GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

MEMBUAT TOKO ONLINE GRATIS= Bikin Toko Online Modal Dengkul

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 04 September 2013 | 12.14

by: http://www.tabloidpcplus.com/2013/03/tutorial/tutorial-desktop-bikin-toko-online-modal-dengkul/
Sekarang banyak lho orang bisnis aneka ragam barang di internet. Dari mulai yang umum sampai yang unik,

bisa dijadikan uang. Tapi tidak semua orang mengerti caranya bikin toko online yang mudah dan cepat, bahkan kamu tidak perlu harus tahu bagaimana menyewa server atau melakukan programming web untuk memulai ini. Jangan Pakai Cara Biasa
t1-429-ilustrasi
Kalau akun Facebook kamu tiba-tiba di-tag ke gambar dagangan teman Facebook kira-kira apa reaksimu? Ya, sekarang banyak yang memilih cara instan seperti itu untuk “menjajakan” dagangannya. Sebenarnya sih sah-sah saja, tapi perlu disadari juga kalau tidak semua orang suka dengan model berdagang seperti ini. Alasannya, kita secara sengaja “memaksa” mereka untuk mengintip dagangan tanpa ijin.
Cara lain berdagang online adalah dengan memanfaatkan marketplace yang tersedia di internet dan tidak sedikit juga yang menyediakan layanan gratis. Keunggulan marketplace ada pada ekosistemnya yang sudah ramai dengan calon pembeli. Tapi kamu harus siap dengan banyaknya pesain yang mungkin berjualan produk yang sama dengan kamu. Kalau tidak menonjol, agak sulit menjual barang di sana, kecuali kamu memanfaatkan fasilitas berbayar yang ada supaya lebih mudah dilihat calon pembeli.

Memanfaatkan Layanan Toko Online
t1-429-shop-icon-01
Di internet sebenarnya banyak tersedia layanan toko online yang bisa dipakai untuk memajang barang-barang dagangan ekaligus mendapatkan pembeli. Ada yang terintegrasi secara langsung di dalam Facebook dalam rupa aplikasi, ada pula yang siap dengan mesin (engine) terpisah. Buat yang terakhir di sebut ini kamu lebih leluasa dalam hal mengatur desain toko, model pembayaran dan pengiriman serta manajemen laporan, plus kekuatan audiensi yang dimiliki Facebook tetap bisa dimanfaatkan.
Di artikel ini, kita akan fokus membahas engine yang disediakan oleh Onigi.com. Selain Onigi beberapa layanan tenar yang juga menyediakan layanan serupa adalah Boosket, Shop Tab, Zibaba, Fluid, dan lain-lain. Onigi sendiri adalah situs penyedia layanan toko online yang basis utamanya ada di media sosial dan social commerce. Sesuai namanya, ia terintegrasi penuh dengan media sosial seperti Facebook dan Twitter dan dibangun oleh pengembang lokal (Indonesia).
Mengapa Onigi dipilih? Salah satunya karena setup awal toko online di layanan ini relatif mudah. Alasan lainnya adalah Onigi menyediakan 2 pilihan paket yang menurut kami cukup menarik, yakni paket Shopping Edition dan Linked Edition.
Shopping edition adalah paket yang menyediakan penuh ruang dagangan berikut asesorisnya, seperti manajemen produk, manajemen pemesanan, pembayaran, pengiriman dan lain-lain. Menggunakan paket ini berarti kamu menggunakan penuh engine milik Onigi. Sementara Linked edition disediakan buat mereka yang sudah lebih dulu punya situs toko online dan ingin menambah audiens lewat media sosial. Paket Linked edition ini hanya menghubungkan etalase Onigi dengan situs tokomu, semua transaksi dan laporan akan dialihkan ke situs toko yang dihosting di tempati lain.

Biaya Layanan
Onigi.com menyediakan 3 jenis harga paket yang bisa dipilih oleh pengguna yang ingin membuka toko onlinenya, yaitu: Gratis, 50 ribu per bulan untuk Linked Edition Pro, dan 100 ribu untuk Shopping Edition. Versi gratis membebankan biaya transaksi yang lebih tinggi dibanding versi berbayar. Selain itu ada beberapa keterbatasan jika lain jika menggunakan versi gratis. Tabel di bawah ini menjelaskan perbedaan dari tiap-tiap paket dan harganya.
Dalam tabel tersebut dicantumkan adanya fitur-fitur premium. Fitur premium ini adalah fitur tambahan yang terkait dengan fasilitas di Facebook, seperti pembeli yang bisa mendapatkan diskon jika men-Like toko mu, fasilitas pre order, fasilitas Wishlist (memesang barang yang sedang out of stock), fasilitas Newsletter, dan lain-lain.

