GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Grup Band Paling Kompak: 5 Grup Band Indonesia dengan Fans Fanatik Paling Solid

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 13 September 2013 | 20.12

by: http://hiburan.kompasiana.com/musik/2013/05/21/5-grup-band-indonesia-dengan-fans-fanatik-paling-solid-562001.html
Banyak yang menilai masa kejayaan grup band Indonesia terjadi di tahun 2000-an setelah lebih dulu pada tahun 1990-an sederet nama grup lahir menghiasi panggung musik tanah air. Hal ini melanjutkan siklus musik yang pada tahun 1970-an didominasi oleh grup band rock, maka maju 3 dekade selanjutnya giliran grup pengusung musik pop mengambil alih kuasa panggung.
13691036791536716380 
KAHITNA 1994
Periode 1990-an hingga 2000-an memang eranya grup band pop berkualitas. Sejumlah grup yang dilahirkan dan besar pada periode tersebut terbukti mampu berprestasi dan berbicara banyak bahkan terus eksis hingga kini. Era tersebut juga menjadi parameter yang sering digunakan untuk menilai generasi grup-grup musik yang lahir belakangan.
Harus diakui grup band yang lahir di era tahun 1990-an dan berkibar di tahun 2000-an jauh lebih berkualitas dan sanggup memberikan warna cerah pada panggung musik Indonesia. Tak hanya kuat dalam hal identitas dan karakter, karya-karya mereka juga tak murahan dan sanggup bertahan melintas zaman. Grup-grup tersebut boleh dianggap sebagai penjaga wibawa musik Indonesia di tengah gempuran sejumlah grup muda yang memenuhi panggung musik zaman kini.
Satu hal lain yang menjadi tanda kegemilangan grup band era 1990-an dan 2000-an adalah keberhasilan mereka mencetak penggemar dengan basis yang sangat kuat dan sanggup bertahan mengikuti eksistensi mereka. Agak berbeda dengan sejumlah kelompok penggemar dari band zaman kini yang sebagian didominasi oleh penggemar mengambang alias swing fans. Basis penggemar yang kuat dan solid inilah yang juga menjadi kunci grup band era 1990-an dan 2000-an terus mampu bertahan dan bersaing hingga kini.
Berikut ini adalah 5 grup band Indonesia era 1990-an dan 2000-an yang memiliki basis penggemar cukup kuat dan solid bahkan boleh dibilang fanatik. Grup-grup ini sebagian dilahirkan di awal tahun 1990-an bahkan pertengahan 1980-an dan nama mereka masih terus berkibar hingga saat ini.
1. SLANK
Tak ada yang menolak jika dikatakan Slank adalah pemimpin dari sejumlah grup band era akhir 1980-an yang masih berkibar saat ini. Mengalami berbagai macam terpaan masalah hingga pergantian formasi tak menjadikan bendera Slank turun panggung. Terbukti sudah lebih dari 20 album mereka lahirkan semenjak album pertama dirilis tahun 1990. Dengan sosok Bimbim sebagai jantungnya, Slank sanggup bertahan dalam karya dan prestasinya sebagai grup band dengan basis penggemar yang sangat solid dan bertebaran di mana-mana. Slankers adalah salah satu yang dilahirkan dari rahim kesuksesan bermusik Slank. Fanatisme Slankers tak perlu dibahas dan diragukan lagi. Tebaran spanduk, bendera dan kerumunan mereka di setiap panggung Slank menunjukkan betapa kuatnya dukungan mereka kepada band idolanya.
13691039891196555158 
Slank yang sanggup terus bertahan hingga 3 dekade (www.slank.com)
2. KAHITNA
Jika Slank menjadi simbol eksistensi panjang musik rock di panggung musik Indonesia, maka KAHITNA adalah pemimpin dari sederet grup band pengusung pop romantis di tanah air. Dibentuk tahun 1986 oleh Yovie Widianto, perjalanan musikal KAHITNA berlangsung sangat mengagumkan hingga eksis mencapai usianya yang saat ini menginjak angka 27 tahun. Beranggotakan 9 personel, KAHITNA mengukuhkan nama mereka sebagai juara di jalur musik pop romantis dengan tebaran sejumlah hits dan masterpiece lagu-lagu cinta abadi seperti Cerita Cinta, Cantik, Tak Sebebas Merpati, Setahun Kemarin dan sebagainya.
13691042511532206196 
Lebih dari 3000 penggemar KAHITNA memenuhi JCC dalam 25 Tahun Cerita Cinta KAHITNA. Tiket konser ini sudah terjual habis 3 bulan menjelang konser (dok. : M. Irsan)
KAHITNA tak hanya berkibar di panggung musik pop, mereka juga diterima dengan baik di panggung musik jazz. Eksistensi mereka yang panjang juga berhasil melahirkan basis penggemar yang cukup kuat bernama soulmateKAHITNA. Nama tersebut diberikan sebagai julukan penggemar grup yang memasang Hedi Yunus, Carlo Saba dan Mario sebagai vokalis. Diperkenalkan pertama kali di tahun 2006, soulmateKAHITNA adalah nama pengganti sekaligus penerus KAHITNAmania yang lebih dulu eksis. Soal fanatisme, para penggemar KAHITNA yang tersebar lintas generasi boleh dikatakan sangat fanatik dengan idolanya. Mereka selalu memenuhi setiap panggung konser KAHITNA. Jumlah 3500 penonton dalam Konser 25 Tahun Cerita Cinta KAHITNA, menjadikan konser tersebut sebagai pagelaran grup musik Indonesia paling sukses sepanjang tahun 2011.
13691045531061541146 
soulmateKAHITNA, kelompok penggemar KAHITNA penerus generasi KAHITNAmania
3. GIGI
Album Angan tahun 1996 menjadi gerbang kesuksesan Armand Maulana dkk. sebagai salah satu grup musik terbaik yang dilahirkan di era 1990-an. Meski mengalami beberapa kali perombakan formasi, GIGI sanggup menjaga kibar benderanya di panggung musik Indonesia hingga saat ini. Lebih dari 15 album yang dihasilkan menjadikan mereka sebagai salah satu grup musik paling produktif. GIGI juga berhasil mengumpulkan massa pengagumnya bernama GIGI KITA. Meski dalam GIGI KITA Fans Club “baru” ada sekitar 900 nama terdaftar, jumlah penggemar GIGI jelas lebih banyak dari jumlah itu. GIGI KITA juga bukan kelompok penggemar yang mudah berpaling hati. Fanatisme mereka adalah salah satu anugerah terbesar bagi GIGI.
1369103809111961011 
GIGI (www.gigionline.com)
4. Sheila On 7
Berdiri tahun 1996 di Yogyakarta, Sheila On 7 mungkin menjadi grup paling populer di awal tahun 2000-an. Album perdananya yang mencetak rekor penjualan 1 juta copy menjadikan mereka raksasa baru di jagad panggung musik Indonesia. Kita, Sephia, dan Pejantan Tangguh adalah sebagian kecil dari hits yang mengantarkan bendera Sheila On 7 berkibar di panggung musik tanah air. Meski sempat diterpa badai internal yang membuat mereka terpaksa merombak formasi, Sheila On 7 terlanjur sukses merebut hati penggemar musik Indonesia. Karya-karya mereka selalu disenangi dan dinanti penggemarnya yang berjuluk Sheila Gank. Basis Sheila Gank yang cukup kuat dan tersebar di banyak daerah menjadi bukti bahwa Sheila On 7 adalah salah satu grup besar kesayangan masyarakat Indonesia.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhcg-OWSVz0cVWoZLjOOhsco7E_OxBBo40-T8He53Ck7lBBcS16DmujVVlhNPvnkty3BlbOeQ6O40bOCOyXlG3hJrEivT9tErFjBWFTtnP4ruql6Jj0M2dTQzbr20GRzCRvFDsOdR49trI/s320/Sheila_On_7_%25288%2529.jpg

