GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Badai Kuat Mengalirkan Energi: Misteri Bintik Merah di Planet Jupiter Terpecahkan

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 20 November 2013 | 12.41

JPL/"PRLM"
JPL/"PRLM"
 
 
by: http://www.pikiran-rakyat.com/node/258871
BADAI raksasa di permukaan Jupiter ini seharusnya hilang beberapa abad lalu.*
CAMBRIDGE, (PRLM).- Bintik Merah Raksasa Jupiter, sebuah badai raksasa yang mengamuk di sisi planet ini, masih menjadi salah satu fitur yang paling dikenal dan misterius di tata surya kita.
Para ilmuwan tidak yakin mengapa bintik raksasa itu masih berkecamuk, namun kini tim peneliti AS percaya mereka telah memecahkan misteri itu, dengan menggunakan model komputer.
Mereka perkirakan gerakan vertikal dari gas-lah yang memegang kunci dari keberadaan "Great Red Spot" itu dengan mengembalikan sebagian energi yang hilang.
Badai raksasa di permukaan planet gas itu seharusnya sudah menghilang berabad-abad lalu, berdasarkan pemahaman para ilmuwan tentang dinamika fluida.
Pedram Hassanzadeh dari Universitas Harvard, mengatakan sejumlah proses bergabung untuk mengusir vortisitas seperti Bintik Merah ini.
Turbulensi dan gelombang dalam badai kuat ini mengalirkan energi anginnya dan kehilangan lebih banyak energi dengan memancarkan panas, yang seharusnya menyebabkan bintik raksasa itu memudar, seperti dilaporkan Science Daily, baru-baru ini.
Bintik raksasa ini berada di antara dua aliran jet kuat yang mengalir dalam arah yang berlawanan dan memperlambat berputar bintik ini, jelasnya.
"Berdasarkan teori saat ini, Bintik Merah Raksasa ini seharusnya hilang setelah beberapa dekade. Namun sebaliknya, ia telah ada selama ratusan tahun," kata Dr Hassanzadeh.
Bersama dengan Philip Marcus , seorang profesor dinamika fluida di Universitas California, Berkeley, ia membangun sebuah model komputer untuk memeriksa kekuatan aliran vertikal dan vortisitas.
Mereka percaya bahwa gerak vertikal sangat penting untuk menjelaskan mengapa Red Spot masih ada hingga kini. (Aya/A-147)***

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...