Yuk, Mulai Dagang
Oke, informasi mengenai fasilitas dan biaya untuk toko sudah tersedia, sekarang saatnya memilih dan membangun toko online. Di tutorial ini kami cuma menyampaikan cara membangun toko dari nol. Itu berarti kita akan menggunakan fasilitas Shopping Edition dari Onigi. Sebelum menggunakan fasilitas ini ada baiknya kamu menghitung sekaligus melakukan estimasi tentang seberapa banyak pembeli yang akan melakukan transaksi di toko kamu 6 bulan pertama. Ini untuk menentukan, paket berbayar atau gratis yang harus dipakai. Jika toko benar-benar baru, cobalah untuk meregistrasikan paket gratis terlebih dahulu.

Linked Edition
Fitur
Versi Gratis
Versi Pro!
(Rp. 50.000/bln)
Jumlah Barang Unlimited Unlimited
Jumlah Pesanan Unlimited Unlimited
Biaya per Transaksi 5% 2%
Multiple Store Ya Ya
Multiple Admin Tidak Ya
Semua Fitur Ya Ya
Fitur Premium Tidak Ya

Shopping Edition
Fitur
Versi Gratis
Versi Pro!
(Rp. 100.000/bln)
Jumlah Barang Unlimited Unlimited
Jumlah Pesanan Unlimited Unlimited
Biaya per Transaksi 5% 2%
Multiple Store Tidak Ya
Multiple Admin Tidak Ya
Semua Fitur Ya Ya
Fitur Premium Tidak Ya

A. Buat Dulu Halaman Facebook
Pertama kita siapkan dulu sebuah halaman (page) di Facebook. Berikut langkahnya:
t1-429-A1

1. Login ke akun Facebook mu, buka Home/Beranda (dalam Facebook bahasa Indonesia) dan perhatikan menu disebelah kiri. Temukan menu bertuliskan “Pages” atau “Halaman” dan klik “More”. Di layar Pages kamu akan melihat tombol “+ Create Pages”, klik tombol itu.
t1-429-A2

2. Kamu bakal dihadapkan oleh 6 pilihan page baru. Untuk membuat halaman toko online di Onigi pilih saja tipe halaman “Local Bussiness of Place” dengan icon toko bergaris merah. Klik gambarnya kemudian isi informasi toko kamu di tempat yang disediakan.

t1-429-A3
3. Informasi yang diminta pada bagian ini terdiri dari kategori bisnis, nama toko/bisnis, alamat, kota, kode pos dan telepon. Isi informasi ini seakurat mungkin, karena hal ini akan dilihat oleh pengunjung toko kamu nantinya. Di contoh ini PCplus memilih “Shopping/Retail”, lalu klik “Get Started”.
t1-429-A4
4. Terakhir kamu akan diminta memasukkan foto atau logo dari halaman bisnis. Upload foto atau gambar berukuran sekitar 200 x 200 piksel atau lebih besar. Kemudian klik “Next”. Facebook juga akan menanyakan informasi lengkap halaman bisnis kamu. Isi sesuai deskripsi yang kamu punya supaya mudah dicari. Pilih “Yes” untuk pertanyaan “Will this Page represent a real establishment, business or venue?”. Jangan lupa klik “Save Info”.
Sampai sini halaman untuk toko online kamu sudah siap. Berikutnya tinggal menghubungkan engine dari Onigi dan mendatangkan banyak orang ke toko kamu. Bagaimana menghubungkan engine Shopping Online Onigi? Berikut langkahnya:

B. Daftar Layanan Onigi 

t1-429-B1

1. Buka situs Onigi (http://www.onigi.com). Dari menu utama pilih “Buka Toko”, kamu akan disuguhi pilihan paket toko seperti yang sudah dibahas di atas. Karena kita akan membuka toko online dengan memanfaatkan engine Onigi, pilih saja tombol “Continue” di bawah paket “Shopping Edition”.
t1-429-B2

