GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Awas Pemilih Hantu di Jateng dan Sumut di Pemilu 2014 (ghost voter)

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 16 Agustus 2013 | 14.50

Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi (LP3ES) baru-baru ini merilis hasil penelitiannya tentang pemilih hantu (ghost voter) yang diambil dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Potensi pemilih natu terbesar itu ada di Provinsi Jawa Tengah dan Sumatera Utara. Di Jawa Tengah pemilih hantu sebesar 20 persen dan di Sumatera Utara 11 persen. Adapun rincian jenis pemilih hantu tersebut adalah pertama, pemilih yang sudah tidak tinggal lagi di alamat yang terdaftar. Untuk jenis pemilih hantu ini di Sumut 62,7 persen dari jumlah pemilih hantu dan di Jateng 78,8 persen dari pemlih hantu. Kedua, pemilih yang alamatnya tidak jelas di Sumut 19,4 persen dari pemilih hantu dan di Jateng 7,5 persen dari pemilih hantu. Ketiga, pemilih tidak ada orangnya di alamat yang disebutkan di Sumut 13,4 persen dan di Jateng 6,3 persen dari pemilih hantu. Kelima, pemilih yang namanya tidak dikenal di Sumut 4,5 persen dan di Jateng 5 persen dari pemilih hantu. Dan keenam, pemilih yang namanya masih tercatat meskipun orangnya sudah meninggal. Jenis ini ditemukan di Jateng sebesar 2,6 persen.
http://static.liputan6.com/201302/pemilu-vote-ilus130221c.jpg 
Masalah pemilih hantu ini memang masalah klasik dari waktu ke waktu yang tidak bisa ditangani secara tuntas. Hal ini berpotensi melahirkan masalah sengketa pemilu. Barangkali Kpu juga tak sengaja membuat daftar seperti itu karena memang sistem informasi kependudukan yang belum baik di satu sisi dan begitu dinamisnya masalah kependudukan di sisi lain. Tetapi kemungkinan lain memang ada yaitu memang hal itu disengaja karena sangatlah sulit dan mahal bagi berbagai pihak untuk menegecek kebenaran data pemilih tersebut. Moga-moga di tahun-tahun yang akan datang pemerintah berupaya secara serius untuk membangun sistem informasi kependudukan yang baik. KTP elektronik sebenarnya sudah bisa digunakan sebagai jembatan untuk membangun sistem informasi kependudukan yang baik yang bisa dipakai untuk berbagai kepentingan termasuk untuk penyusunan daftar pemilih di kegiatan pemilu.
by: http://politik.kompasiana.com/2013/07/31/awas-pemilih-hantu-di-jateng-sumut-di-pemilu-2014-581142.html

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...