GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Misteri Negara yang Hilang di Dunia

Written By Situs Baginda Ery (New) on Senin, 04 April 2011 | 21.16

Sebelum mengintip negara-negara mana saja yang hilang, coba kalian lihat dulu apa sih sebenarnya negara itu ?
Aristoteles, negara adalah perpaduan beberapa keluarga yang mencakup bbrapa desa, hingga akhirnya dpt berdiri sendiri sepenuhnya dengan tujuan kebahagiaan dan kehormatan bersama .Dalam sebuah negara,pemerintahan mengatur politik,militer,ekonomi,sosial maupun budaya negara tersebut. Engga main-main,kan arti sebuah negara itu? Kenapa sampai bisa hilang,ya ?

tibet
Pernah dengar nama Tenzin Gyatso ? hmmm,mungkin banyak diantara kita yang lebih familiar dengan nama Dalai Lama daripada nama asli sang peraih Nobel Perdamaian tahun 1989 ini ya.Nah,Dalai Lama inilah gelar untuk Raja Tibet yang selain sebagai pemimpin negara sekaligus juga sebagai pemimpin agama.Tapi itu dulu di masa lalu.Dulu sebelum serbuan tentara merah Cina tahun 1950 ,Tibet yang berada di Pegunungan Himalaya ini memang merupakan sebuah kerajaan merdeka. Tetapi ,pada musin gugur tahun 1951 pasukan Cina berhasil menguasai ibu kota Lhasa dan mendongkel Dalai Lama dari kekuasaanya. kabarnya, sebelum dikuasai oleh Cina, negara yang disebut sebagai ‘Roof of The World’ (tingginya 4.900 meter di atas permukaan laut!) merupakan daerah yang dianggap menyimpan misteri bagi para petualang . Engga semua petualang bisa masuk ke wilayah tertutup, lho .
Bergejolaknya Tibet, memaksa sang Dalai Lama ke-14 keluar dari negaranya . Akhirnya, pada tanggal 17 Maret 1959, sang Dalai Lama berhasil meloloskan diri dari penangkapan tentara Cina dan mendirikan semacam pemerintahan pelarian (Government in Exile) di Dharamsala, India utara sampai sekarang . Sejak itulah, Tibet yang didirikan sejak abad ke-7 ini berubah dari ‘kerajaan merdeka’ menjadi sebuah provinsi bagian dari negara Cina .

sikkim
Walaupun sebagian dari kita engga pernah mendengar namanya , tapi Sikkim pernah eksis saat abad ke-17 hingga berakhirnya kekuasaan pada tahun 1975. Kerajaan merdeka yang masih bertetangga dengan Tibet, Nepal dan Bhutan ini dianggap sebagai wilayah India yang paling sedikit penduduknya .
Wilayah yang luasnya hanya 7.110 km ini dianggap suci dan dikenal dengan sebutan Indrakil atau Taman Dewa Indra, raja para dewa di nirwana dalam dalam kepercayaan agama Hindu. Bahkan , menurut catatan sejarah tertua , Guru Rinpoche (master suci Budha) pernah mengadakan perjalanan melalui Sikkim pada abad ke-8. Konon , sang Guru memberkati tanah Sikkim , memperkenalkan ajaran Buddha dan meramalkan era kerajaan yang makmur di Sikkim (yang kemudian menjadi kenyataan beberapa abad kemudian).
Tahun 1642 , terbentuklah kerajaan Sikkim yang diperintah oleh Phuntsok Namygal sebagai Chogyal (raja) pertama Sikkim. Berbagai peristiwa mewarnai sejarah Sikkim yang panjang. Dimulai dari serbuan Bhutan ke Sikkim pada tahun 1700 berkat ‘bantuan’ half-sister sang Chogyal yang sakit hati karena engga diberi bagian kekuasaan. Serangan terhadap Sikkim berlanjut dengan Gurkha War pada tahun 1814 antara tentara Inggris dan Nepal yang saat itu menduduki Sikkim. Sampai pada akhirnya Parelemen India memutuskan Sikkim menjadi negara bagian India ke-22 pada 16 Mei 1975 .

