GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

CARA AMAN TRANSAKSI DI DUNIA INTERNET= Apa itu Rekber atau Rekening Bersama?

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 07 September 2013 | 11.07

by: http://blog.crowguard.com/
Bagi yang sudah sering melalukan transaksi online maupun jual beli online, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Rekening Bersama, atau yang biasa disingkat menjadi Rekber.
Biasanya hal ini banyak ditemukan pada jual beli yang nominalnya tinggi (mahal). Seperti jual beli handphone, laptop, dan elektronik lainnya.
Kok bisa? Kenapa begitu?
Nah, kita bahas dulu pengertian dari rekber itu sendiri.
http://www.indonesiarayanews.com/sites/default/files/styles/caption/public/072012/cyber-crime-edited.jpg
Rekber adalah suatu instansi yang berperan sebagai perantara dalam terjadinya transaksi online. Sebenarnya rekber itu cuma istilah saja. Diluar negeri istilah ini dikenal dengan nama ESCROW SERVICE. Jadi kalau dagang online keluar negeri, pakenya istilah ini. Di Indonesia, istilahnya adalah REKBER.
Dalam hal ini, rekber berperan sebagai pihak ketiga dalam arah pergerakan uang antara pembeli dan penjual. Berarti, arah pergerakan uang yang semula dari pembeli langsung ke penjual kini diperantarai oleh rekber, agar penjual tidak langsung menerima uang dari pembeli. Setelah produk diterima dan disetujui oleh si pembeli, maka rekber yang akan mengirimkan uangnya ke penjual.

Masih bingung? Nih coba langsung lihat gambarannya aja biar jelas:
Cara Kerja Rekber

Nah, coba kita langsung ke contoh aja ya, biar makin ngerti :D    CONTOH:
1. Ariel bb onyx nya rusak, jadinya dia mau jual aja deh bb nya daripada repot-repot betulin. Jadi dia buka lapak aja deh di kaskus. Ditulis keterangannya BB ONYX Second, LCD rusak, sisanya masih oke 99%, batere mulus, 2 juta nego, dll dll.
2. Besoknya Noah nego 1,5 juta dan deal deh itu. Noah mau ambil aman nih, dia pake jasa rekber crowguard.com. Ariel setuju-setuju dan sepakat deh mereka.
3. Noah transfer 1,5 juta ke rekening bri rekber crowguard.com, lalu rekber crowguard.com kasih informasi ke Ariel bahwa Noah udah transfer sesuai dengan kesepakatan.
4. Nah begitu dapet informasi, Ariel langsung deh kirim bb nya pake jne ke alamat Noah.
5. Besoknya, barang udah sampe ke Noah. Noah cek keadaan bb nya sesuai dengan yang Ariel janjikan (BB ONYX Second, LCD rusak, sisanya masih oke 99%, batere mulus) dan OK sama persis. Ga pake tipu-tipu tuh si Ariel, barangnya sesuai dengan janji.
6. Noah konfirmasi ke rekber crowguard.com bahwa barang sudah sesuai dengan kesepakatan.
7. Rekber crowguard.com transfer uangnya ke rekening mandiri Ariel. Transaksi sukses. Semua senang :)

Nahhhh udah ngerti kan nih pastinya?
Pertanyaan: “Kok kayaknya sama aja ya, kayak transaksi biasa tanpa rekber? mending ga usah pake rekber dong kalo gitu?”
Itu kan di kasus penjual jujur, pembeli jujur, semua senang. Gimana kalau ada yang ga jujur? Apa yang pihak rekber dapat lakukan supaya sang penipu tidak dapat beraksi dengan sukses?

Pentingnya Rekber! Kenapa Wajib Pakai Rekber?

Oke, yuk kita lanjutin dari post sebelumnya.
Kenapa sih penting banget yang namanya rekber itu buat transaksi kita? Bahkan jaman sekarang, sudah wajib kalau transaksi online itu menggunakan rekber.
Kita ambil contoh dari post sebelumnya ya.
Di kasus ini, Ariel (penjual) nggak jujur nih, sebenarnya bb nya sudah rusak matot dan batere juga sudah gelembung. Tapi biar bisa lakunya lebih mahal, dia tipu-tipu saja deh.

