GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Drakula; Fakta atau Mitos?

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 22 April 2011 | 20.42

Apa sih Drakula itu?
Kenapa Drakula menghisap darah manusia?

Pertanyaan yang kerap dilontarkan oleh anak-anak tentang Drakula. Persepsi anak-anak dan mungkin kebanyakan orang tentang Drakula adalah sosok makhluk yang menyeramkan. Berjubah hitam, bertaring tajam, menghisap darah manusia, bengis tak berperikemanusiaan dan cerita pengantar tidur yang menakutkan.

"Dracula" berasal dari bahasa Rumania kuno yang merupakan kesatuan arti dari beberapa suku kata. 'Drac' berarti naga atau iblis, 'ul' adalah arti definitif dari kata penghubung dan 'ulea' adalah kata akhir yang berarti anak dari. Cerita Drakula, bermula dari keluarga kerajaan di Wallachia (Rumania Selatan) lewat Raja Vlad III Dracul (1431-1476) yang dikenal dengan nama Vlad Tepes.

Kata 'Dracul' di sini menunjukkan bahwa Vlad Tepes merupakan keturunan ketiga bangsawan Vlad, kelurga kerajaan Wallachia yang menggunakan lambang negara berupa naga. Tepes memerintah Wallachia selama tahun 1456-1476 dan terkenal akan kekejamannya sebagai penguasa. Penjahat, perampok dan tawanan perang adalah orang-orang yang menjadi korban kekejaman raja berwajah cekung dan berkumis tebal ini.

Saat Wallachia berperang melawan invasi Ottoman (Turki) yang dipimpin oleh Raja Muhammad II, Tepes menjadi tokoh yang paling ditakuti oleh para prajurit Ottoman. Tak jarang Tepes menyiksa habis musuh-musuhnya selain penjahat dan perampok. Mereka diikat, tubuh yang dibelah hingga keluar bagian organ tubuhnya. Usus, limpa, hati bahkan jantung musuh-musuh Tepes dibiarkan menggelantung di tubuh korban hingga mereka berteriak kesakitan dan mati secara mengenaskan. Cara lain Tepes menyiksa korban adalah menusuk anus korban dengan besi tajam yang panjangnya sekitar 2-3 meter hingga tembus ke kepala. Ini dilakukan Tepes pada korban dalam keadaan hidup. Kesukaan lain Tepes dalam menyiksa korban adalah menampung darah korban yang digunakannya untuk mandi. Menurut hikayat, kebiasaan ini dilakukan untuk menjaganya agar tetap awet muda.

Timbul pertanyaan, apa hubungan antara Drakula dengan Vampir?

Vampir dalam legenda Rumania merupakan makhluk penghisap darah dan cerita ini sudah mengakar sebagai bagian dari mitos dan budaya negara tersebut. Namun cerita yang menghubung-hubungkan Drakula sebagai makhluk penghisap darah tak pernah bisa dipertanggungjawabkan sebagai fakta nyata.

Berawal dari sebuah buku yang terbit tahun 1463 di Jerman berjudul "The History of Voivode Dracula" yang mengisahkan tentang kekejaman Vlad III Dracul. Dalam sejarah, buku ini terbit sebagai bagian dari politik Jerman yang saat itu diinvasi oleh Rumania. Tak diketahui pasti siapa penulis buku tersebut.

Empat abad kemudian di tahun 1897 Bram Stoker, penulis novel klasik kelahiran Dublin 1847 menulis sebuah novel klasik, "Dracula". Novel tersebut mengisahkan seorang Raja Rumania yang bengis, kejam dan tak berperikemanusiaan namun pembela rakyat. Kisah ini kemudian dibumbui oleh Stoker dengan legenda dan mitos tentang Vampir. Sepintas mirip dengan kisah Vlad III Dracul, namun tambahan legenda dan mitos inilah yang membuat banyak orang salah persepsi tentang Drakula dan Vampir.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...