GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Manfaat Besar dari Berlari Kecil

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 17 April 2011 | 21.49

Manfaat berlari kecil (jogging) tidak diragukan lagi. Ia diyakini mampu memperpanjang masa hidup seseorang. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal memperlihatkan bahwa orang-orang yang jogging secara teratur memiliki peluang lebih besar untuk hidup lebih lama dibanding mereka yang tidak melakukannya.

Penyebabnya karena organ-organ tubuh orang-orang yang gemar jogging bekerja dengan lebih baik daripada organ-organ orang yang tidak jogging sama sekali. Organ tubuh yang dimaksud adalah jantung dan paru-paru.

Pada saat jogging, jantung dan paru-paru akan bekerja lebih keras. Darah yang dipasok oleh jantung ke otot dan organ tubuh lainnya pun menjadi lebih lancar. Dengan latihan yang rutin ini pula pada akhirnya jantung dan paru-paru menjadi lebih kuat, serta memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan orang-orang yang tidak berolahraga.


Banyak juga orang yang belum tahu bahwa berolahraga secara teratur juga sangat bermanfaat dalam meningkatkan fungsi otak. Sebuah penelitian di Jepang menyatakan, setelah berlari kecil selama 30 menit sehari selama 12 minggu, para responden memiliki kemampuan menghafal dan melakukan tugas-tugas lainnya lebih baik daripada yang bukan pelari.

Diketahui bahwa joging secara teratur serta cukup takarannya memicu peningkatan protein yang disebut brain derived neurotropic factor (BDNF), yang sangat bermanfaat bagi fungsi otak. Semakin tinggi kadar BDNF, semakin tinggi pula kemampuan memori dan belajar seseorang.

Jadi, bagi Anda yang ingin mempunyai tubuh dan mental sehat serta bugar, dan panjang umur, namun belum membiasakan olahraga dalam rencana hidup sehat Anda, segera saja memulainya dengan jogging. Dan…dalam waktu dekat lihatlah manfaatnya.

Tips jogging

  • Gunakan sepatu yang sesuai untuk joging

  • Sebelum jogging sebaiknya lakukan dulu pemanasan di bagian urat-urat lutut, punggung bagian bawah, serta otot-otot betis.

  • Jika Anda telah lama tidak berolahraga, mulailah jogging secara bertahap. Untuk minggu-minggu pertama, cukup lakukan jogging selama 15-20 menit.

  • Lakukan 1- 2 kali seminggu.

  • Jangan lupa minum selama dan setelah jogging

(Sumber : Satumed.com)

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...