Untung dalam kasus ini, Noah (pembeli) sudah sadar pentingnya Rekber, dan menggunakan Rekber. Jadinya seperti ini:
1. Ariel bb onyx nya rusak, lcd rusak, matot, batere gelembung. Tapi ditulis keterangan di lapaknya cuma “BB ONYX Second, LCD rusak, sisanya masih oke 99%, batere mulus, 2 juta nego”.
2. Besoknya Noah nego 1,5 juta dan deal deh itu. Noah mau ambil aman nih, dia pake jasa rekber crowguard.com.
3. Noah transfer 1,5 juta ke rekening bri rekber crowguard.com, lalu rekber crowguard.com kasih informasi ke Ariel bahwa Noah udah transfer sesuai dengan kesepakatan.
4. Nah begitu dapet informasi, Ariel kirim bb nya ke alamat Noah.
5. Besoknya, barang sampe ke Noah. Noah cek keadaan bb nya. Dan ternyata, tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Noah langsung aja tuh proses “Sengketa”, seperti yang di Syarat dan Ketentuan rekber crowguard.com nomor 16
6. Rekber crowguard kembalikan uang 1,5 juta ke rekening Noah. Wah untung saja ya pakai rekber, kalau nggak sudah kena tipu deh Noah :D

Pertanyaan: “Kalau gitu, transaksi sama Trusted Seller atau kenalan aja kali ya? Gak mungkin lah mereka nipu”
Recommended Seller?
Banyak kasus ID Trusted Seller kena HACK! Jadinya Trusted Seller pun jadi bisa “nipu”, padahal bukan mereka yang nipu, tapi si hacker itu :(
Jadi, kalau mau beli barang dan penjualnya nggak mau pakai rekber, JANGAN BELI! Cari aja seller lain.
Ibarat nyetir mobil, harus selalu pakai sabuk pengaman. Kita nggak pernah tahu kapan kita apes :)
Nahh, sekarang udah jelas kan, kenapa rekber itu penting banget buat transaksi online kita?
Mau contoh asli penipuan online?
Langsung aja coba buka disini dan disini. Banyak banget kasus-kasus penipuan transaksi online disana.
Masih belum cukup? coba aja googling, pasti banyak banget deh kasus-kasusnya. Dan korbannya tidak hanya kehilangan jutaan rupiah, namun sampai puluhan juta rupiah lho! Jangan main-main! Pakai rekber itu penting!

Pertanyaan: “Kok kayaknya cuma pembeli aja ya, yang jadi korban penipuan melulu?”
Jangan salah, penjual bisa jadi korban juga lho. Reputasi yang sudah dibangun bertahun-tahun bisa hancur begitu saja karena ulah penipu. Penipu jaman sekarang memang pintarnya bukan main. Makanya, ambil aman untuk tiap transaksi itu mutlak harus.


Penjual Jujur Pun Bisa Kena Tuduh Nipu? KOK BISA??

Haloo maaf ya updateannya agak sedikit telat.
Yuk langsung aja kita bahas lanjutan dari post sebelumnya.
Sekarang penipu makin canggih lho! Kita harus semakin ekstra berhati-hati. Serius deh. Bahkan, Penjual Jujur-Trusted Seller-Recsel-dan sebagainya yang bener-bener tulus jualan dari hati, bisa kena tuduh jadi penipu dan bisa ketangkep polisi loh!!!
Wuihhh…pasti bingung deh, kok bisa ya??
Rekber CROWGUARD.com beri nama modusnya: “LEMPAR BATU, SEMBUNYI BB”
Ini modus termasuk top modus penipuan online paling canggih nih. Penasaran gimana? Yuk langsung aja scroll terus kebawah