champa
Coba ingat-ingat pelajaran sejarah jaman SD dulu. Penah dengar kisah tentang seorang Putri Champa yang menikah dengan Raja Majapahit ? Walaupun terdengar seperti sebuah dongeng, tapi ternyata kerajaan Champa itu benar-benar ada lho. Kerajaan dengan nama asli Cham Pa atau Chiam Tnanh ini dulunya menguasai vietnam bagian selatan dan tengah, pada abad ke-7 sampai tahun 1832 .
Menurut sejarah, ada sebuah kerajaan lain bernama Lin Yi atau Lam Ap yang muncul pada tahun 192 Masehi , jauh sebelum kerajaan Champa sendiri terbentuk. Menurut legenda , Lady Po Nagar merupakan pendiri bangsa Cham. Konon, dia lahir dalam keluarga petani di Pegunungan Dai An, provisi Khanh Hoa. pada awal abad ke-1, seorang pria dari tanah Jawa bernama Houen Houel yang membawa patung Dewa Vishnu berhasil mendarat di daerah Champa. nah, di sana dia menikahi Lady Po Nagar yang kemudian bersama-sama mendirikan kerajaan Lin Yi, yang kemudian dikenal dengan nama Champa .

Champa mencapai kejayaannya pada abad ke-9 dan ke-10. Namu, setelah masa itu, muncullah tekanan dari dinasti Dai Viet. Puncaknya pada tahun 1471, tentara Vietnam berhasil menerobos Vijaya, ibu kota kerajaan . Akhirnya pada tahun 1832, Kaisar Vietnam Minh Mang mengamblil alih seluruh wilayah Champa .
Sstt, Champa memiliki hubungan yang dekat dengan negara kita, lho . Salah seorang Putri Darawati yang beragama Islam menika dengan Kertawijaya , Raja Majapahit ke-7 pada tahun 1447 . Makam putri ini pun bisa ditemukan di Troeulan , Jawa Timur yang dulunya dikenal sebagai pusat ibu kota kerajaan Majapahit. Selain itu, Champa juga memiliki hubungan dagang yang kuat dengan kerajaan Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan .
ussr
Sering melihat nama ini saat kita menonton film yang bercerita tentang Perang Dunia II? Yup , ussr adalah kependekan dari Union of Soviet Socialist Repiblics atau nickname-nya sering disebut Uni Soviet atau Soviet Union . Negara komunis dengan Mikhail Gorbachev sebagai Presiden yang memerintah dari thn 1985-1991 ini adalah negara terluas di dunia, lho . Total areanya mencapai 22,402,200 km2, itu artinya lebih dari 10 kali lipat luas Indonesia !
Awalnya, USSR ini merupakan pengganti pemerintahan yang dulunya dipimpin oleh Kekaisaran Rusia. Tsar Nicholas II memerintah sampai bulan MAret 1917 , yg kemudian digulingkan oleh pemerintahan Vladimir Lenin dlm peristiwa yang dikenal dengan sebuta ‘Russian Revolution’ .
Sejarah panjang menjadikan negara beruang merah ini sebagai negara adi daya kedua setelah Amerika Serikat. Persaingan dua negara dalam bidang ekonomi, perdagangan luar negeri, militer, ilmu sains dan ilmu antariksa bahkan sampai bidang olahraga itulah yang sering kita dengar dengan julukan ‘Cold War’ atau Perang Dingin. Perseteruan ini berlangsung dari tahun 1945 sampai 1991 .
Jadi ke manakah USSR sekarang? Negara ini engga ke mana-mana kok,tapi berubah nama menjadi Russian Federation setelah USSR dibubarkan pada bulan Desember 1991, dan mengangkat Boris Yeltsin sebagai Presiden Rusia Pertama .

