GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Pusat Ekonomi Syariah Indonesia: Indonesia Bertekad Jadi Pusat Ekonomi Syariah Dunia

Written By Situs Baginda Ery (New) on Senin, 18 November 2013 | 13.59

JAKARTA, suaramerdeka.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, pemerintah berharap ke depan Indonesia bisa menjadi pusat perekonomian syariah dunia. Oleh karena itu ia mengajak masyarakat berperan aktif dalam pengembangan ekonomi syariah.
"Kita ingin menjadikan negeri kita menjadi pusat ekonomi syariah dunia. Inilah salah satu esensi bagi perwujudan Islam sebagai rahmat bagi semesta alam. Sebagai negara dengan jumlah umat muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki berpotensi menjadi pusat ekonomi syariah," kata SBY ketika mencanangkan Gerakan Ekonomi Syariah (Gres!) di lapangan Silang Monas Jakarta, Minggu (17/11) pagi.
Presiden melihat tantangan terbesar untuk mengakselerasi pertumbuhan keuangan syariah adalah masih rendahnya pemahaman masyarakat tentang keuangan syariah. Tantangan tersebut terutama tentang universalitas nilai-nilai yang menjadi ruh sistem keuangan syariah serta bentuk-bentuk aplikatif dari berbagai konsep ekonomi syariah.
http://sin.stb.s-msn.com/i/FA/959099526632F066D9236BCAFC44D.jpgPencanangan Gres! menurutnya merupakan niat mulia yang tidak hanya untuk memberdayakan ekonomi umat, tapi juga untuk semakin menumbuhkan dan memperat perekonomian Indonesia. "Ke depan, kita akan meningkatkan ekonomi syariah di berbagai sektor. Kita terus berupaya bagi terwujudnya perekonomian yang adil dan mensejahterakan rakyat," lanjutnya.
Belajar dari krisis ekonomi global yang mayoritas dirasakan oleh negara-negara maju, maka sudah selayaknya sistem dan etika perekonomian nasional perlu diperbaiki. Dan sistem ekonomi ekonomi syariah dianggap bisa menjadi solusi. "Sistem ekonomi syariah bisa menjadi solusi untuk mencegah dan mengurangi dampak dari krisis keuangan global," kata SBY.
Terkait hal ini, pemerintah juga terlibat langsung dengan ekonomi syariah dan keterkaitannya dengan sektor lain.
Selain edukasi dan sosialiasi, penguatan ekonomi syariah juga perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak, tidak hanya pemerintah, tetapi juga para akademisi, pelaku industri, dan segenap pemangku keentingan lainnya. "Bagi kementerian dan lembaga pemerintah, saya minta untuk lebih memerhatikan pengembangan ekonomi syariah, antara lain melalui pelibatan industri keuangan syariah, serta pengembangan kurikulum dan sistem pengajaran ekonomi keuangan syariah," Kepala Negara menegaskan.
Gubernur BI Agus Martowardojo mengungkapkan pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,7 persen dan menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi nomor dua di antara negara-negara G-20. "Secara global, industri keuangan ekonomi syariah telah menunjukan kemampuan untuk bertahan dari krisis. Nilai-nilai keuangan ekonomi syariah telah menghindarkannya dari spekulasi," kata Agus.
Di dalam negeri sub sektor perbankan syariah menunjukkan pertumbuhan aktiva yang cukup tinggi, sebesar 38 persen pertahun. Rekening yang dikelola perbankan syariah sudah mencapai 11,7 juta rekening.
Sebelumnya, Ketua Umum Pusat Komunikasi Ekonomi Syariah (PKES) Halim Alamsyah menjelaskan bahwa inisiatif pencanangan Gres! dilatarbelakangi oleh keinginan para pemangku kepentingan ekonomi syariah untuk terus mendorong ekonomi syariah di tanah air. "Tujuan gerakan ini adalah untuk mendorong kesadaran kolektif para stake holder ekonomi syariah untuk bahu-membahu agar ekonomi syariah bisa menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia," ujarnya.
Usai mencanangkan Gres! Ini, Presiden dan Ibu Negara kemudian meninjau beberapa gerai pameran yang menyuguhkan berbagai produk pembiayaan ekonomi syariah. Hadir pada acara ini Ketua MUI Ma'ruf Amin., Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan jajaran menteri KIB II, diantaranya, Mensesneg Sudi Silalahi, Menag Suryadharma Ali, dan Seskab Dipo Alam.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...