GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Asyiknya Bekerja Sambil Liburan, Secuil Cerita Tentang Rig

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 10 November 2013 | 11.43

by: http://muda.kompasiana.com/2013/11/09/bekerja-sambil-liburan-secuil-cerita-tentang-rig-606587.html
K3 atau kesehatan dan keselamatan kerja, versi bahasa inggrisnya dikenal dengan HSE atau health safety and environmental. Yup, itu merupakan divisi tempat saya bekerja, lebih spesifiknya saya mengurus terkait Industrial Hygiene. Karir yang saya pilih ini mungkin ada yang sebagian pernah samar-samar dengar, pernah benar-benar dengar, atau malah tidak pernah dengar..heheh..karena memang tidak semua perusahaan memiliki divisi ini.
Di divisi HSE ini terdiri dari yang isinya para pria semua dan saya wanita seorang diri, memang karir ini lebih didominasi oleh kaum laki-laki pada saat ini. Divisi ini ngurusin apa sih? Intinya divisi ini berusaha untuk mencegah terjadi kecelakaan atau kesakitan akibat kerja, meningkatkan performa pekerja, dan menciptakan lingkungan kerja yang cukup nyaman, aman dan sehat untuk menunjang operasional kerja.
Apa yang saya kerjakan? Intinya sih saya melakukan assessment terhadap aspek-aspek bahaya yang ada di lingkungan kerja yang berpengaruh pada kondisi kesehatan pekerja. Ya begitulah kira-kira, intinya tugas saya fokus pada mencegah terjadinya penyakit akibat kerja dan menciptakan lingkungan yang nyaman dan sehat untuk bekerja.
13839985561746461089
Offshore Rig - Dokumen Pribadi
Apa yang menarik? Selain tanggung jawabnya yang menurut saya memberikan manfaat pada orang lain seperti tersebut diatas, Karir ini memungkinkan saya untuk traveling dari satu sumur pengeboran ke sumur pengeboran lain, dari mulai sumatera hingga kalimantan. Tidak melulu tentang duduk 8 jam di depan komputer.
13839987011739716604
Onshore Rig - Dokumen Pribadi
Berhubung yang mengurusi tentang Industrial Hygiene hanya saya seorang diri dari 11 orang lain yang ada di divisi saya, jadi saya terbiasa untuk wira-wiri dari satu daerah ke daerah lain dengan tas carrier 55 L yang isinya adalah instrumen alat ukur saya semua, baju paling Cuma 2 pcs, karena selama di Rig saya harus memakai Coverall. Berhubung fasilitas Laundry juga disediakan di lokasi jadi gak perlu juga bawa baju banyak.
13839989241533638267
Gunung Kerinci - Dokumen Pribadi
Karir ini membawa saya ke daerah solok selatan dimana dari sini saya bisa memandang gunung kerinci yang berdiri dengan megah; menjelajahi kawasan gunung halimun yang ternyata ada suatu bagian dimana pohon cemara yang berjejar membuatnya seperti layaknya di switzerland (kayak udah pernah kesana aja..hehe); pedalaman palembang; dan pedalaman kalimantan; serta berada di tengah hamparan laut luas dimana sejauh mata memandang hanya ada air laut dan awan mengarak.
1383998851991058615
Pegunungan Halimun - Dokumen Pribadi
Setiap pagi atau sore, tapi berhubung saya lebih suka senja, menikmati senja di atas helly deck adalah hal yang wajib saya lakukan ketika berada di sumur pengeboran lepas pantai.. Rasanya menyenangkan sekali, sehabis bekerja seharian dapat duduk dengan tenang menikmati senja dengan semilir angin yang menyentuh kulit-kulit ini dan suara ombak yang menjadi musik latarnya.
13839989781394987929
Fajar dari Solok - Dokumen Pribadi
Apa yang dilakukan bila malam datang? Banyak pilihan yang dapat dilakukan, klo hobby tidur bisa langsung cus tidur, klo mau main musik ada keyboard/ drum/ gitar, klo mau main games juga tersedia, atau klo mau memandangi langit juga bisa, tinggal ke helly deck (offshore) atau ke area depan basecamp (onshore) ngeliat bintang bertaburan atau klo sedang terang bulan bisa memandangi indahnya bulan purnama.
13839990791474339226
Senja dari Lepas Pantai - Dokumen Pribadi
Dan satu lagi yang menyenangkan, ga perlu pusing mikirin mau makan apa dan dimana, karena makanan sudah tersedia dan tersaji oleh tim catering, tinggal disantap sebanyak apapun yang dimau, baik menu internasional maupun menu nasional selalu tersedia setiap harinya.
Yup, karir ini membuat pekerjaan saya selalu serasa seperti liburan, apalagi saya memang lumayan hobby traveling. Bisa menjelajah satu kota ke kota lain, mengenal budayanya dan menganal alamnya sembari bekerja.
Dibalik itu semua, berhubung Rig sebagian besar isinya adalah laki-laki, ibaratnya 125 laki-laki dan perempuannya paling banyak 2-4 orang, kita sebagai perempuan harus pintar-pintar berlaku dan berkomunikasi. Selain tu kondisi Rig meminta kita untuk dapat bergerak aktif pindah dari satu level deck ke level deck yang lain, jadi ya ga boleh manja.
Jadi, saya cukup bersyukur mendapatkan kesempatan untuk berkarir di bidang ini, walau harus berpindah-pindah ke berbagai daerah dan harus berada di sarang penyamun, tapi pekerjaan ini memberikan saya ruang gerak yang cukup luas tidak dibatasi hanya seluas kubikal meja kerja
13839991731084626500
Rig Floor - Dokumen Pribadi

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...