GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Sisi Lain Acara Campur-Campur Di ANTV

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 10 September 2013 | 13.18

by: http://hiburan.kompasiana.com/televisi/2013/09/07/campur-campur-minus-rina-gunawan-590475.html
Tak banyak tahu, program Campur-Campur yang tayang stripping Senin-Jum’at di ANTV mulai Senin, 2 September 2013 lalu, adalah program lama dengan kemasan baru. Dahulu, Campur-Campur (selanjutnya CC) lekat dengan nama Rina Gunawan. Selama 3 tahun, Rina menjadi Presenter program yang menggandengan rumah produksi AvanteGarde dalam produksinya. Namun, pada 4 Januari 2001, Rina mengundurkan diri dan CC pun kemudian menghilang.
Pada September 2013, tagline “SEMUA ADA DI SINI” yang lama tak terdengar, muncul lagi. Meski tetap menghadirkan bintang tamu dari kalangan artis, namun kemasan CC yang saat ini dipandu oleh Cagur dan Melaney Richardo, jauh berbeda dari CC ketika masih dipresenteri Rina Gunawan. Porsi tanya-jawab pada bintang tamu tak lagi digali secara mendalam. Konsep show CC sekarang lebih banyak menampilkan game show, sketsa, dan saweran uang bagi para penonton di studio yang jogetnya dianggap keren.
Seperti yang sudah dijelaskan, porsi tanya-jawab pada bintang tamu tidak dominan. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan para Presenter, justru nampak bebas. Saking bebas, cenderung seperti mem-bully seseorang. Ini terjadi pada episode semalam (Jum’at, 6 September 2013) yang kebetulan saya tonton. Meski tidak diungkap jelas, namun saya dan sebagian besar penonton pasti tahu, arah pembicaraan Raffi Ahmad. Coba simak percakapan Raffi dengan Five-Vi berikut ini…
Kamu anaknya berapa sih?” goda Raffi pada Five-Vi.
Anakku satu...”
Oh satu. Dengan dua anak saya nggak masalah kok, apalagi satu...”
Kamu usianya berapa?” goda Raffi lagi.
12 September besok udah hampir 33, lho
Ah, jangankan 33, sama yang 40 aja gua nggak masalah.”
137851829371608855
Selain pertanyaan-pertanyaan yang seolah mem-bully seseorang yang pasti sudah kita kenal bersama, aksi bintang tamu di CC kemasan baru ini, agaknya juga dibiarkan bebas. Ini terlihat masih di episode kemarin, tiba-tiba Raffi tiduran di atas pahanya Five-Vi. Semalam, janda Henry Yosodiningkrat memakai pakaian seksi dan ketat. Roknya pun cukup pendek.
Meski pahanya ditiduri Raffi, Five-Vi membiarkannya. Perempuan ini hanya menempekkan kedua tangannya ke pipi. Seolah kaget melihat aksi Raffi. Para penonton langsung heboh melihat adegan layaknya sepasang kekasih sedang berpacaran. Menurut saya, Produser dan tim harus berhati-hati. Mereka harus mem-brief para Presenter dan bintang tamu. Sebab, ini bisa berpotensi untuk mendapatkan teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), secara program ini disiarkan secara langsung.
Tadi malam, agaknya lebih banyak ‘mempersoalkan’ tentang status janda. Kata-kata ‘janda’ keluar dalam beberapa dialog Presenter, termasuk keluar dari mulut Raffi. Kebetulan, yang menjadi bintang tamu tadi malam adalah Five-V, artis yang sampai saat ini masih berstatus sebagai seorang janda.
Kamu sudah berapa kali sih menjanda?” tanya Raffi tanpa rasa bersalah.
Menurut saya, pertanyaan yang diajukan Raffi tidaklah etis, meski dianggap sebagai pertanyaan guyonan. Apalagi cara menanyakannya seolah tidak ada tendensi untuk empati, tetapi seolah ‘melecehkan’ status janda. Namun, beruntunglah Five-Vi cuma cengeggesan mendengar pertanyaan Raffi itu.
Belum cukup mem-bully status janda, di segmen berikut, Raffi mengeluarkan pernyataan, seolah ‘mempermasalahkan’ seorang janda. Di segmen berkonsep skesta komedi ini, dikisahkan Raffi baru saja menikah dengan Five-Vi. Setting sketsa berada di sebuah kamar dengan ranjang besar warna pink. Namun, tiba-tiba, datang Wendy Cagur -yang berpenampilan dan bergaya perempuan- mengaku sebagai istri pertamanya. Antara Wendy dan Five-Vi pun bertengkar.
Aku kan juga janda,” ujar Wendy sambil terus begaya ala perempuan.
Oh jadi kamu janda juga,” kata Raffi.
Kenapa sih kamu suka sama janda?
Kalo sama janda susah lepasnya,” ujar Raffi.
Entahlah apa perasaan Yuni Sara jika menyaksikan Campur-Campur episode semalam. Berkali-kali Raffi nampak membuka kehidupan pribadinya. Memang, ia tidak secara jelas menyebutkan nama Yuni Sara dalam dialog. Tetapi, tentu semua penonton tahu, siapa mantan kekasih Raffi dan status Yuni ketika menjadi kekasih Raffi saat itu, yakni janda.
1378519103978973364
Di segmen sketsa itu pun, Raffi memberikan pernyataan status hubungannya dengan Yuni.
Jadi bener nggak berhubungan dengan dia lagi?” goda Five-V.
Beneer..,” ujar Raffi dengan wajah serius.