Jadi, inti utama modus ini adalah membeli barang, namun dengan transferan bukan dari rekening sendiri. Melainkan, dari rekening pembeli kita. Nah, disini berarti si penipu harus pura-pura jualan barang juga, supaya ada pembeli yang transfer uang untuk membeli “barang” si penipu.
Selain itu, harga barang yang mau penipu ambil, juga harus sama dengan harga barang si penipu mau pura-pura “jual”.
Bingung ya? Yaudah, kita coba gambarin ya perkiraannya gimana. Jangan dimarahin nih kalau jelek drawingnya :p
 rekber crowguard
Si penipu pura-puranya jualan Samsung nih, harga nya disamain 1juta, sama kayak harga barang yg mau dia “tilep”. Nah pas ada orang yg mau beli Samsung pura-puranya dia, sang penipu suruh pembelinya buat transfer ke rekening penjual malang yg mau dia tilep.
rekber crowguardSelanjutnya, si penjual malang yg sudah dapat uang 1juta, tanpa curiga langsung aja kirim BB jualannya ke si penipu.
crowguard3
Si pembeli samsung ya jelas kagak nerima-nerima barang dari penipu. Ya udah, sukseslah si penipu. Dapet BB, nomor HP tinggal buang. Yang kena getahnya? Ya si penjual BB malang. Toh transferan ke nomor rekening dia.
Lempar Batu Sembunyi BB nih!!
Busettt sadis kan teknik nipunya?
Makanya, kita harus semakin berhati-hati dalam bertransaksi online. Ini sebenarnya kasus lama lho. Penipu makin hari, makin pinter! Lihainya bukan main
Anda trusted seller? Nah loh, bisa kena getahnya juga kan. Sekarang gak cuma pembeli yang bisa kena tipu, tapi penjualnya juga.
Jadi, pengamanan transaksi tambahan dengan pake Rekber itu mutlak HARUS!!! Jangan nunggu sampe kena tipu dulu, udah terlambat lho!
Pengamanan juga harus pilih-pilih. Jangan asal. Cari yang pasti-pasti aja untuk uang sendiri. Pengamanan yg nanggung-nanggung ya sama aja bohong.

Pengamanan Transaksi Online Pun Harus Pilih-Pilih!

Haii semuanya, setelah kita bahas mengenai contoh penipuan transaksi online di post kemarin, sekarang kita lanjutin ya mengenai cara pilih-pilih rekber.
Transaksi online memang penuh dengan penipuan, namun kita bisa menghindari penipuan tersebut dengan menggunakan jasa pengamanan transaksi online.
Jangan asal pilih pengamanan nya loh, harus yang benar-benar aman. Misalnya anda beli brankas untuk amankan uang anda, jelas pilih brankas baja yang kuat anti panas dan sebagainya dong, daripada cuma brankas besi biasa.

Nah, kalau begitu, apa sih kriteria Rekber/ Pengaman Transaksi Online yang baik itu?
1. Sudah berstatus korporasi/ perusahaan !
Soal validnya rekber, mungkin coba samain rekber dengan usaha lainnya. Nggak ada yang tahu seberapa validnya usaha tersebut sampai dia berstatus korporasi. Ini yg perlu di noted.
Itulah kenapa orang jualan di glodok pun kalau udah terlalu gede, mau nggak mau akan buat korporasi (baik CV, Firma, maupun PT) karena status korporasi tersebut yang indirectly menentukan kevalidan usaha tersebut dengan terdaftarnya di Pengadilan Negeri, Akta Notaris, dan Direktorat Jenderal Pajak.
rekber

Testimonial dan popularitas juga menentukan, namun akan lebih baik lagi bila diperkuat dengan status legal dari negara yang bersangkutan :)

2. Berbasis Website !
Jaman sekarang masa masih menggunakan sistem SMS? Perlu diketahui menggunakan rekber yang sistem SMS adalah SANGAT TERAMAT BERBAHAYA.
Kenapa begitu? Apalagi sekarang ada penipuan melalui SMS Masking yang makin canggih. Jadi kalau pake SMS Masking, kalian bisa SMS dari 08123456, walaupun kalian nggak punya nomor 08123456 ! Googling aja untuk lebih jelasnya.
rekber
Jadi rekber yang masih menggunakan sistem SMS bisa dikadalin penipu dengan pake beginian. Memang ada beberapa rekber menggunakan sistem PIN. Tapi, PIN dibuat berdasarkan apa? Tidak jelas. Itu saja tidak cukup. Banyak kok contoh rekber yang kena tipu penipu karena SMS Masking. Rekber kena tipu? Apa kata dunia?
Nah, dengan menggunakan basis website seperti kami :) , penipu nggak akan bisa kadalin rekber pake SMS Masking lagi. Apalagi dengan menggunakan keamanan SSL Certificate (jadi https://), keamanan kalian dalam bertransaksi akan semakin tinggi lagi. Toh website sekelas Nissan dan Microsoft aja pake keamanan sama seperti kami loh :)

