GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

MITOS DAN MISTERI BUNGA WIJAYA KUSUMA= Mekarnya Bunga Wijaya Kusuma Di Malam Hari

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 03 September 2013 | 09.42

by: http://chandratama.wordpress.com/2013/03/22/mekarnya-bunga-wijaya-kusuma-di-malam-hari/
Oleh : Chandra Tama
Tadi malam, berhubung insomnia terus kelaperan tengah malem. Udah deh ngeluarin motor, bergegaslah saya ke luar cari makan. Muter  - muter 15 menitan kok kagak nemu  warung yang masih buka, kalopun ada yang buka, eh udah abis stocknya.  Hehe, ternyata  sudah jam 1 an malem. Daripada pulang gak bawa hasil, trus saya putuskan beli mi ramen instant di minimarket buat ganjal perut.
Pulang dari situ, ketika mau parkir motor saya melihat  ada sesuatu yang berbeda di teras rumah nenek saya (kebetulan saya nginep di tempat nenek saya malam ini). Ketika saya dekati, yuuuuppp  benar, bunga tanaman Wijaya Kusuma di teras mekar. Langsung saja saya ambil hp buat foto tuh bunga, maklum bunga Wijaya Kusuma tergolong spesial, mereka jarang mekar dan kalo mekar hanya pada malam hari sekitar jam 12an sampai dini hari dengan wangi yang harum dan akan layu atau kuncup di pagi harinya. Bagi yang penasaran, ini gan, ane kasih lihat penampakannnya tadi malem  (maaf ya gambarnya kurang bagus) :)

Mengenal secara singkat, tanaman Wijaya Kusuma berasal dari Amerika Latin. Nama latinnya Epiphylum Anguliger. Termasuk jenis kaktus, divisi anthophita, bangsa opuntiales dan kelas dicotiledoneae.  Arti nama bunga Wijayakusuma itu sendiri  yaitu bunga kemenangan. Pada jaman Hindu bunga ini dianggap milik http://a.imageshack.us/img689/3558/mekar10.jpg 
Kresna dan dapat menghidupkan orang yang sudah mati. Di Yogyakarta dan Surakarta, sudah lama tanaman ini menjadi bagian dari ritual adat.  Wijaya Kusuma ini selain berfungsi sebagai tanaman hias, daun dan bunganya juga dapat digunakan untuk pengobatan.
Cukup misterius juga ya tanaman ini kok bunganya hanya  mekar pada malam hari dengan bau yang harum yang semakin menambah kesan mistisnya? :) . Berhubung saya tidak begitu percaya dengan mistis. Ya saya mikirnya begini, setiap tanaman kan mempunyai cara  tumbuh masing – masing, baik itu rangsangan yang menyebabkan arah tumbuh tertentu atau dari segi fisiologis tanaman. Untuk Wijaya Kusuma dimungkinkan  perilaku tumbuhannya dipengaruhi oleh rangsangan gelap (Skototropisme). Seperti kita tahu, pada dasarnya reaksi fotosintesis pada tumbuhan terdiri dari 2 fase, yaitu reaksi terang (memerlukan cahaya)  dan reaksi gelap (tidak memerlukan cahaya). Jadi menurut saya apabila dimalam hari bunga Wijaya Kusuma dapat mekar, ya dikarenakan karakteristk fisiologis tanaman Wijaya Kusuma itu sendiri yang  bekerja spesifik dimalam hari (keliatannya  masih belum jawab pertanyaannya ya, hehe).
Menurut mitos, ini bunga kalo mekar menandakan  rejeki yang semakin mendekat. Jadi  semoga saja rejeki saya semakin lancar seiring mekarnya bunga ini, hehe. Kata nenek saya, tanaman Wijaya Kusuma yang di teras ini sudah agak lama bunganya tidak mekar. Berarti cukup beruntunglah saya bisa melihatnya. ;)

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...