GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Inspirasi: Kita Butuh Sosok Bung Karno Muda yang Visioner

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 10 November 2013 | 11.34



Kita Butuh Sosok Bung Karno Muda yang Visioner
Gita dengan latar belakang Soekarno. AyoGitaBisa.com/Fran
 
AyoGitaBisa.com -
Proklamasi 17 Agustus 1945 menjadi titik balik perjuangan Indonesia menjadi bangsa merdeka. Soekarno dilantik sebagai presiden pertama. Kala itu, dia berumur 44 tahun. Tidak mudah perjuangan Soekarno memimpin bangsa. Seperti dalam hal ekonomi, dimana seluruh kekayaan Indonesia hampir habis dikeruk Jepang untuk kebutuhan Perang Dunia II.
Makanya, salah satu program besar Soekarno adalah memulihkan perekonomian dengan cara nasionalisasi sumber daya alam dan kemandirian mengelolanya. Berlahan tapi pasti, di usia produktifnya Soekarno mampu melakukannya.
Bahkan ketika Indonesia mendapat dana pampasan perang Jepang sebesar USD 223,08 juta pada 1958, Soekarno menggunakannya untuk keperluan perekonomian dengan pembangunan proyek-proyek prestisius. Beberapa bangunan megah antara lain Hotel Indonesia di Thamrin, Wisma Antara, Jembatan Ampera di Palembang, Hotel Samudra Beach di Sukabumi, Hotel Bali Beach di Sanur, Hotel Ambarukmo di Yogyakarta dan pertokoan modern Sarinah di Thamrin.
Dalam biografinya Bung Karno penyambung lidah rakyat Indonesia karya Cindy Adams, BK mengemukakan alasannya membangun proyek-proyek besar tersebut. "Aku menganggap pengeluaran uang untuk simbol-simbol penting seperti itu tidak akan sia-sia. Aku harus membuat bangsa Indonesia bangga terhadap diri mereka. Mereka sudah terlalu lama kehilangan harga diri."
Bagi banyak orang, usia 40 tahun memang masa-masa emas. Life begins at fourty kata sebuah pepatah. Usia dimana produktivitas seseorang sedang tinggi-tingginya. Meski Gita jauh lebih percaya Life begins when will born. Yang pasti, di matanya, Soekarno seorang yang inspirasi sekali karena memiliki visi besar. Beliau visioner, tukasnya. Indonesia butuh sosok seperti Soekarno muda yang memiliki visi jauh ke depan.
Sama seperti Soekarno yang mendapatkan kesuksesan di usia 40-an, Gita Wirjawan juga salah satu pejabat negara yang kini sedang memiliki karir cemerlang. Produktivitasnya menyala sejak menjadi profesional internasional Citibank dan JP Morgan. Dan, dia pun kian mengkilat ketika mendirikan Ancora Capital & Ancora International yang fokus di bisnis investasi.
Meski sudah menjadi profesional dan entrepreneur sukses, visi Gita ke depan adalah membangun bangsa. Oleh karena itu, ketika dia ditunjuk untuk memimpin Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dia jalankan dengan baik. Dengan luasnya jaringan (network) internasionalnya, BKPM di bawah Gita berhasil menarik investasi sebesar Rp55 triliun/kuartal. Pertumbuhan investasinya rata-rata 32,5%. Angka yang mantab bagi investasi masuk ke tanah air. Kinerja di BKPM mengantarkan Gita menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Marie Elka Pangestu sejak tahun 2011. Banyak prestasi yang dimiliki pria yang kini memasuki usia ke-49 itu.
Setiap ide visioner selalu mendapatkan tentangan. Begitu juga ketika Soekarno menyampaikan ide-idenya dahulu. Bagi Gita setiap ide positif kudu dielaborasi. Dia sangat yakin dengan kemampuan anak-anak bangsa Indonesia dalam pemikiran berkelas internasional. Maka, master lulusan Harvard University ini memberikan banyak beasiswa untuk sekolah. Impiannya, adalah untuk kekuatan SDM Indonesia di masa depan.
Upayanya mengimpor beberapa pembebasan impor, karena memang stok yang kurang. Meski demikian, dia tidak tinggal diam untuk menaikkan kualitas dan stok dalam negeri. Dia yakin stok kedelai dan daging sapi yang sebagian didatangkan dari luar bisa memenuhi stok sampai akhir tahun. Meski banyak yang menentang, sedikit demi sedikit stabilitas harga akhirnya terkendali. Katanya, agar masyarakat tetap bisa menikmati olahan daging sapi di meja makan.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...