GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Hidup Sehat itu gampang kok

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 17 April 2011 | 22.11

Banyak orang yang tak percaya bahwa untuk hidup sehat itu sesungguhnya sangat gampang dan murah alias tanpa perlu biaya tinggi dan tentunya kalau hidup telah sehat alami hidup panjang umurpun dapat tercapai ,tetapi sekali lagi yang mudah dan murah ini banyak orang yang tidak percaya..!
Siapa pun pasti ingin mencapai usia panjang dengan kesehatan yang selalu prima. Sejak ribuan tahun orang sudah berusaha untuk mencapai usia panjang dengan tingkat kesehatan yang PRIMA ,Berbagai upaya untuk mewujudkan hal itu ternyata perlu dilakukan sejak usia muda. Sayangnya, banyak yang baru menyadari bahwa mereka sedang memasuki proses penuaan (aging) ketika mulai mengalami perubahan-perubahan, baik fisik maupun psikis.


Untuk mengurangi risiko menderita berbagai penyakit di usia tua atau menjadi tua dengan kesehatan prima (healthy aging), para ilmuwan telah mengemukakan berbagai teori. Namun yang paling popular saat ini adalah teori radikal bebas, yaitu proses penuaan sebagai akibat kerusakan yang ditimbulkan radikal bebas.
Antioksidan ? Zat Penghambat Proses Penuaan
Radikal bebas sendiri merupakan zat berbahaya yang sangat reaktif dan bersifat merusak jaringan organ-organ tubuh hingga menimbulkan berbagai penyakit di usia tuba.
Untuk menetralisir radikal bebas ini, tubuh kita memerlukan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan meredam dampak negatifnya. Dengan antioksidan, kerusakan organ tubuh dan risiko terserang berbagai penyakit di usia tua dapat dicegah.
Sumber Antioksidan
Zat antioksidan dapat disediakan oleh tubuh kita, dan ada pula yang harus diperoleh dari luar tubuh berupa makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Diantaranya adalah: karotenoid, vitamin C, vitamin E, beberapa mineral seperti Zinc, Selenium, Mangan, Cuprum dsb. Namun hasil kerja antioksidan yang optimal diperoleh lewat kerjasama antara unsur-unsur antioksidan tersebut.
Sumber Nutrisi yang Mengandung Antioksidan
Berbagai sumber nutrisi yang mengandung anti-oksidan diantaranya adalah :
Semua biji-bijian, buah-buahan dan sayuran,
Hati, tiram, unggas, kerang, ikan, susu dan daging.
Vitamin E alami dapat ditemukan pada wheat germ (gandum), minyak sayur, sayuran berdaun hijau, kuning telur dan kacang-kacangan.
Sedangkan vitamin C alami dapat ditemukan pada buah sitrus, tomat, melon, kubis, jambu biji, strawberry, dsb.
Selain itu beta karoten (pro-vitamin A) yang merupakan antioksidan penting dari karotenoid banyak dijumpai pada buah apricot, wortel, belewah, bit, daun singkong, daun bayam dan ubi merah.
Sumber antioksidan terbaik, tentunya yang berasal dari makanan alami. Namun, jika memperoleh antioksidan dari sumber makanan alami sangat terbatas, untuk proses pencegahan tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi suplemen/makanan tambahan.
Dalam kondisi hidup diperkotaan yang sangat sibuk seringkali kita mengabaikan hal-hal yang telah disebut ,lupa akan sayuran ,lupa akan serat dan sulit sekali mendapatkan antioksidan alami....dengan kondisi demikian tanpa disadar proses aging terus berjalan dan pada saatnya tanpa kita sadari Anda telah jatuh sakit............

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...