5. NOAH
Nama NOAH memang masih sangat baru di telinga penggemar musik Indonesia. Tapi pendahulunya yang bernama Peterpan adalah salah satu grup paling fenomenal selama 6 tahun terakhir ini. Dibentuk pada tahun 2000, Ariel cs. adalah sebuah nama yang sanggup menghadirkan histeria penggemar yang cukup besar di panggung musik Indonesia. Sejumlah hits seperti Ada Apa Denganmu, Mimpi Yang Sempurna, Cobalah Mengerti, Menghapus Jejakmu hingga yang terkini Separuh Aku mengantarkan nama mereka sebagai salah satu grup band paling bersinar dalam 1 dekade terakhir. NOAH (Peterpan) juga berhasil membuat ribuan orang mengerumini setiap panggung yang mereka gelar. Sahabat Peterpan dan generasi berikutnya penggemar NOAH adalah kelompok fans fanatik yang menambah kebesaran grup band ini.
Di luar 5 grup band tersebut tentu masih ada beberapa nama yang memiliki basis penggemar cukup kuat seperti Kla Project dengan Klanis-nya, Dewa 19 yang dicintai Baladewa atau PADI bersama Sobat PADI nya. Namun demikian Slank, KAHITNA, GIGI, Sheila On 7 dan NOAH boleh dianggap sebagai 5 nama terdepan grup band dengan penggemar paling solid di antara banyak grup tahun 1990-an dan 2000-an yang masih eksis hingga kini. Jumlah penggemar mereka memang belum tentu yang terbanyak di Indonesia tapi para fans itu hampir dipastikan menjadi pembeli pertama setiap kali grup-grup itu mengeluarkan karya dan album.
http://static.republika.co.id/uploads/images/detailnews/noah-band-_120911194645-605.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...