2. Berikutnya kamu akan ditanya tentang paket yang akan dipakai, apakah paket Free (gratis) atau paket berbayar. Di contoh ini PCplus tunjukkan cara setup untuk paket Free (gratis). Kalau mau, kamu bisa saja melakukan upgrade paket di kemudian hari. Klik “Daftar Sekarang” di bagian Free.
t1-429-B3
3. Pastikan jendela pop up untuk login ke Facebook muncul setelah kamu melewati langkah 2. Jika tidak coba tukar browser kamu atau aktifkan popup notification. Login ke akun Facebook tempat kamu membuat halaman toko online di langkah sebelumnya.
t1-429-B4
4. Jika berhasil login, kamu akan menemukan layar konfirmasi untuk menyambungkan aplikasi Onigi dengan Facebook seperti gambar berikut. Klik saja tombol “Login with Facebook” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. Jika aplikasi meminta ijin akses ke halaman dan profil, klik tombol “Allow”.
t1-429-B5

5. Selesai memberi ijin, kamu akan dibawa ke dashboard toko online Onigi.com. Tapi sebelum bisa memakainya, lengkapi dulu beberapa informasi untuk setup terakhir, seperti nama toko yang diinginkan, domain toko yang diinginkan, kontak penjual dan jenis paket. Kalau semua sudah sesuai, klik tombol “Finish/Selesai”.

t1-429-B6

6. Jangan lupa untuk memilih halaman toko online yang tadi dibuat. Pilih halaman yang sesuai atau lakukan refresh jika halaman Facebook tidak tampil di sana. Jika halaman tidak tampil, kemungkinan kamu memilih jenis page yang salah ketika setup halaman di awal tadi.
t1-429-B7
7. Onigi akan kembali meminta ijin kamu untuk bisa memasang aplikasi toko onlinenya di halaman Facebook. Untuk mengijinkannya silahkan klik “Add Toko Online Onigi.com”.
t1-429-B8
8. Jika gambar keranjang biru bertuliskan “Toko Online” sudah tampil di halaman Facebook, berarti proses integrasi toko Onigi ke Facebook sudah berhasil. Kalau icon atau link “Toko Online” tadi diklik, maka etalase toko kamu akan langsung terbuka. Tapi jangan kaget kalau di dalamnya ada barang yang tidak anda kenal, karena kita memang baru contoh.

C. Memasukkan barang dagangan
Selesai mensetup Onigi ke Facebook, sekarang saatnya menambahkan barang dagangan kamu ke toko baru. PCplus akan ditunjukkan bagaimana membuat kategori dan memasukkan produk ke kategori tersebut beserta variasinya.
1. Buka situs Onigi (www.onigi.com), lalu lakukan login. Untuk melakukan login ke Onigi, kamu harus menggunakan kredensial dari Facebook yang punya halaman toko online sekaligus sudah didaftarkan sesuai langkah di atas.
t1-429-C2

2. Sebagai awal kita akan menambah kategori barang. Masuk ke menu Produk > Kategori. Klik “Tambah Kategori baru” dan isikan nama kategori barang mu. Pilihan kategori utama hanya dipakai jika ingin membuat sub kategori. Klik “Simpan” setelah selesai menyunting.

t1-429-C3

3. Tambahkan juga variasi produk kamu jika ada. Dalam contoh ini variasi produk dibagi dalam ukuran S,M,L, dan XL. Kamu juga bisa memasukkan variasi berupa warna, jenis material dan sebagainya. Lakukan dari menu Produk > Variasi.

4. Sekarang saatnya menambahkan produk. Masuk ke menu Produk > Daftar Produk. Di daftar ini kamu akan melihat daftar produk yang pernah ditambahkan. Kamu bisa menyunting, menghapus, atau menambah produk lewat layar ini. Untuk menambah produk klik tombol “Tambah Produk” di atas.
t1-429-C5

5. Untuk menambah produk, kamu harus mengisikan informasi selengkap mungkin. Namun informasi wajib yang harus diisi untuk sebuah produk adalah Nama produk, Harga, Jumlah stok (jika ada), ID produk, kategori produk, keterangan produk, dan label produk.
6. Jangan lupa tambahkan juga foto pendukung dari produk. Ini akan berpengaruh pada etalase produk di Facebook nantinya. Untuk informasi pengiriman (berat dan ukuran produk) bisa ditambahkan kemudian setelah kamu menyimpan data ini. Jangan lupa mengklik tombol “Simpan semua perubahan”.