CC minus Rina Gunawan nampak memang lebih menjual komedi dan unsur keseksian artis. Di episode perdana, CC menampilkan Dewi Persik. Semalam, di episode ke-5, CC menampilkan Five-Vi. Nampak benar Produser memanfaatkan kemolekan tubuh para bintang tamu, termasuk perempuan kelahiran Mojokerto, 12 September 1979 yang semalam memakai pakaian ketat dan rok mini. Kesimpulan ini bisa terlihat, ketika muncul di segmen kedua, Five-Vi diminta untuk berjogget seseksi mungkin (untuk menggantikan kata erotis).
Bukan cuma pertanyaan-pertanyaan bebas soal ‘kejandaan’ Five-Vi yang memang perlu ‘bimbingan orangtua’ untuk menonton program ini. Di segmen sketsa pun, adegan-adegan yang dimainkan relatif bebas. Saking bebasnya, Raffi sempat ‘protes’ aksi nanggung yang dilakukan Five-Vi.
Ih, die (Five-Vi) sih kalo meluk nanggung,” ujar Raffi spontan.
Raffi berharap, saat adegan pelukan, Five-Vi bisa memeluk erat, sehingga dadanya bisa bertemu dengan dada Raffi. Tentu Anda tahu jika hal tersebut terjadi. Protes Raffi tersebut kemudian ditanggapi Wendy Cagur. Ia pun memeluk Raffi. Sebelum adegan ‘protes’, ada adegan Raffi melompat ke atas ranjang untuk menemani Five-Vi yang sedang tiduran di ranjang warna pink itu. Untunglah adegan tiduran di atas ranjang berdua, tak terlalu lama. Sehingga, libido Raffi yang sedang tinggi-tingginya tidak membuat aksi ‘vulgar’.
13785211471203573114
Selain segmen sketsa, ada segmen Eksodus. Di segmen ini, ada seorang yang duduk di sofa warna merah. Orang ini berhak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan pada bintang tamu. Ada tuwas di dekat televisi, dimana jika tuas itu digunakan untuk menggulingkan sofa dan otomatis orang ini akan jatuh. Bintang tamu hanya bisa menggunakan tuas, apabila jawaban orang yang duduk di sofa itu salah atau kurang tepat. Namun, untuk sekadar lucu-lucuan, jawaban tepat pun bisa saja digunakan agar orang terjatuh. Seperti episode semalam, dimana Five-Vi sengaja menggunakan tuas agar Raffi terjatuh.
Segmen lain adalah memanfaatkan para penonton di studio. Para Caperssss (sebutan untuk Campur-Campur Lovers di studio dan di rumah) yang datang harus menunjukkan kebolehannya berjoget. Bagi penonton yang jogetnya dinilai keren, akan diberi uang saweran. Perlu diketahui, penonton-penonton CC yang datang ke studio ANTV di Epicentrum wajib memakai pakaian sesuai tema. Ketika episode Dewi Persik, lewat akun twitter @CampurANTV, penonton memakai pakaian ala penyanyi pantura.
Segmen yang menurut saya menarik adalah segemen game show. Semalam, game show memanfaatkan barang-barang yang ada di dalam keranjang. Kontestan, dalam hal ini Presenter harus berimprovisasi melakukan sebuah pekerjaan dengan menggunakan barang-barang tersebut. Misal, barang yang dimainkan adalah kaca rias kecil. Selain untuk merias, Wendy Cagur berimprovisasi kaca rias tersebut seolah sebagai pisau untuk memotong sayuran. Lalu gantungan baju yang oleh Melani digunakan seolah seperti pinsil alis.
13785213781183215995
Kontestan yang sudah menunjukan aksi improvisasi dengan benda tersebut, langsung dilemparkan ke peserta lain. Dalam game improvisasi ini, para kontestan hanya diberikan waktu lima detik untuk berpikir, jika tidak bisa menunjukan improvisasi dengan benda tersebut, kontestan akan mendapatkan sanksi. Meski lagi-lagi sanksinya menggunakan tepung yang ditaburkan ke wajah kontestan, menurut saya, esensi game ini menarik.
Kelahiran CC kembali di ANTV tentu menarik. Meski CC adalah produk lama, tetapi konsep CC era Rina Gunawan tidak mungkin dimunculkan kembali. Selain konsep CC lama telah “jadul” dan sangat plain, tren pun sudah berubah. Produser dan tim kreatif tentu harus menyesuaikan tren penonton saat ini. Namun, tak ada salahnya jika saya menyarankan agar berhati-hati. Kreatif boleh, tetapi tentu jangan sampai ‘kebablasan’. Menghibur boleh, tetapi tetap harus punya pesan positif di dalamnya. Hati-hati pula dengan Melani dan Cagur, secara beberapa pengalaman sudah pernah ANTV alami di program Mels Update maupun Pesbukers dengan mendapatkan teguran dari KPI.
Salam Kreatif!

2 komentar:

Anonim mengatakan...

permisi boleh nanya, ini datanya real ga? trus dapat dimana data-datanya. dan nanya lagi nih, baginda ery ini seorang wartawan, pengamat atau apa profesinya. soalnya mau ngambil data ini buat tugas akhir

Situs Baginda Ery (New) mengatakan...

saya bukan yg seperti anda kira gan, saya hanya seorang blogger
untuk pertanyaan seputar artikel diatas silahkan agan tanyakan langsung kesumbernya dibawah ini linknya,,
http://hiburan.kompasiana.com/televisi/2013/09/07/campur-campur-minus-rina-gunawan-590475.html

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...