GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Menguak Misteri Laut Dalam

Written By Situs Baginda Ery (New) on Senin, 19 Juli 2010 | 20.23

Laut terdalam dunia ternyata rumah bagi mahkluk-mahkluk luar biasa yang penuh misteri. Ribuan spesies penghuni laut dalam yang tak mengenal siraman matahari itu kini mulai dieksplorasi.

ig46_sea_Octopus_09Misi mengintip misteri kehidupan laut dalam ini menggunakan kamera, sonar dan teknologi lainnya. Hasilnya para peneliti berhasil mencatat belasan ribu spesies yang menghuni perairan tergelap dunia. Kedalam laut yang hitam itu ternyata dihuni oleh mahkluk-mahkluk aneh, mulai dari jenis kepiting,udang sampai cacing. Sebagian mahkluk air itu mendiami kawasan dunia bawah di kedalaman 5 km lebih.

Sebagian mahkluk perairan dalam ini beradaptasi dengan pola makan yang mengharap jatuhan serpihan dari hewan-hewan perairan di atasnya. Sementara yang lain hidup dengan sulfur dan methane, bakteri yang memecah minyak, belulang bangkai paus yang tenggelam… atau makanan lain yang cukup aneh bagi kita.

ig46_sea_Pteropod_09Ilmuwan telah menginventaris sekitar 17.650 spesies di bawah kedalam 200 meter sampai batas kegelapan dan akhir penetrasi sinar matahari. Jumlah itu termasuk sekitar 5.722 spesies yang tercatat hidup di bawah kegelapan total 1 km semakin dalam.

Menurut Robert Carney, peneliti asal Louisiana State University, yang menjadi wakil pemimpin proyek Continental Margin Ecosystem on a
Worldwide Scale, kepada LiveScience yang dilansir dari Yahoo!News, menyebutkan bahwa ternyata keragaman kehidupan laut dalam yang gelap ini sangat mengejutkan ilmuwan, di luar dugaan semula yang memperkirakan spesiesnya pastilah sangat sedikit.

Dalam penjelajahan mereka, proyek jangka panjang Sensus Kehidupan Laut yang melibatkan ribuan peneliti dari seluruh dunia ini menemukan koleksi keragaman hayati yang luar biasa di laut dalam yang sebelumnya masih berupa misteri yang sarat mitologi. * (LS/YN/BS)


Source: Menguak Misteri Laut Dalam | Berita Cerita Kota Medan http://www.medantalk.com/menguak-misteri-laut-dalam/#ixzz0u899dMTf
Copyright: www.MedanTalk.com

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...