GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Khadafi Pernah Nyaris Dikudeta Anaknya Sendiri

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 03 April 2011 | 15.16

Liputan6.com, Jakarta: Pemimpin Libya yang masih berkuasa hingga kini Muammar Abu Minyar al-Qaddafi ternyata amat tangguh dalam mendidik anak-anaknya. Dari semua anaknya yang berjumlah 9 orang, tujuh anak kandung laki-laki dan satu-satunya anak kandung perempuan serta dua anak adopsi, hampir semuanya berkarier dan sukses.

Khadafi Pernah Nyaris Dikudeta Anaknya Sendiri (2) Perkawinan pertama Muammar Khadafi dengan seorang guru, Fatiha, tak bertahan lama. Hanya sekitar enam bulan. Tapi dari istri pertamanya ini lahir seorang anak laki-laki, Muhammad al Khadafi. Muhammad kini bukanlah orang sembarangan. Dialah kepala Komite Olimpiade Libya. Di dunia bisnis, Muhammad adalah penguasa General Post and Telecom Company - perusahaan pos dan telekomunikasi terbesar di Libya. Tak hanya itu, Muhammad pun memonopoli bisnis operator telepon seluler dan satelit komunikasi.

Pemimpin Libya yang mulai berkuasa sejak berumur 27 tahun, Khadafi, menikah untuk yang keduakalinya. Safia Farkash, istri kedua Khadafi memberikan enam anak.

Anak tertua dari perkawinan kedua Khadafi, Saif al Islam al Khaddafi (38) adalah penyandang gelar PhD dari London School of Economic. Putra Khadafi ini dikenal sebagai pemikir yang cerdas dan amat kritis. Saif banyak berkecimpung di Gaddafi International Charity and Development Foundation, sebuah badan amal yang berjasa membebaskan tawanan kelompok Islam militan di Filipina Selatan. Dia sempat pergi meninggalkan keluarganya 2006 karena mengkritik pemerintahan sang ayah. Namun pada 2008 dia kembali, meski menegaskan diri tidak tertarik untuk melanjutkan kepemimpinan ayahnya. Ketika Libya bergejolak sekarang ini, dia muncul di TV dan meminta rakyat tenang.

Tak banyak yang tahu bahwa anak pemimpin Libya, Khadafi, ada yang sempat merumput di Liga Italia Serie A. Dialah Saadi Khadafi (36), anak ketiga Muammar Khadafi yang sempat bermain di klub Sampdoria. Karier sepakbola Saadi Khadafi memang hanya pendek. Setelah menikah dengan putri seorang petinggi militer Libya, Saadi memilih pulang kampung dan mengurusi Federasi Sepakbola Libya. Kini Saadi berbisnis di bidang industri film dan memiliki investasi uang sedikitnya 100 juta dolar AS atau sekitar Rp 900 miliar.

Jiwa militer Khadafi menurun ke anak keempat, Muttassim Khadafi.
Dia seorang Letnan Kolonel di Angkatan Darat Libya. Muttassim pernah sempat kabur ke Mesir karena tercium hendak mengkudeta ayah sendiri. Namun, Khadafi memaafkannya, dan justru menempatkan anaknya sebagai Penasihat Keamanan Nasional Libya dan masuk dalam Dewan Keamanan Nasional. Ini yang istimewa. Sebagai anak Khadafi, Muttassim pun bisa memiliki tentara sendiri.

Ada satu anak Khadafi yang dikenal bengal. Dialah Hannibal Khadafi putra kelima. Hannibal sempat bekerja di General National Maritime Transport Company, perusahaan ekspor minyak Libya. Namun Hannibal lebih dikenal di Eropa lantaran sejumlah tindakan pelanggaran hukum, mulai dari kebut-kebutan dengan Porsche mewahnya di Paris sampai menggebuki orang. Hannibal ini juga terkenal sebagai raja pesta yang kerap mengundang artis-artis dari AS.

Dari semua anak-anak Khadafi, barangkali putra keenam inilah yang termasuk sepi gosip. Dialah Saif al-Arab Khadafi. Saif al-Arab Khadafi kabarnya masih kuliah di Munich, Jerman. Saif pernah berurusan dengan polisi Jerman 2008, gara-gara suara knalpot mobil mewahnya, Ferrari.

Ketika demo besar-besaran menuntut mundurnya Khadafi di berbagai kota yang berbuntut tewasnya ratusan demonstran, anak ketujuh Muammar Khadafi diduga ikut terlibat. Dialah Khamis Khadafi, perwira polisi yang memiliki pasukan khusus binaan Rusia. Khamis dituduh Barat ada di belakang tindak kekerasan di Benghazi.

Satu-satunya anak perempuan Muammar Khadafi adalah Ayesha al Khadafi (34). Perempuan cantik ini dikenal sebagai seorang pengacara. Putri bungsu Khadafi ini masuk dalam tim pembela mantan pemimpin Irak, Saddam Hussein.

Pemimpin Libya Muammar Abu Minyar al-Qaddafi masih punya dua anak angkat, Hanna dan putra Milad Abuztaia al Khadafi. Hanna tewas saat pesawat-pesawat tempur AS membom kediaman Khadafi 1986. Milad selamat dan disebut-sebut sebagai orang yang justru menyelamatkan Khadafi dalam peristiwa itu. (* dari berbagai sumber/Vin)

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...