Translate

ARTIKEL PILIHAN

Remaja Irak Pecahkan Misteri Teka-teki Rumus Bernoulli

Written By Situs Baginda Ery ( New ) on Minggu, 25 Juli 2010 | 22.03

Seorang remaja 16 tahun keturunan Irak yang tinggal di Swedia berhasil memecahkan sebuah rumus matematika yang telah membingingkan para ahli selama lebih dari 300 tahun, demikian laporan media Swedia pekan lalu.

Dalam waktu hanya 4 bulan, Mohamed Altoumaimi menemukan sebuah formula untuk menjelaskan dan menyederhanakan angka-angka Bernoulli, sebuah rangkaian kalkulasi yang disampaiakan oleh ahli matematika asal Swiss Jacob Bernoulli pada abad ke 17, demikian berita harian Dagens Nyheter.

Altoumaimi yang datang ke Swedia 6 tahun lalu mengatakan para guru di sekolahnya, sebuah SMA di Falun Swedia tengah, tidak yakin akan penumuannya pada awalnya.

"Saat aku pertama kali menunjukkannya pada guruku, tidak seorangpun dari mereka mengira rumus yang telah saya tulis dapat berhasil," kata Altoumaimi kepada koran Falu Kuriren.

Baru setelah dia bertemu dengan seorang profesor dari Uppsala University, salah satu universitas terkemuka di Swedia untuk mengecek rumus tersebut. dan sang profesor menyatakan bahwa penemuannya tersebut berhasil.

Dosen senior yang lain, Jan-Aake Lindhal, juga memverifikasi rumus tersebut, namun menyatakan bahwa metode yang dipakai ALtoumaimi sebenarnya telah ada. Namun dia tetap menyatakan bahwa apa yang telah dilakukan Altoumaimi tersebut merupakan sebuah prestasi besar mengingat dia masih anak SMA.

"Saya ingin menjadi peneliti dalam bisang fisika atau matematika. Saya benar-benar menyukai pelajaran ini. Namun saya harus meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dan ilmu sosial," Altoumaimi kepada Falu Kuriren. (muslimdaily.net/dkr/alrb)

0 komentar:

Poskan Komentar

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

ARTIKEL PILIHAN

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...