3. Menjaga Privasi !
Rekber yang baik adalah yang menjaga privasi penggunanya. Masa nomor pengguna di humbar-humbar di forum terbuka? Nanti di SMS-in Mama Minta Pulsa lagi sama penipu :)
Nih contoh humbar-humbar nomor pengguna tersebut: (di blur untuk privasi)
rekber
Apakah itu bijak bagi sebuah institusi yang bertugas mengamankan, menghumbar nomor pribadi pengguna nya yang malah mengancam keamanan penggunanya tersebut?
Kalau cuma di SMSin Mama Minta Pulsa sih tidak terlalu fatal. Bagaimana soal telepon hipnotis, lacak telepon, yang bisa berujung ke kriminalitas hingga mengancam nyawa?

Nah udah jelas kan, kenapa kalau mau pakai rekber pun harus pilih-pilih. Jangan sampai jadi pedang bermata dua, mau amankan malah mengancam keamanan!

Selain berfungsi mengamankan, ternyata rekber CROWGUARD juga menyediakan jasa bermanfaat lainnya, yaitu jasa Lintas Rekening Sendiri! Jadi sekarang, bagi yang punya banyak rekening, nggak perlu beranjak lagi ke bank untuk memindahkan dana nya dari satu bank ke bank yang lainnya. Cukup terkoneksi ke internet dan akses sistem CROWGUARD, user bisa memindahkan dana nya dari rekening BCA ke BNI nya dengan mudah.

Fitur CROWGUARD: Lintas Rekening Sendiri

Berlanjut dari post sebelumnya, sekarang kita bahas salah satu fitur CROWGUARD selain berfungsi mengamankan ya. Apa itu fiturnya? Yap betul, fitur Lintas Rekening Sendiri :D

Buat kalian yang punya banyak rekening dan sering transaksi menggunakan rekening tersebut, bisa pakai sistem rekber CROWGUARD nih supaya nggak perlu capek-capek ke bank untuk memindahkan uang kalian dari rekening satu ke rekening lainnya!
Biasanya yang punya bisnis, forex, valas atau main changer-changeran sering nih lintas-lintas in uangnya dari rekening nya yang satu ke yang lainnya.
Kalau pakai Kliring bisa sampai berhari-hari. RTGS? Mahalnya bukan main. Kalau cuma satu pengiriman gak kerasa lah, tapi kalau lintas rekening nya terus-terusan? Waduuhh..
Temen saya yang main valas sehari bisa abis Rp 300ribuan cuma untuk pindah-pindahin duitnya dari rekening dia yang satu ke rekening yang lainnya pakai RTGS. Setelah pakai CROWGUARD, sehari maksimal cuma abis Rp50ribuan. Lebih cepat dan praktis pula, tinggal click-click-click, kelar ;)

Nah, jadi kalian bisa menggunakan sistem CROWGUARD untuk melintaskan dana kalian dari rekening satu ke rekening yang lainnya.
Kurang lebih seperti ini flow chartnya:
rekber
Jadi apabila user ingin pindahkan dana nya dari rekening BCA ke rekening Mandiri nya, cukup one click aja pake sistem CROWGUARD. Nggak perlu pusing tarik-setor lagi tuh ;)

Sekarang kita bahas cara pakainya ya. Cara pakainya sebenarnya sama saja seperti “Make new transaction” biasa pada rekber CROWGUARD, bedanya hanya pada ID buyer dan sellernya. Seperti ini:
rekber
Kalau dari picture diatas, berarti Usernya ingin lintas bank dari rekening BCA ke rekening Mandirinya tuh. Masukin form transaksi barunya jangan sampai salah ya ;)
Lalu selanjutnya, di detail transaksinya masukkan saja seperti ini:
rekber
Jadi dari picture diatas, user ingin memindahkan uangnya dari rekening BCA ke rekening Mandirinya sebesar Rp 1,000,000 tuh. Mudah kan, nggak perlu terlalu detail isinya. Yang penting jelas aja ;)

Selain itu, buat yang mau jual barang online cuma punya BRI, bisa tuh pake sistem CROWGUARD biar bisa transaksi sama pembeli yang punya BCA atau BNI aja. Begitu juga buat yang mau belanja online cuma punya Mandiri, bisa tuh pake sistem CROWGUARD biar bisa beli barang murahnya si seller yang cuma punya BCA. Daripada capek-capek ke bank ngantri terus setor ya kan ;)

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...