GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

( Tentang Miss World Di Indonesia ) Kontroversi Penyelenggaraan Miss World: Kesimpulan Setelah Menonton Mata Najwa

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 12 September 2013 | 20.36

by: http://regional.kompasiana.com/2013/09/12/kontroversi-penyelenggaraan-miss-world-kesimpulan-setelah-menonton-mata-najwa-591004.html
Acara Mata Najwa di metrotv pada rabu, 11 September 2013 pk 21.30 kemarin memberikan berbagai wawasan baru pada saya mengenai kontroversi penyelenggaraan Miss World di Indonesia. Mata Najwa semalam menghadirkan para 5 narasumber: ketua NU, perwakilan panitia miss world, perwakilan kementerian pariwisata, perwakilan komisi perempuan, dan Rhenald Khasali. Saya agak lupa nama-nama mereka. Sudah lama saya mengikuti berita mengenai pro-kontra acara ini. Karena itu, setelah membaca lebih banyak informasi, ditambah dari menonton acara mata najwa semalam, saya memutuskan untuk menuliskan kesimpulan saya mengenai pro-kontra penyelenggaraan acara ini.
http://1.bp.blogspot.com/-XBb6FGAfFQI/Ubq-kHTHfhI/AAAAAAAAAfY/gz2a97Cpe_Y/s320/gambar.jpg
Saya harus mengatakan jujur bahwa pihak yang kontra terhadap penyelenggaraan miss world ini tidak memiliki satu pun argumen yang benar-benar kuat dan bisa dipertanggungjawabkan untuk menentang penyelenggaraan miss world ini. Saya akan mengupas 1 demi 1 argumen-argumen yang disodorkan oleh ketua NU maupun argumen-argumen lain yang saya ketahui dari mengikuti berita tentang miss world.

1. Ketua NU mengatakan bahwa saat ini Indonesia sedang banyak masalah, jadi penyelenggaraan miss world ini menunjukkan tidak adanya simpati terhadap bangsa. Bagi saya ini sungguh alasan yang tidak masuk akal. Justru penyelenggaraan miss world ini memberikan banyak manfaat pada Indonesia. Kita bisa memperkenalkan budaya dan keindahan Indonesia kepada 160 negara sekaligus. Kita bisa menarik calon-calon investor asing untuk berinvestasi di Indonesia. Selain itu, kalau alasannya “tidak ada simpati”, berarti penyelenggaraan acara-acara hiburan lain di Indonesia juga harus dianggap menunjukkan tidak adanya simpati pada masalah bangsa. Berarti penyelenggaraan acara-acara lain seperti Indonesian Idol, kejuaraan bulutangkis internasional, konser metallic dsb juga tidak boleh diselenggarakan untuk menunjukkan simpati kita pada bangsa.

2. Alasan lain yang digunakan ketua NU tersebut adalah penyelenggaraan miss world merupakan sebuah bentuk meng-copy budaya luar, padahal Indonesia sudah memiliki budaya sendiri. Inipun alasan yang sangat ngaco.  Pertama, ajang miss world ini justru merupakan bentuk menyebarluaskan budaya Indonesia. Lihatlah momen di mana para miss world tersebut disuruh mengenakan pakaian-pakaian tradisional Indonesia. Lihatlah momen di mana para miss world tersebut diajak berkeliling menyaksikan budaya Indonesia. Lihatlah momen saat mereka dilatih melakukan tarian tradisional Indonesia. Justru melalui ajang miss world ini kita bisa memperkenalkan budaya bangsa kepada 160 negara sekaligus! Lagipula, orang-orang yang memakai argumen seperti ini pasti orang yang tidak tahu apa sesungguhnya arti budaya. Kalau miss world dianggap mengcopy budaya luar, berarti acara-acara lain seperti indonesian idol, kuis-kuis berhadiah di tv, turnamen sepakbola nasional dsb juga harus dilarang; karena acara-acara tersebut pada dasarnya berasal dari budaya negara lain yang kita tiru. Selain itu, kalau argumennya “tidak boleh mengcopy budaya luar”, berarti konser-konser metallic, K-pop dsb juga harus dilarang, karena Indonesia sudah punya budaya musik tradisional sendiri! Lalu budaya bermain sepakbola, basket, voli dsb juga harus dilarang karean itu merupakan olahraga dari luar, bukan olahraga asli indonesia. Alasan lain saya menganggap argumen ini tidak masuk akal adalah: bahkan budaya wanita harus menutup tubuh, memakai jilbab, dilarang pakai bikini itu pun sebenarnya juga bukan budaya asli Indonesia; itu merupakan BUDAYA ARAB yang DICOPY oleh Indonesia! Jadi sebenarnya yang dibela di sini adalah budaya ARAB, bukan budaya Indonesia! Kenyataannya, justru beberapa pakaian tradisional bangsa ini merupakan pakaian yang terbuka. Di Papua misalnya bahkan ada suku yang ceweknya selalu telanjang tuh!

