GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Inilah Realita Pandangan Mata dan Akibat Bila Tak Dijaga

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 01 April 2015 | 16.26

Asalamu’alaikum brother and sister semuanya.

Bagaimana kabar nya? Semoga Allah selalu memberi nikmat sehat kepada kalian semua.
Saat ini tulisan saya akan ngebahas tentang mata. Mata ini bukan nama band yang nyanyinya “o, ow kamu ketahuan,” . Tapi salah satu indra yang kita miliki. Lalu apa yang akan kita bahas tentang mata disini? Yaitu tentang kinerja mata. Yaitu mencium, eh salah, untuk melihat.
zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz
Garing ya? silahkan tidak tertawa -_-‘

Ok, langsung saja, mata kita bertugas untuk melihat. Memandang apapun yang ada dihadapannya. Mata dapat melihat bila ada cahaya yang menyinari objek yang kita lihat. Untuk secara sainsnya lebih lanjut tanya ke guru bio masing-masing. Hehe

Sekarang kita pernahkan melihat anak remaja atau mungkin pernah kita lakukan kalo melihat lawan jenis yang “wwaaaaaawwwww” atau potensial untuk diri, pasti ada kata-kata yang terucap.
Contoh mungkin ketika penerimaan siswa baru di sekolah, para kaka kelas pasti mulai berburu dengan bicara kepada teman-temannya. “eh bro yang itu bening bro” “eh yang itu lebih putih dan manis” “eh ada lagi yang kecil dan imut” dan banyak lagi kaka kelas yang cowo ini ucapkan ketika melihat “mangsa”nya.  kaka kelas yang cewe juga ga kalah dengan yang cowo kalo melihat ade atau kakak kelas yang menurut mereka mantep. “ade kelas itu cool bangeeeeet” “yang itu putih, tinggi, manis, ganteng lagi” bahkan sampe ada yang lari-lari, lompat-lompat menuju kelas dan teriak kepada temennya, “iiiiiiiihhhhhhhh, itu kakak kelas yang manis itu senyuum ke aku, aaadduuuuuhh luluh hati ini” dan banyak lagi realita di kaka kelas cewe melihat siswa yang tampan ini, bahkan sampe akan melabrak siswi ade kelas lain bila ada yang mendekatinya. Lalu mungkin dijalan-jalan banyak juga mereka yang nyeletuk “wedeh, cantik banget nih cewe” atau di mall, maupun di facebook skalipun. Bahkan kata-kata seperti ini keluar “Subhanallah, indah sekali ciptaan-Nya. Tak jemu mata memandangnya.” Dan kata-kata yang baik tapi penempatannya ga pas.

Lalu ada juga yang mengatakan jatuh hati dipandangan pertama, terusnya nyayi’in lagu cinta pandangan pertama sambil senyam-senyum sendiri. Mereka mengaku cinta itu dari mata turun ke hati, dan menyebabkan hati berbunga-bunga. Hadeh-hadeh.

Terus juga yang ga kalah lucunya. Banyak sekali pemuda-pemudi yang teriak-teriak memuji keindahan artis idolanya, khususnya yang ngetren sekarang ini yaitu artis korea yang katanya artisnya cantik-cantik, ganteng-ganten dan manis-manis. Sangat banyak kita melihat mereka rela di depan tv, komputer, dan hape sangat lama hanya untuk menonton dan mengagumi keindahan artis ini di cerita drama, atau video clip lagu sang idola.

Dengan banyaknya realita seperti ini, pasti ada yang menanyakan apasih pandangan islam tentang ini. Islam itu adalah agama yang sempurna dan detail dalam membimbing kehidupan manusia. Segala aspek kehidupan di atur, termasuk dalam pandangan ini loh.

Yuk kita buka surat An-nur ayat 30-31.

“Katakanlah (wahai Muhammad) kepada laki-laki yang beriman: ‘Hendaklah mereka menahan sebagian pandangan mata mereka dan memelihara kemaluan mereka, yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.’“Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita…” (An-Nur:30-31).