hawaii
Mungkin engga banyak yang tahu bahwa negara bagian Amerika Serikat ini dulunya pernah menjadi negara merdeka, lho .
Sejarahnya panjang juga. Negara kepulauan ini dulunya merupakan sebuah kerajaan (The Kingdom of Hawaii) yg pernah eksis dari tahun 1795 sampai 1894, dan sempat diperintah oleh dua dinasti keluarga ngetop : Kamehameha dan Kalakua. Setelah pembubaran kerajaan Hawaii ini, dibentuklah negara merdeka berbentuk Republik dengan nama resmi The Republic of Hawaii . Sayangnya negara ini hanya berkuasa selama 4 tahun saja , yaitu dari tahun 1894 sampai 1898. Negara merdeka ini akhirnya bergabung dalam pemerintahan Amerika dan nama pun berubah lagi menjadi Territory of Hawaii .
Bagaimana nasib negara beribukota Honolulu ini sekarang ? Jangan bingung karena sejak terdaftar sebagai negara bagian USA ke-50 pada tanggal 21 Agustus 1959, negara seluas total 28,311 km2 ini lebih dikenal dengan nama State of Hawaii .

Republik Federal Sosialis Yugoslavia,
sebelumnya bernama Federal Demokratik Yugoslavia (1943-1946) dan Republik Rakyat Federal Yugoslavia (1946-1992), eksis dari tahun 1943-1992. Negara ini adalah kelanjutan dari Kerajaan Yugoslavia (1918-1943). Negara ini merupakan negara federal dengan negara-negara bagian yakni Serbia, Montenegro, Slovenia, Kroasia, Bosnia-Herzegovina, Makedonia serta dua daerah otonomi khusus Kosovo dan Vojvodina. Negara ini beribukota di Beograd.
Republik Federal Sosialis Yugoslavia pecah pada awal 1990an. Slovenia dan Kroasia memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 25 Juni 1991. Makedonia memerdekakan diri pada tanggal 8 September 1991. Pada bulan Maret 1992, Penduduk Muslim dan Kroasia di Bosnia-Herzegovina memilih untuk merdeka dan mendeklarasikan negara Bosnia-Herzegovina. Dua negara bagian yang tersisa, Serbia dan Montenegro, membentuk Republik Federal Yugoslavia (RFY) pada tanggal 28 April 1992.

Uni Negara Serbia dan Montenegro, adalah uni dari negara Serbia dan Montenegro yang eksis antara 2003-2006. Kedua negara, yang merupakan bekas negara bagian Republik Federal Sosialis Yugoslavia, awalnya membentuk Republik Federal Yugoslavia (RFY) pada 1992. Pada 2003, RFY dibentuk ulang sebagai Uni Negara Serbia dan Montenegro.
Pada tanggal 21 Mei 2006, Montenegro menyelenggarakan suatu referendum untuk mencapai kemerdekaan penuh. Pada 31 Mei, hasil akhir resmi menunjukkan bahwa 55,5% pemberi suara memilih untuk merdeka. Uni negara ini secara efektif berakhir setelah deklarasi kemerdekaan resmi Montenegro pada tanggal 3 Juni 2006 dan deklarasi kemerdekaan resmi Serbia pada tanggal 5 Juni. Banyak pihak melihat hal ini sebagai simbol dari akhir perjalanan sisa-sisa bekas negara Yugoslavia.
Serbia dan Montenegro bekerja sama hanya dalam sejumlah bidang politik (mis. dalam pertahanan). Kedua negara ini mempunyai kebijakan ekonomi dan mata uang yang terpisah. Mereka tidak lagi mempunyai satu ibukota yang sama, dan lembaga-lembaga bersamanya dibagi dua antara Beograd di Serbia dan Podgorica di Montenegro.

Sumber: Unik.Us

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...