D. Menentukan Pembayaran & Pengiriman Barang
Jika barang sudah siap dipajang, jangan lupa untuk melakukan setting metode pembayaran dan sistem pengiriman barang untuk toko kamu. Berikut urutan pengaturan kedua fungsi ini.
t1-429-D11. Dari menu “Atur Toko “ buka opsi “Metode Pembayaran”. Untuk setup awal mungkin kamu tidak akan melihat metode pembayaran di daftar yang ada. Ada 4 metode yang bisa dipilih, yakni PayPal Pro, PayPal Standard, Money Bookers, Bank Transfer, Dibs Standard dan Custom Payment. Dalam contoh ini kita akan membuat pembayaran dengan Bank Transfer.
t1-429-D2

2. Pertama klik opsi “Aktivasi” lalu isi bagian instruksi dengan cara pembayaran pilihanmu. Dalam contoh ini bagian instruksi diisi dengan informasi nama dan nomor akun bank yang dipakai untuk menerima uang dari pembeli. Jika kamu akan mengenakan biaya tambahan tiap transaksi, isi juga di kolom yang tersedia. Terakhir klik “Simpan”.
3. Buat yang punya akun PayPal untuk menerima uang, bisa juga dipakai di engine Onigi ini. Tinggal pilih PayPal Standard dari pilihan metode yang ada, kemudian isikan email kamu yang terdaftar di Pay Pal. Jangan lupa memilih Aktifasi dan klik “Simpan”.
4. Untuk mengatur pengiriman, masuk ke menu Atur Toko > Metode Pengiriman. Di menu ini kamu akan menemukan daftar pengiriman menggunakan jasa perusahaan Jalur Network Ekakurir (JNE).
t1-429-D5

5. Di paling atas ada fasilitas pengiriman gratis (free shipping). Metode ini hanya bisa digunakan jika di tokomu ada layanan kirim gratis atau bayar di tempat (cash on delivery). Jika tidak ada pengiriman gratis, matikan pilihan free shipping dan centang pilihan paket pengiriman lain. Biaya akan otomatis dihitung sesuai lokasi kota pengirimian.

6. Sebenarnya Onigi juga menyediakan tabel biaya tambahan yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan. Sayangnya fitur ini cuma bisa dipakai di versi Pro (berbayar). Jadi pastikan saja kamu mengisi lama persiapan pengiriman barang dengan benar lalu klik “Simpan”.

E. Permak Desain Toko Online
Meskipun menggunakan engine Onigi, kamu tetap bisa mengubah template dan tampilan dari toko online yang sudah dibuat. Jika memiliki kemampuan programming HTML dan CSS, kustomisasi tingkat lanjut membuat lapak tampil beda. Tapi itu tidak wajib, beberapa langkah ini bisa kamu ikuti untuk mengubah tampilan toko online.
t1-429-E1

1. Untuk mengatur tema, masuklah dari menu Tema & Desain > Pengaturan Tema. Kamu akan dibawa ke menu utama perubahan tema dari toko online sekaligus tampilan pilihan dari tema-tema yang disediakan Onigi secara gratis.
2. Untuk melakukan perubahan tema saat ini, klik bagian Edit Style. Onigi akan menanyakan berapa gambar header yang akan kamu pakai untuk toko online. Dalam contoh ini kita pilih satu header. Jangan lupa untuk memilih gambar yang akan dipakai untuk header. Ukuran terbaik untuk gambar ini adalah 810 x 210 piksel dalam format JPG atau PNG.
t1-429-E33. Di menu tema ini Onigi menyediakan fasilitas untuk menambahkan akun chatting kamu. Akun ini berfungsi supaya calon pembeli bsia berinteraksi dengan pemilik toko sekaligus menjadi ajang dukungan tambahan terhadap keluhan yang mungkin muncul dari pembeli.
t1-429-E4-he4. Terakhir adalah setting untuk Search Engine Optimization (SEO) yang berguna supaya situs toko online bisa dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari macam Google, Yahoo, atau Bing. Setting ini bisa ditemukan di bagian bawah setting header. Isi saja dengan kata kunci yang paling menggambarkan/sesuai toko online kamu.

t1-429-E4

Sampai sini toko kamu siap menerima pesanan. Tinggal bagaimana “memplokamirkan” toko yang sudah siap ini ke masyarakat di Facebook atau seantero dunia maya. Untuk itu cobalah untuk mengundang teman-teman terdekat untuk me-Like halaman yang baru saja dibuat.
Selamat mencoba, jangan lupa kasih diskonnya ke PCplus.

Naskah: Brama Setyadi [brama@tabloidpcplus.com]

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...