GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Musibah bertubi; Mari intropeksi!

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 20 April 2011 | 20.29

Oleh : Muh. Zuhal Ma’ruf
Indonesia memang diberi anugerah berupa kekayaan sumber alam yang melimpah dan kesuburan tanah yang luar biasa. Namun secara geologis Indonesia adalah juga negeri yang paling rawan di dunia karena posisinya yang tepat berada di pertemuan lempeng. Posisi ini menjadikan negeri kita sering diguncang gempa. Sering sekali di berita teks singkat televisi , kita mendapati kabar terjadinya gempa dan potensi tsunami di wilayah negeri kita, meski tidak membawa korban. Barulah berita itu disiarkan lengkap manakala menimbulkan korban dan atau kerugian. Kita telah menyaksikan gempa yang disusul tsunami di Aceh, gempa di Yogya, Sumatera Barat, Jawa Barat dan sebagainya telah menewaskan ratusan ribu orang dan kerugian materi tak terhitung. Musibah gempa, gunung meletus dan puting beliung memang dapat kita masukkan dalam katagori musibah alam murni, dalam arti bukan disebabkan kecerobohan perilaku kita terhadap alam.
Kita juga sering mendapati musibah menimpa saudara-saudara kita, musibah yang dalam kadar tertentu disebabkan oleh kecerobohan perilaku kita. Masuk dalam katagori ini adalah musibah banjir, tanah longsor, kebakaran, kecelakaan sarana transportasi dan sejenisnya. Meski banjir dan tanah longsor disebabkan oleh tingginya curah hujan namun ulah manusia mengeksploitasi hutan di luar aturan juga menjadi salah satu faktornya. Untuk kasus-kasus kecelakaan sarana transportasi factor human error sangat dominan. Kelayakan pesawat dipertanyakan untuk transportasi udara, jumlah penumpang melebihi kuota untuk transportasi laut dan kecerobohan pengemudi atau penjaga perlintasan kereta api untuk transportasi darat adalah sebab-sebab yang mendominasi terjadinya musibah sarana transportasi. Luapan lumpur Lapindo yang sampai sekarang belum tuntas dan telah mendatangkan masalah social yang rumit juga disebabkan oleh factor kecerobohan manusia.
Dengan bertubi-tubinya musibah menimpa negeri ini, baik musibah alam murni ataupun musibah berfaktor manusia hendaknya membuka hati kita untuk sudi melakukan instropeksi. Bagaimanakah perilaku kita sebagai hamba Allah? Bagaimanakah perilaku kita sebagai Khalifah Allah di bumi? Bagaimana kehidupan kita sebagai makhluk individu? Bagaimana kehidupan kita sebagai makhluk social? Mumpung belum terjadi musibah yang lebih dahsat, musibah-musibah yang beruntun hendaknya mampu memantik kesadaran kita untuk segera memperbaiki diri dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan berbangsa. Semoga! MZM

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...