GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Orang Zaman Dulu Mengedit Foto Pakai Apa,ada yg tau?

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 01 Agustus 2012 | 11.50

Canggihnya Orang Jaman Dulu Mengedit Foto Tanpa Software


Orang bilang banyak foto masa lalu dimanipulasi. Tapi apa yang sebenarnya terjadi? Apakah foto “asli” dari masa lalu selalu asli dan benar? Inilah contoh bagaimana pemerintah Soviet “mem-photoshop-kan” foto sejarah mereka tanpa menggunakan software Adobe yang sangat terkenal sekarang. Dan seluruh media ditipu dengan gambar yang “benar” dan “asli” ini. Pada foto di atas agan dapat melihat Stalin dan comrade-nya (tentara Rusia) berjalan-jalan , di kiri ada 4 orang dan di kanan.. tinggal 3. Dan lihat bagaimana mereka berusaha membuat kembali latar belakang foto. Yang satu ini, sebelah kanan, dirilis secara resmi. Dan orang yang hilang ini telah dieksekusi.


Ini foto sekelompok orang yang lain. Di bagian atas itulah tatanan aslinya. Yang di bawah telah disunting (edit). Dua orang hilang. Mereka juga dieksekusi. Dan beginilah foto tersebut dirilis. Lihat gan betapa hebatnya hasil pemalsuan ini. Di zaman belum ada software secanggih sekarang


Yang satu ini tidak terlalu hebat. Bila kita lihat lebih dekat ada beberapa keanehan sebelum diproses. Pemerintah Rusia mengganti papan nama toko “Jam.Emas.Perak” menjadi “Perjuangan Membuahkan Kemerdekaan”. Ya, mengapa tidak? Juga benderanya, sebelumnya hanya merah kemudian menjadi “Runtuhlah Kekaisaran”.


Itu Stalin. Di foto di kiri agan dapat melihat satu orang, yaitu comrade (tentara rusia), menunjukkan jalan kepada Stalin. “Lewat sini!”. Tapi bagaimana bisa seseorang menunjukkan jalan untuk Stalin? Akhirnya mereka menghilangkan orang itu karena di Rusia tidak boleh ada orang yang menunjukkan jalan kepada pemimpin bangsa Rusia. Tidak boleh.


Di foto ini agan dapat melihat Lenin dan istrinya duduk di tengah, dikelilingi para petani dan anak-anak mereka. Tetapi tidak lama setelah foto ini dibuat dan banyak petani tersebut dieksekusi – karena mereka punya banyak sekali uang dan tidak mau berbagi dengan tetangganya yang miskin, Sehingga foto yang dirilis seperti ini. Semua yang dieksekusi dihilangkan, termasuk anak-anak.


Ini foto Lenin membacakan pidatonya di alun-alun kota. Orang-orang yang merilis foto ini mengatakan terlalu sedikit orang yang mendengarnya untuk membuat terkesan para pembaca suratkabar di seluruh Rusia sehingga mereka…menambahkan para pendengar lagi. Tepatnya mereka yang digandakan berulang-ulang. Kira-kira berapa jam yak gan waktu yg dihabiskan utk membuat tambahan orang ini tanpa Photoshop dan komputer.


Hampir cerita yang sama terjadi dengan foto ini. Di tengah agan dapat melihat Chapaev, pimpinan angkatan darat Rusia terkenal, dikelilingi oleh senior angkatan darat Soviet lainnya. Tapi banyak pemimpin Komunis pertama dieksekusi atas perintah Stalin. Sehingga foto ini juga dikoreksi ketika dirilis. Dan banyak lagi yang bisa agan dapatkan di arsip-arsip Rusia. Apakah ini hanya terjadi di Rusia? Ingat spekulasi yang masih hangat diperbincangkan seperti “Apakah Ada atau Tidak Ada Orang di Bulan?” dll. Sehingga apa yang sebenarnya terjadi dan apa itu photoshop terkadang sulit untuk dipahami.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...