GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Ledakan Big Bang Ungkap Misteri Partikel

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 24 Juli 2010 | 21.58

Syamsudin Prasetyo

(thehindu.com)

INILAH.COM, Jakarta - Ilmuwan yang menjalankan benturan partikel Big Bang di CERN akan memecahkan misteri penyebab materi memiliki massa selama dalam proyek dua tahun hingga 2011.

James Gillies mengatakan bahwa perburuan panjang partikel Higgs Boson yang sukar diperoleh akan didapat dalam eksperimen setelah mesin terbesar dan termahal di dunia tersebut dinyalakan kembali bulan Februari ini.

Jika ada di sana, kami akan memiliki kesempatan untuk melihatnya,” ujar Gillies merujuk kepada partikel di mana fisikawan Skotlandia Peter Higgs mengatakan tiga dekade lalu bagaimana cara materi bergabung menjadi satu, dan menciptakan alam semesta dan segala yang ada di dalamnya.

Operasi 18-24 bulan mesin Large Hadron Collider (LHC) di Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) yang akan memberikan banyak informasi. Setelah persiapan panjang, LHC akan dinyalakan kembali ke level energi tertinggi.

“Mungkin saja intensitas tertinggi dibutuhkan untuk menangkap materi tersebut,” ujar Gillies.

LHC pertama kali dinyalakan pada bulan September 2008 tetapi harus dimatikan setelah ledakan besar pada km 27 di dalam terowongan melingkar yang berada jauh di bawah tanah. Fokus LHC adalah benturan partikel yang bergerak berlawanan dengan energi tinggi.

Miliaran benturan masing-masing menciptakan kondisi yang menciptakan fraksi per menit dalam tiap detik setelah proses Big Bang ketika alam semesta bermula 13,7 miliar tahun lalu. Hal tersebut akan memproduksi data yang akan direkam dan dianalisis oleh 10 ribu ilmuwan di CERN dan seluruh dunia.

Material dimuntahkan keluar oleh ledakan kuno yang secara kebetulan menghasilkan bintang, planet dan kehidupan di Bumi. Tetapi teori Higgs mengatakan bahwa hal tersebut mungkin terjadi jika sesuatu seperti Boson membawa material bersama dan memberikan massa atau bobotnya.

LHC sempat dijalankan selama dua bulan dan memperlihatkan gabungan ledakan di dalam saluran terowongan tersebut dalam kekuatan energi 2,36 tera-elektron-volt (TeV), tertinggi yang pernah dicapai.

Langkah berikutnya dalam jangka panjang telah diputuskan dalam pertemuan fisikawan di CERN yang dihadiri oleh insinyur dan manajer di Charmonix Prancis. Gilies mengatakan bahwa gabungan energi akan dinyalakan secara bertahap hingga mencapai 7 TeV.

Tahun 2011 nanti mesin akan diistirahatkan selama 12 bulan agar para insinyur dapate mempersiapkan terowongan dan peralatan yang lebih besar untuk gabungan ledakan hingga 14 TeV yang diperkirakan akan dimulai pada tahun 2013.[ito]

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...