GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Waw........Ini Dia Mi Ayam Bakso Legendaris yang Enak di Jakarta ( YUK COBAIN )

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 16 Agustus 2013 | 20.10

Jakarta - Mie ayam merupakan jajanan populer di Indonesia termasuk di Jakarta. Ada beberapa rumah makan yang setia menjual racikan mie ayam sejak puluhan tahun silam. Bagaimana sajian mie ayam ini yang tak pernah surut penggemar? Mana yang paling enak?

Bakmi ayam atau mie ayam merupakan salah satu hidangan yang diadaptasi dari kuliner China. Meskipun demikian banyak varian mie beradaptasi dengan cita rasa lokal. Seperti beberapa rumah makan di Jakarta yang menyajikan mie gaya China dengan bahan yang halal.

Pada mie ayam varian biasa umumnya menggunakan mi telur yang lentur dan pipih, sawi, dan potongan daging ayam bumbu kecap yang ditaburi irisan daun bawang. Kuahnya merupakan kaldu ayam yang dicampur bawang putih, daun bawang, merica dan garam. Bakso, pangsit rebus dan goreng jadi pelengkapnya.
thumbnail
Kini mie ayam banyak dijajakan keliling dengan gerobak hingga menjadi andalan menu rumah makan dan restoran khusus mie. DetikFood mencoba mencicipi Mi ayam plus bakso di tiga warung mi ayam legendaris di Jakarta. Mie Ayam Gondangdia, Bonbin dan Restoran Tropik.

Mie ayam bakso racikan Mie Ayam Gondangdia (Rp. 20.000) menjadi target pertama. Resto legendaris ini tak pernah berubah tampilannya demikian juga racikan mie nya. Seporsi mie ayam berisi mi, sawi, potongan daging ayam dan tiga butir bakso. Kuah kaldunya disajikan terpisah dan ditaburi daun bawang iris.

Mie berporsi royal ini berwarna putih, lurus dan tidak keriting. Teksturnya halus dan sangat mulur, sepertinya dibuat sendiri. Daging ayamnya dipotong dadu, warnanya cokelat terasa gurih dan agak manis. Sedangkan baksonya bertekstur lembut dan renyah. Kuah kaldu disajikan terpisah, terasa gurih dengan sedikit jejak minyak.

Mia ayam Bonbin punya racikan yang hampir mirip. Isiannya sama dengan mi ayam bakso racikan Gondangdia. Bedanya bakso hanya diberikan dua buah dan warnanya kecoklatan, bertekstur renyah dan lebih padat. Rasa mienya lentur dan agak kenyal, bentuknya sedikit lebih keriting dengan taburan daun bawang di atasnya.

Sedangkan kuah kaldunya terasa gurih dan agak manis. Meskipun tidak ada jejak minyak pada kuahnya tetapi terlihat lebih keruh dan kekuningan. Mie ayam bakso berporsi royal ini dihargai Rp. 22.000,00 semangkuk.

Kalau mie ayam bakso racikan Restoran Tropik, diracik dengan sedikit berbeda. Sawi yang jadi isiannya ditaruh di bawah mie yang keriting dan bertekstur kenyal empuk. Ayamnya yang dicincang kasar dan berwarna agak putih ini diletakkan di atasnya.

Kuahnya yang lumayan asin disajikan terpisah dalam mangkuk kecil. Di dalamnya ada dua buah bakso yang lembut dan agak padat dan ditaburi daun bawang iris. Hanya Rp.19.000 saja sudah bisa menikmati kelezatan mie ayam bakso ini.

Dengan harga terjangkau, mie ayam bakso racikan Mie Ayam Gondangdia merupakan mie ayam paling enak, mungkin karena mie ayam diracik langsung dengan resep pemiliknya yang dulunya berasal dari Hongkong. Mi yang bertekstur halus dan sangat mulur ini cocok disajikan dengan potongan daging ayam yang empuk dan sedikit manis. Siraman kuah kaldu dengan jejak minyak melengkapi membuat rasanya gurih-gurih manis dan enak. Tak heran jika hingga kini tetap digemari dari generasi ke generasi. Nyaris tak ada yang berubah dari kualitas rasa dan gaya sajiannya.

Nah kalau Anda tidak suka dengan jejak minyak dalam kaldu bisa pilih mi ayam bakso racikan Gado-gado Bonbin. Tekstur mienya hampir sama dengan racikan Mie Ayam Gondangdia. Jika suka mie ayam dengan porsi sedikit dan daging ayam cincang bisa pilih racikan mie ayam bakso dari Restaurant Tropic. Nah, mana mie ayam yang sesuai selera Anda?

Mie Ayam Gondangdia
Jl. R.P Suroso No.36
(Jl. Gondangdia Lama)
Jakarta Pusat

Gado-Gado Bonbin
Jl. Cikini IV No.5
Jakarta Pusat
Telp. 021-3141539

Restoran Tropik
Pasar Baru 28A
Jakarta Pusat
Telp. 021-3457474/3844329


(odi/dyh)
by: http://food.detik.com/read/2012/11/28/170042/2104150/287/sluuurp-ini-dia-mi-ayam-bakso-legendaris-yang-enak-di-jakarta

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...