GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Benarkah Korupsi Penyebab Terorisme?

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 03 April 2011 | 19.55

Mengapa terorisme subur? Ternyata, pangkal penyebab utamanya karena korupsi merajalela merampok harta negara yang pada akhirnya membuat rakyat miskin. Jadi, korupsi adalah pangkal kejahatan, termasuk terorisme. Korupsi yang menyebabkan kemiskinan membuat orang miskin mau direkrut untuk menjadi pengebom bunuh diri.

"Sudah ada 9 orang lokal, sejak Bom Bali. Itu (pengebom lapangan) orang susah semua. Nggak ada yang konglomerat. Miskin semua, karena orang miskin mudah dipermainkan," ujar pemerhati terorisme yang juga penulis buku 'Terorisme' Kolonel TNI AU Adjie Suradji dalam bedah buku 'Terorisme' di Gedung Setwapres,
Kompleks Istana Wapres, Jakarta Pusat, Selasa (13/10).

Menurut Adji, di mana ada kemiskinan dan pengangguran, maka di situlah tumbuh kejahatan seperti narkoba dan terorisme. Dan penyebab lahirnya kemiskinan dan pengangguran itu adalah akibat nyata dari korupsi yang sistemik.

"Korupsi itu akar dari segala bentuk kejahatan (the roots of evil) dan kejahatan luar biasa (extra ordinary crime). Dampak kehancuran korupsi jauh lebih besar dibanding aksi teroris, karena menghancurkan seluruh sendi kehidupan. Kerugian yang diakibatrkan tak hanya materiil tapi juga nilai immateriil yang tak terukur," jelas pria berkumis yang masih aktif sebagai Staf Operasi di Mabes TNI AU ini.

Memburu koruptor, imbuh Adjie, jauh lebih sulit daripada memburu teroris.
"Simpel saja. Memburu teroris itu sudah cukup pakai Densus 88. Kalau koruptor angel (susah). Kalau kabur ke luar negeri ya selesai," tukasnya.

Selain itu, pemerintahan dan sistem birokrasi yang buruk menyebabkan perilaku korupsi yang bisa menjadi habitat penyebaran terorisme. Pemerintahan birokrasi di Indonesia itu masih bersifat patrilineal (kebapakan), di mana raja-rajanya adalah para pejabat.

"Paradigmanya itu kekuasaan sebagai sumber rezeki. Selama belum bisa dihilangkan (paradigma) pemerintah yang seperti ini, rakyat Indonesia tetap begini-begini saja. Birokrasi adalah kerajaan yang rajanya para pejabat, reformasi birokrasi masih berjalan di tempat," tukas dia.

Adjie juga menyoroti keanehan tiap tahun anggaran negara bertambah, tapi kemiskinan tidak berkurang, malah cenderung bertambah. "Saya tidak mengatakan Indonesia buruk. Tapi dari sini kita sudah bisa melihat, di mana ada persemaian kelompok teroris yang cepat, di situ ada sistem yang tidak benar, ya hasilnya kemiskinan itu," jelasnya.

Untuk memberantas perilaku korupsi itu, perlu keberanian dan komitmen moral. "Membutuhkan pemerintahan yang bersih dan political will. Jadikan terorisme dan korupsi sebagai musuh bersama," seru Adjie. Sebaiknya, Densus 88 juga semnagaat untuk menembak mati para koruptor? Tapi, tergantung Presiden untuk memberantas tuntas korupsi di bumi Indonesia ini.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...