GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Misteri Antara Kilat Putih dan Erupsi Gunung Merapi

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 20 November 2013 | 12.36

by: http://jogja.okezone.com/read/2013/11/18/511/898909/misteri-kilat-putih-dan-erupsi-gunung-merapi

BOYOLALI- Erupsi Gunung Merapi yang terjadi pukul 04.30 WIB pagi tadi tidak membuat warga Selo, Boyolali,Jawa Tengah panik. Berbeda dengan warga yang tinggal di tiga desa di wilayah Klaten, Jawa Tengah yang begitu panik saat erupsi terjadi, warga Selo sebaliknya tetap beraktivitas seperti biasannya.

Muntahan abu vulkanik yang dilepaskan Gunung Merapi,dianggap warga Selo tidaklah separah seperti erupsi 2010 lalu. Saat itu, wilayah Selo merupakan wilayah terakhir yang terkena abu vulkanik.

Meskipun, wilayah Selo merupakan wilayah paling dekat dengan puncak Gunung Merapi. Termasuk saat erupsi kali ini, wilayah Selo kembali tidak tersentuh abu vulkanik.Bahkan aktivitas jual beli di pasar Selo hingga pemerintahan termasuk pendidikan tetap berjalan.

Kondisi berbeda justru dialami wilayah yang letaknya dibawahnya Gunung Merapi seperti Cempogo,Jrakah bahkan hingga wilayah Solo dan Kabupaten Karanganyar terkena abu vulkanik.

Suwarni salah satu warga sekaligus pemilik toko di pasar Selo yang letaknya berada di samping Polsek Selo mengatakan,erupsi yang terjadi pada pagi hari tadi dianggap warga seperti halnya manusia biasa yang sedang batuk kecil. Warga mempercayai adanya tanda-tanda kilat putih bila Merapi akan meletus.

Bagi mereka, sekalipun ada gemuruh cukup besar layaknya rombongan kontainer lewat dari arah Gunung Merapi, selama belum ada tanda kilatan putih keluar dari arah Gunung Merapi menuju arah Gunung Merbabu, warga belum akan mengungsi.

"Oh erupsi tadi padi itu toh. Itu mbah merapi hanya batuk saja.Tidak apa-apa. Suarannya dari dalam Merapi memang bergerumuh.Tapi selama belum ada kilatan putih keluar dari arah Merapi menuju Merbabu,warga sini belum akan mengungsi,"papar Suwarni saat berbincang dengan Okezone,di Selo,Boyolali,Jawa Tengah,Senin (18/11/2013).

Menurut Suwarni, kilatan putih yang keluar dari Gunung Merapi ke arah Gunung Merbabu sebanyak tiga kali diyakini warga sekitar merupakan suatu pertanda yang memang dipercaya warga dikeluarkan oleh penunggu Gunung Bibi yang letaknya berada di bawah Gunung Merapi.

Bagi masyarakat sekitar, Gunung Bibi dipercaya sebagai ibu dari Gunung Merapi. Sehingga kilatan putih yang keluar dari Gunung Marapi merupakan isarat yang dikirimkan penunggu Gunung Bibi bila erupsi besar akan terjadi.

"Istilahnya kalau di manusia itu, ibunya sudah tidak sanggup lagi menenangkan kenakalan sang anak. Jadinya,kilatan putih itu merupakan bentuk teriakan ibunya ke anaknya yang terus membandel,"jelasnya.

Meski secara ilmiah apa yang diyakini warga Selo bertolak belakang, namun selama mereka meyakininya, maka warga tidak akan terlalu lama berada di tempat pengungsian.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...