Translate

ARTIKEL PILIHAN

ARTIKEL SPESIAL 17 AGUSTUS: Makna Lomba Lari Karung dan Panjat Pinang

Written By Situs Baginda Ery ( New ) on Kamis, 15 Agustus 2013 | 10.54

Peringatan hari kemerdekaan RI yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus setiap tahunnya kurang meriah jika tidak ada perlombaan panjat pinang dan lomba lari karung. Lomba ini selalu ramai diikuti oleh anak-anak atau orang dewasa. Walau hadiahnya tak seberapa tapi kegiatan ini sangat menarik dan seru.
Ada makna yang tersirat dan bisa menjadi pelajaran bagi kita dalam kegiatan itu. Bukan sekedar lucu-luan dan seru-seruan. Untuk itu akan saya bahas satu persatu makna perlombaan lari karung dan panjat pinang.
Mankna Lomba Lari Karung

Lomba Lari Karung
Lomba Lari Karung
Lomba lari karung adalah lomba dengan memakai karung didalam tubuh. Peserta diharuskan berlari sementara kaki dan separuh badan masuk ke dalam karung. Lomba ini mempunyai makna.
Walau badan dan kaki terkungkung di dalam karung yang dimaknai dengan kebebasan ataun kemerdekaan yang masih terpasung, kita diharuskan berusaha untuk mengejar kemerdekaan kita. Berlari dengan sedaya upaya atau melompat-lompat dengan dua kaki di dalam karung dengan semangatnya. Pantang menyerah dan keberanian diri yang sewaktu-waktu bisa terjatuh terjegal karung dan kehilangan keseimbangan tubuh. Dengan keterbatasan yang ada maka kita diajarkan untuk tetap semangat dan berusaha semampunya dengan tetap menjaga kestablian agar tidk terjatuh dan gagal. Kegagalan juga tidak harus mematahkan semangat untuk berlari mengejar ketinggalan. Kita tetap harus bangkit mengejar ketinggalan di segala bidang kehidupan ini.
Makna Panjat Pinang
Lomba Panjat Pinang
Lomba Panjat Pinang

Panjat pinang atau pohon pinang adalah tiang pancang yang terbuat dari batang pohon pinang yang tinggi menjulang. Bukan hanya sekedar batang tapi juga dilumuri dengan pelumas agar licin dan sulit untuk dipanjat. Memanjat juga harus dengan tangan kosong tanpa bantuan alat apapun juga.
Lomba ini dimainkan berkelompok atau grup. Strategi dalam memenangkan lomba ini adalah kerja sama kekompakan dan melihat potensi tubuh dari setiap anggota grup atau tim yang bertanding. Peserta yang tubuhnya paling tinggi dan gemuk biasanya berada dibawah dan dijadikan pijakan untuk menuju puncak batang pinang yang berisi hadiah. Teman tim harus rela dipijak mendukung anggota yang lain untuk bisa memanjat lebih tinggi dan mencapai hadiah. Setelah hadiah didapat tidak dimiliki oleh yang mengambilnya saja tapi dibagi sama rata untuk setiap anggota tim.
Makna yang tersirat dari lomba panjat pinang ini adalah kebersamaan dan kekompakan. Juga keikhlasan untuk rela berkorban mengorbankan diri untuk membantu rekan seperjuangan menuju tujuan yang sama yaitu kemerdekaan bangsa dan negara. Setelah kemerdekaan diperoleh bukan hanya dinikmati oleh segelintir orang yang dianggab berjasa saja tapi juga dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia. Untuk kehidupan sekarang lomba ini juga mengajarkan untuk saling  bekerja sama dan saling mendukung untuk mencapai tujuan bersama.
Selamat memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 68. Semoga kita bukan hanya setengah merdeka tapi benar-benar merdeka dari penjajahan ekonomi,budaya, dan juga teknologi negara lain.
Semoga kita bisa menjadi bangsa yang mandiri. Merdekaaaaaa…..
artikel by: http://edukasi.kompasiana.com/2013/08/12/17an-makna-lomba-lari-karung-dan-panjat-pinang-580442.html
Sumber gambar :
http://paras129.wordpress.com/category/uncategorized/page/2/
http://my.opera.com/hendrasudrajat/blog/

0 komentar:

Poskan Komentar

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

ARTIKEL PILIHAN

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...