.600 kaki) di bawah permukaan, kamera ROV biasanya menunjukkan ikan tersebut tergantung bergerak di air, mata mereka bersinar hijau hidup dalam terang lampu ROV itu. Video ROV juga mengungkapkan fitur yang sebelumnya belum terdeskripsikan ikan ini - mata dikelilingi oleh perisai, transparan berisi cairan yang mencakup bagian atas kepala ikan.

Deskripsi dan ilustrasi yang ada sebagian besar ikan ini tidak menunjukkan cairan perisai nya, mungkin karena struktur rapuh hancur ketika ikan dibesarkan dari jauh di dalam jaring. Namun, Robison dan Reisenbichler yang sangat beruntung - mereka mampu membawa barreleye net-tertangkap ke permukaan hidup, di mana ia bertahan selama beberapa jam di akuarium kapal-board. Dalam hal ini lingkungan yang terkendali, para peneliti mampu mengkonfirmasi apa yang mereka lihat di video ROV - ikan diputar tubular mata sebagai ternyata tubuhnya dari horisontal ke posisi vertikal.

Selain luar biasa mereka "tutup kepala," telah barreleyes berbagai adaptasi menarik lain untuk laut kehidupan. Besar mereka, sirip datar memungkinkan mereka untuk tetap hampir bergerak di air, dan bermanuver sangat tepat (seperti ROVs MBARI s). Mulut kecil mereka menunjukkan bahwa mereka dapat menjadi sangat tepat dan selektif dalam menangkap mangsa kecil. Di sisi lain, sistem pencernaan mereka sangat besar, yang menunjukkan bahwa mereka dapat makan berbagai hewan melayang kecil serta jeli. Pada kenyataannya, perut ikan dua net-tertangkap berisi fragmen jeli.

Setelah mendokumentasikan dan mempelajari adaptasi unik barreleye itu, Robison dan Reisenbichler mengembangkan hipotesis kerja tentang bagaimana hewan ini membuat hidup. Sebagian besar waktu, ikan hang bergerak di air, dengan tubuh dalam posisi horisontal dan matanya melihat ke atas. Pigmen hijau di matanya mungkin menyaring sinar matahari datang langsung dari permukaan laut, membantu tempat barreleye cahaya bercahaya dari ubur-ubur atau hewan lain langsung overhead. Ketika bintik-bintik mangsa (seperti jelly hanyut), ikan berputar mata ke depan dan berenang ke atas, dalam modus makan.

Barreleyes berbagi laut lingkungan mereka dengan berbagai jenis ubur-ubur. Beberapa yang paling umum adalah siphonophores (jeli kolonial) di Apolemia genus. Siphonophores ini tumbuh lebih dari 10 meter (33 kaki) panjang. Seperti jaring hanyut hidup, mereka jejak ribuan tentakel menyengat, yang menangkap copepoda dan hewan kecil lainnya. Para peneliti berspekulasi bahwa mungkin barreleyes manuver hati-hati di antara tentakel siphonophore itu, memetik dari organisme ditangkap. Mata ikan akan memutar untuk membantu ikan tetap yang "mata pada hadiah," sementara perisai transparan akan melindungi mata ikan dari sel-sel penyengat yang siphonophore itu.

MBARI peneliti berspekulasi bahwa microstoma Macropinna dapat makan hewan-hewan yang telah ditangkap dalam tentakel ubur-ubur, seperti ini siphonophore di Apolemia genus.

Robison dan Reisenbichler berharap untuk melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah penemuan-penemuan mereka tentang microstoma Macropinna juga berlaku untuk lainnya laut ikan dengan mata tabung. Adaptasi fisiologis aneh dari barreleyes telah bingung ahli kelautan untuk generasi. Hanya dengan munculnya robot bawah air modern yang para ilmuwan telah mampu mengamati hewan-hewan seperti di lingkungan asli mereka, dan dengan demikian untuk memahami bagaimana adaptasi fisik membantu mereka bertahan hidup.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...