GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Tips Mencari MANAJER BAND= Cara Tepat Mencari MANAJER BAND

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 06 September 2013 | 20.26

by: http://airputihku.wordpress.com/2010/09/17/cara-tepat-mencari-manajer-band/
BAGAIMANA rasanya punya band? Seru ya? Terus bagaimana rasanya punya personil yang sejiwa, sevisi dan “seiman” dalam musik? Pastinya, ada gairah untuk lebih serius dan menemukan dunia yang menyenangkan untuk dimasuki. Apalagi kemudian kalian sepakat untuk lebih professional dalam bermusik. Tapi hey, sudahkah kalian berpikir soal manajemen dan manajer? Banyak band bagus dan berkualitas, tapi tidak punya manajemen dan manajer yang mumpuni. Atau punya, tapi tidak punya kualitas yang diharapkan.
Padahal manajer band [selain PR, ini dua konteks yang berbeda] punya andil besar untuk membesarkan band. Manajer punya peluang untuk bergerak ke tingkap yang lebih tinggi, bersama band yang dipegangnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjZOlTzaYxYn2oEmm-zQYtG4bX_H_z93DekjPrXOQ1QKdpxs6WrS2Niy-lwcAflUMOHsUu4NA13pYpEhZ2X3qXJHTuBf4sjNbMur_gKGpM2GrgZIPo5n21DUX0rVGWvHUCQdf2XsKW6_UE/s200/Bingung+Mau+Post+Apa+Ya....png.jpgSeorang manajer, dapat berperan besar dalam perjalan karir dan keberhasilan band. Tapi kalian juga harus hati-hati dan pintar dalam memilih manajer. Jangan sampai terjadi, manajer akhirnya justru mengacaubalaukan imej band, atau yang lebih parah, membawa kabur dokumen, uang atau kontrak-kontrak band. Itu bukan manajer, itu penipu.
Sebaiknya, manajer memang orang yang sudah punya pengalaman dalam bidang musik. Band dan personilnya, seharusnya tidak usah pusing dengan tetek-bengek mencari jadual manggung, urusan kontrak, sponsor dan EO. Itu semua harus dihandel oleh manajer.
Selain naluri dan hubungan baik, secara profesioanl ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika band mencari atau ingin mengangkat manajer.
It Doesn’t Have to be Complicated!
Kalian tidak harus ribet sebenarnya. Apalagi jika misalnya band kalian indie. Persoalannya sekarang, indie atau tidak, manajer dituntuk punya wawasan, link yang kuat dan pengetahuan soal kontrak dan manajerial. Hal itu langkah pertama yang sangat membantu. Tanpa personil band harus ikut campur. Lewati bicara bertele-tele, janji-janji besar tanpa implementasi jelas. Silakan belajar bersama tentang dokumen kontrak. Silakan atur perjanjian soal kontrak kerja, uang, pembagian job desc dan ketentuan yang diambil jika salah satu pihak ingkar.
Harus Saling Menguntungkan!
Meski manajer yang Anda inginkan lebih senior, lebih lama di industry, kalian harus punya perjanjian yang saling menguntungkan dan saling mendukung.
Kemudian, termin-termin perjanjian, lama kontrak [kelak bisa diperpanjang], juga harus jelas. Inilah saat yang tepat untuk memulai kerjasama band dan manajer bukan? Pembatalan kontrak bukan hal yang tabu, selama alasannya jelas dan bisa diterima oleh kedua belah pihak. Kecuali untuk kasus-kasus yang masuk ranah criminal.
Kontrak yang adil adalah suatu kesepakatan jangka waktu, katakanlah satu tahun, dengan pilihan untuk memperpanjang perjanjian pada akhir tahun jika kedua belah pihak setuju. Pada titik itu, kalian dapat menegosiasikan kesepakatan lagi, tetapi jangka waktu satu tahun adalah istilah yang baik untuk kedua belah pihak.
Berhati-hatilah memberikan manajer kalian pilihan untuk memperpanjang tanpa persetujuan Anda, Di awal kontrak kerjasama, itu harus jelas. Jika kalian melakukannya, dan kemudian terjadi sesuatu dengan band kalian, mau tidak mau manajer itulah yang harus kalian pakai, meski mungkin tidak sreg dengan kinerjanya. Pastikan bahwa kesepakatan itu benar-benar dimengerti dan disetujui kedua belah pihak.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...