GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Penomena'Poligami'di Indonesia

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 21 April 2011 | 20.51

Saya lebih baik dibilang suami takut istri daripada harus melakukan poligami”
Sri Sultan Hamengkubuwono X

Mendengar kata poligami mengingatkan saya pada kalimat “Harga yang harus dibayar”, mengapa tidak, istilah yang terus mengalami pro dan kontra tersebut sangat hangat menjadi wacana di era pergerakan kesetaraan gender beberapa dekade ini. Sebenarnya poligami memang sangat melekat pada kultur di berbagai belahan dunia. Kerajaan-kerajaan pada jaman dahulu memang memperbolehkan raja-rajanya untuk memiliki banyak permaisuri dan selir. Pada jaman nabi-nabi pun hal tersebut dilakukan dengan seijin Tuhan. Bahkan poligami di lakukan untuk maksud yang mulia seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad, dengan maksud meningkatkan harga diri janda2 tua dengan ijin ikhlas istri yang paling dia cintai. Pada jaman itu, poligami bukan sesuatu yang kontra, bahkan hal itu sangatlah wajar.


Di dalam Alkitab diceritakan bagaimana Yakub saat ingin mendapatkan Rachel, dia harus menikahi Lea terlebih dahulu. Demikian pula Abraham, karena sekian lama tidak mendapatkan anak dari istrinya Sarah, Tuhan mengijinkannya menikahi Siti Hajar. Dan juga kisah Raja Salomo/Sulaiman, dimana dia raja yang diberkati Tuhan dengan kekayaan yang melimpah serta 700 istri. Melihat latar belakang itu semua, poligami pernah diperkenankan. Namun, kembali dari pernyataan diatas bagaimana mereka harus menerima “Harga yang harus dibayar”.



Harga yang harus dibayar oleh Abrahan adalah anak cucu-nya harus mengalami peperangan hanya untuk memperebutkan kota perjanjian Yerusalem sampai saat ini. Dia menjadi nabi yang diagungkan oleh tiga kelompok keyakinan besar yaitu Nasrani, Yahudi dan Islam. Tiga keyakinan yang seharusnya bersaudara dan mendiami kota miliki nenek moyang mereka yang sama secara damai, namun kenyataannya tidak semudah itu. Harga yang harus dibayar adalah perang antar saudara beratus-ratus tahun.


Harga yang harus di bayar Yakub adalah anak cucu-nya yang saling mengalami iri dan dengki. Bagaimana dikisahkan Yusuf (anak Yakub) yang selalu diburu oleh saudara-saudaranya untuk dibunuh. Demikian pula Salomo yang akhirnya jatuh dari kekuasaannya karena jatuh cinta lagi dengan seorang wanita asing yang akan dijadikan istri kesekian ratus-nya. Pria yang tidak pernah puas dengan wanita-wanita disekitarnya pasti akan mengalami kejatuhan juga suatu kali. Pria yang tidak mampu menjaga hatinya dan menjaga kesetiaannya harus membayar perih dibalik manis berliter-liter madu sekitarnya. Salomo akhirnya berpaling dari Tuhan dan menyembah berhala sampai akhir kisahnya dengan terpecah belah kerajaannya.


Lalu, apa lagi yang perlu dipelajari sisi positifnya? Apa hikmahnya? Poligami memiliki TUMBAL, poligami harus mengambil resiko besar. Demikian Sri Sultan X menceritakan betapa tidak menyenangkan masa kecil hingga dewasa yang dialami saat tinggal bersama saudara-saudara dari hasil poligami ayahnya. “Saya tidak ingin anak-anak saya mengalami apa yang pernah saya rasakan”, kata beliau dalam wawancaranya di sebuah acara di Metro TV.


Poligami saat ini telah banyak disalah artikan banyak orang. Jaman sudah berubah, hak asasi manusia sudah diperjuangkan, sejarah hanya perlu dipelajari sebagai bacaan semata dan tak semua bisa diimplementasikan sama dengan peradaban jaman ini. Jika anda memang terlahir di jaman ini, hiduplah dijaman ini dengan bijak!.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...