Di ayat itu Allah memerintahkan untuk menjaga pandangan dulu, baru menjaga kemaluan. Karena pandangan mata merupakan dasar dari menjaga kemaluan. Karena dengan pandangan akan banyak hasrat yang akan timbul didalam hati. Lalu mari kita dengar sabda Nabi kita tercinta

“Sesungguhnya Allah telah menetapkan atas diri anak keturunan adam bagiannya dari zina. Dia mengetahui yang demikian tapa dipungkiri. Mata itu bisa berzina, dan zinanya adalah pandangan. Lidah itu bisa berzina dan zinanya adalah perkataan. Kaki itu bisa berzina dan zinanya adalah ayunan langkah. Tangan itu bisa berzina, dan zinanya adalah tankapan yang keras. Hati itu bisa berkeinginan dan berangan-angan. Sedangkan kemaluan membenarkan yang demikian itu atau mendustakannya. (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, An Nasa’i)

Zina mata disebut diawal karena inilah sarana awal dari zina selanjutnya, yaitu zina lidah, tangan, kaki, hati yang berangan dan kemaluan sebagai bukti itu dilakukan atau tidak melaksanakan.

Pandangan itu bagaikan racun bagi hati, setiap kita memandang hal-hal yang tidak halal bagi kita. Setiap itu juga hati semakin ternodai, hingga hati itu gelap gempita, Hitam legam, dan tidak dapat merasakan dosa lagi.
“Pandangan mata itu (laksana) anak panah beracun dari berbagai macam anak panah iblis (HR. Ahmad)

Pandangan mata itu dapat menyebabkan hati kelam dan tekanan syahwat yang meninggi. Dengan tekanan syahwat mengakibatkan selalu melihat dan mencari apapun yang dicarinya dan tidak sabar. Ini adalah sebuah derita, derita untuk hati, karena hati semakin kotor. Hati yang kotor akan membuat kita sulit untuk tenang, menutup jalan ilmu ke akal, melenakan, dan mendatangkan kegundahan. Berapa banyak mereka yang gundah hatinya karena wajah orang yang mereka kagumi yang selalu terngiang dalam benak diri.

Pandangan itu sangat mempengaruhi hati. Maka dari itu kita harus menahan pandangan sejak awal, karena itu lebih mudah dihilangkan. Contoh ketika kita melihat lawan jenis dalam pandangan pertama sehingga menyebabkan hati terpaut, jangan ulangi dengan pandangan kedua. Karena itu akan lebih mudah diobati dari pada kita memandangnya sekali lagi, untuk menikmati gambaran elok rupanya. Lalu mengisi kekosongan hati serta melukisnya dalam sanubari, dengan warna-warna indah, sehingga membangkitkan cinta didalam hati. Lalu kita terus memandang, terus, terus, sehingga kita tenggelam dalam kesejukkan nikmatnya angan-angan indah bertabur kegemerlapan wajah anggun yang berseri menyala, bagai air menyirami tanaman, sehingga pohon syahwat tumbuh besar dan merusak hati dan membodohi akal. Logika pun tak berjalan sebagai mana mestinya. Akhirnya dorongan rasa itu tak terbendung lagi. Rasa ingin memegangnya, rasa ingin berdekatan dengannya, rasa ingin selalu berada disampingnya,dan rasa-rasa yang lain yang semakin berani untuk menuju ke jalan kenistaan. Itu semua hanya karena sebuah pandangan. Maka dari itu sangat pentinglah untuk menjaga pandangan.

Lagi pula menahan pandangan banyak sekali mamfaatnya. Ibn Qayyim memaparkan 10 manfaat menahan pandangan dalam kitab Raudhatul Al-Muhibbin. yaitu:
  1. Membersihkan Hati dari derita penyesalan
  2. Mendatangkan cahaya dan keceriaan hati
  3. Mendatangkan kekuatan firasat yang benar
  4. Membuka pintu dan jalan ilmu serta memudahkan untuk mendapatkan sebab-sebab ilmu
  5. Mendatangkan kekuatan hati, keteguhan dan keberanian
  6. Mendatangkan kegembiraan, kesenangan dan kenikmatan
  7. Membebaskan hati dai tawanan syahwat
  8. Menutup pintu neraka jahanam
  9. Menguatkan dan mengokohkan akal
  10. Membebaskan hati dari syahwat yang memabukkan dan kelalaian yang melenakan.

Jadi yuk kita semua menjaga pandangan mata kita, karena banyak sekali dampak buruk mengumbar pandangan, terutama dalam kerusakan hati. Dan banyak sekali manfaat yang kita dapat bila menahan pandangan. So, tunggu apa lagi? Mulai menjaga pandangan detik ini , menit ini, dan hari  ini. Tunjukkan kita adalah hamba Allah yang taat yang ingin meraih cinta-Nya. dan bertemu dengan-Nya di surga sana. aamiin

Semoga bermanfaat ya kawan-kawan, Wallahu’alam bish-showab
https://muslimharusintelek.wordpress.com/2013/04/12/realita-pandangan-mata-dan-akibat-bila-tak-dijaga/
pandangan-mata

0 komentar:

Poskan Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...