GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Bagi yang Masih Suka Bangun Siang Wajib Baca Nih

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 04 April 2015 | 12.28

Semua orang tahu, bahwa Islam benar-benar sebuah agama yang benar dan kompleks sehingga memiliki sebuah kesempurnaan yang tidak dimiliki oleh agama lain. Setiap sisi diatur oleh Islam, baik itu dari hal yang mengatur kemaslahatan atas Ummat yang begitu besar maupun hal sepeleh yang dianggap tidak begitu penting. Kalau dalam hal kemaslahatan Ummat, bisa jadi hal tersebut adalah bidang-bidang seperti sosial, pilitik, ekonomi maupun kebudayaan. Dan hal sepeleh yang kecil bisa jadi itu adalah adab seorang muslim ketika memasuki kamar kecil. Namun ada salah satu adab lain yang seharusnya dimiliki dan diamalkan bagi setiap Muslim yakni, bangun pagi (bukan setelah matahari terbit). Sepeleh memang, dan biasanya yang disepelehkan inilah yang terkadang kerap kita lewatkan.
Bangun (dari tidur) pada hakikatnya adalah suatu proses yang patut kita syukuri. Karena ketika kita berada pada posisi terpejam, kita hampir mendekati hal yang bernama maut. Seperti salah satu firman Allah sebagai berikut :
“Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa orang yang belum mati di waktu tidurnya, maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya, dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan, sesungguhnya pada yang demikian terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir.” (Az Zumar:42)
Lantas, apa kaitanya dengan bangun pagi? Baiklah, mungkin kita akan membahas terlebih dahulu kenapa kita harus bangun pagi.
Pada dasarnya, muslim memiliki budaya wajib untuk bangun pagi. Mungkin saya tidak akan menyebutkan apa budaya wajib itu, karena sebagai muslim sejati tentu kita paham dan menjalankan budaya wajib tersebut di setiap kita terjaga dari istirahat kita. Maka, pertanyaan pada awal paragraph ini dapat dijawab secara langsung oleh kita. Lalu hanya itukah keutamaan bangun bagi seseorang? tidak, masih banyak keutamaan yang melahirkan manfaat-manfaat bagi setiap muslim. Keutamaan itu adalah ruhiyah lalu kesehatan kemudian perekonomian.
Ketika kita tidak berpikir atas keutamaan itu, tentu selamanya kita tidak akan mau tahu masalah manfaat yang dimiliki dari bangun pagi hari atas hal-hal itu. Well, we’ll clear it!. Yang pertama yang saya sebutkan adalah manfaat yang bersandar pada keutamaan ruhiyah atau rohaniyah. Mungkin diantara kita ada yang tidak pernah terfikir, bahwa otot-otot kita di pagi hari sangatlah fresh dan otak kita pun berada pada posisi on fire : mode on. Pikiran kita akan berada pada posisi yang jernih sejernih-jernihnyanya.
Nah, disinilah seharusnya kita menaruhkan dzikir-dzikir kita kepada Allah azza wa jalla. Posisi kita sepenuhnya sadar, dan sadar sangat dekat dengan keseriusan, lalu keseriusan sangat dekat dengan kesungguhan dan kesungguhan begitu dekat dengan kekhusu’an. Bayangkan ketika khusu’ itu berada di diri kita (terlepas dari sulitnya tolak ukur khusu’ itu sendiri). Dan ketika itu, rasanya hati kita sangat terpaut dan menyatu dengan-Nya. Allah rabb yang maha mengabulkan itu sangat dekat berada dengan kita. Kita pun akan dengan tenang dan lapang bermunajat kepada-Nya. Bayangkan saja ketika kita bermunajat hati kita sudah menyatu dengan-Nya. Dan saya rasa tak perlu lah ya jika saya analogikan saat-saat seperti itu dengan berbagai contoh interaksi antara sesama manusia, pasti jawabannya adalah si orang yang kita mintai itu memberikan hal apa pun yang kita pinta. Apalagi Allah, yang maha pemurah lagi maha bijaksana.
Kemudian keutamaan yang kedua, Kesehatan. Sebelumnya saya Tanya dulu, siapa yang tidak sepakat dengan keutamaan ini? Jika ada, berarti anda adalah orang yang paling terasing di Dunia. Anda dan Saya tahu, kalau udara yang paling segar itu di pagi hari. Udara yang paling manyehatkan itu adalah udara di pagi hari. Udara yang paling jernih itu di pagi hari. Dan yang pasti, Olahraga yang paling menyenangkan itu di Pagi Hari. Saya tidak akan membawa anda berimajinasi lagi, karena anda sudah tahu sendiri bagaimana rasanya jika anda berolahraga di siang hari. Makanya tidak alasan untuk menolak manfaat dari keutamaan yang kedua ini.
Lalu manfaat dari keutamaan yang terakhir adalah manfaat bagi perekonomian. Sebagai orang Indonesia, saya tidak asing mendengar istilah ‘Rejeki Dipatok Ayam’, dan saya rasa yang membaca pun menangkap hal yang sama. Terlepas dari itu shahihkah mitos ini? Ya belum tentu, kan tidak ada dalilnya supaya kita meyakini mitos ini. Kita diwajibkan Allah SWT berikhtiar, dalam bermuamalah. Dan dalam bermuamalah, seorang muslim kudu memiliki strategi yang jitu dalam setiap pelaksanaannya. Nah strategi itu bisa disusun di pagi hari, di kala pikiran kita jernih. Kita bisa memulai dengan merencanakan segala sesuatu hal pada saat itu sehingga pada siang harinya kita mampu maksimal menjalankan strategi-strategi kita untuk mencapai usaha yang maksimal guna mencapai tujuan (terutama perekonomian). Allah juga berfirman sebagai berikut :
“ Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk berusaha.” ( Al Furqan: 47)
            Maka dari setiap kita akan yakin dan optimis memulai rencana di pagi hari untuk kesuksesan di siang hari. Dan mungkin itu pula yang dapat menjawab keshahihan ungkapan orang tua kita di atas. Dan kesimpulannya, bagi kita setiap muslim, bangun pagi adalah kemutlakan yang harus selalu kita jaga. Saya berharap melalui tulisan ini kita lebih bisa open mind untuk bisa respect to environment of Islam. Karena Islamlah yang akan membawa kita kepada kebenaran yang hakiki.
            Wallahu a’lam bisshawaf
By : Rizarullah Santoso
 
http://ukhuwahfeunsri.blogspot.com/2012/03/masih-bangun-siang-yanih-baca.html

0 komentar:

Poskan Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...