3. Alasan lainnya adalah adanya sesi bikini/swimsuit yang biasanya muncul dalam penyelenggaraan miss world. Sebenarnya panitia sudah mengalah di sini dengan meniadakan sesi bikini tersebut. Namun si ketua NU tetap protes dengan alasan “lihat sejarahnya pak. Miss world itu awal mulanya merupakan kontes bikini”. Bagi saya ini ngaco. Itu kan DULU, kenapa harus dipermasalahkan terus? Apakah si ketua NU mau menyuruh panitia naik mesin waktu ke masa lalu, kemudian mengubah sejarah tersebut, baru dibolehkan menyelenggarakan miss world? Lagipula kalau alasan historikal dijadikan argumen, saya juga bisa katakan bahwa orang islam juga seharusnya tidak boleh sembahyang bersujud ke arah kabah di mekkah! Kenapa? Karena DULUNYA kabah itu adalah tempat pemujaan berhala-berhala kafir, kalau tidak salah ada 360 patung berhala di kabah tersebut, sebelum akhirnya dihancurkan semua oleh Muhammad.  Karena itu saya merasa sungguh ngaco argumen “dulunya” yang dipakai ketua NU ini.

4. Alasan lain yang digunakan adalah miss world dianggap merupakan ajang eksploitasi wanita. Ini lucu. Wanita-wanita yang ikut miss world saja tidak merasa dieksploitasi, justru mereka merasa acara miss world ini merupakan suatu anugerah, kesempatan luar biasa bagi mereka untuk menggunakan bakat mereka, menorehkan prestasi di panggung internasional. Saya rasa orang yang berargumen seperti ini pasti tidak tahu apa sebenarnya arti “eksploitasi”. Saya beri contoh misalnya kejuaraan angkat besi nasional, apakah itu merupakan suatu “eksploitasi kekuatan/otot manusia”? Contoh lain, ajang olimpiade matematika tingkat nasional, apakah itu merupakan suatu “eksploitasi kecerdasan siswa”? Tidak kan? Justru itu merupakan suatu anugerah bagi peserta, suatu kesempatan berharga menggunakan bakatnya untuk meraih prestasi!  Lagipula kenyataannya, pergelaran miss world bukan hanya melulu soal kecantikan, namun juga melihat pengetahuan, pemikiran, watak, kecerdasan, dsb. Lagipula kalau miss world dianggap suatu “eksploitasi kecantikan”, berarti acara-acara lain seperti putri indonesia, iklan ponds whitening, iklan sabun Lux, iklan Citra, Rexona dsb juga harus dianggap suatu “eksploitasi kecantikan”.

Saya sekali lagi menyimpulkan bahwa pihak kontra miss world pada dasarnya memang tidak bisa memberikan argumen yang benar-benar kuat untuk menentang penyelenggaraan miss world. Perwakilan panitia miss world sudah menjelaskan bahwa penyelenggaraan ini sudah dipersiapkan sejak 3 tahun lalu, mereka sudah memperoleh izin yang sah dari kementerian. Perwakilan dari komisi wanita juga menyatakan jelas bahwa miss world ini sama sekali bukan merupakan suatu eksploitasi, merupakan justru sebuah kesempatan berharga. Dan perwakilan kementerian pariwisata juga menyatakan sendiri bahwa penyelenggaraan miss world ini memberikan sumbangsih bagus bagi bangsa dalam hal memajukan ekonomi pariwisata dan memperkenalkan kebudayaan Indonesia pada bangsa-bangsa lain.  Dan satu hal lagi yang mengganjal pikiran saya adalah, kenapa banyak orang menentang penyelenggaraan miss world padahal sebagian dari mereka suka mengikuti berita miss universe atau bahkan rutin menonton miss universe di televisi tiap tahunnya? Kenapa juga selama ini tiap tahun tayangan miss universe di televisi tidak pernah didemo/dilarang oleh mereka? Ada ketidakkonsistenan yang sangat kentara di sini.

Saya berpesan, jadilah masyarakat yang cerdas. Jangan anti terhadap perubahan. Berpikirlah secara terbuka. Dan akhir kata, saya kutip apa yang dikatakan Najwa Shihab di penutup acara semalam: bangsa ini sudah banyak sekali masalah korupsi dan sebagainya, jangan lagi menambahi masalah bangsa dengan meributkan penyelenggaraan miss world, apalagi sampai memberikan ancaman anarkis.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...