GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Monster Ghaib.(Naga)

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 06 Juli 2010 | 16.23

naga.1


Naga adalah hewan mistik atau ghaib yang melegenda hampir di seluruh dunia.. wujud fisik dan kemampuannya berbeda beda, sesuai dengan daerah mahluk tersebut diceritakan.. teta[i, ada satu kesamaan dari masing masing cerita, mahluk ini selalu digambarkan seperti ular atau sejenis reptil dan mempunyai kemampuan sihir atau spiritual lainnya.
ada dua jenis naga yang paling dikenal diseluruh dunia, yaitu,. naga eropa dan naga oriental (yang berasal dari cina).. asal kata naga / Dragon berasal dari bahasa Yunani δράκων (drakōn), yang berarti "ular raksasa, phyton atau Naga" kata tersebut berkaitan dg kata kerja δέρκομαι (derkomai) yang berarti pandangan yang tajam.

seperti mahluk mithologi lainnya, persepsi tentang naga berbeda di tiap negara.. umumnya,naga digambarkan sebagai sesosk ular atau reptil yang menyemburkan api atau racun,. berkembang biak dengan cara bertelur, tubuhnya dipenuhi bulu atau sisik bermata besar dengan warna merah atau kuning.. tetapi kadangkala naga juga digambarkan sebagai sesosok monster dengan punggung berduri, dan sayap besar yang menyerupai kelelawar. Naga yang bersayap, adalah penggambaran dari naga naga yang diceritakan di eropa sedangkan Naga naga oriental atau asia umumnya digambarkan seperti sesosok ular besar. menurut Literature mithologi eropa,jumlah kaki naga sangat bermacam macam, ada yang tidak memiliki kaki sama sekali, ada yang memiliki dua ,tiga, empat kaki atau lebih.



oke... sekarang aqu coba jelaskeun satu satu keluarga naga

1. dari Asia

kepercayaan akan Naga menyebar di seluruh wilayah Indonesia,. khususnya bagi wilayah yang dulu pernah menganut kepercayaan hindu yang sangat kuat,. seperti saudaranya yang hidup di india,. Naga indonesia digambarkan sebagai sesosok mahluk suci,bijaksana dan menempati wilayah wilyah yang dianggap suci seperti pegunungan, hutan atau lautan,. Kisah tentang Naga yang paling terkenal di indonesia adalah kisah pewayangan yang berjudul [b]dewa ruci[./B],. dimana wrekudara berganti nama menjadi Bima setelah mengalahkan seekor naga ketika mencari air suci di gung thelenging samudra (ujung lautan)
- Neak (naga dari Kamboja)

cerita tentang Naga kamboja ini sebernarnya berasal naga india,. bentuknya kepalanya sperti ular Cobra yang jumlahnya biasanya lebih dari 9 buah,. jumlah kepala inilah yang konon kabarnya menentukan kelas diantara para Naga.. bentuk kepala Neak yang paling besar menyimbolkan kejantanan para pria,. sedangkan bentuk kepala lainnya saja menyimbolkan kekuatan wanita...

- Lóng atau Loong. "Lung" (naga dari China)

Naga asia ini juga sangat terkenal di sepanjang asia timur,.. lebih terkenal dengan nama Naga oriental (eastern Dragon),. berwujud seperti ular dengan empat buah cakar,.. di China, Naga adalah simbol kekuatan,. naga sering disebutkan dalam berbagai kesenian dan legenda rakyat di china. gambaran tentang Naga dicina adalah... berkepala seperti unta dengan dua buah tanduk,. mata merah atau kuning meyala,. badannya seperti ular,. perut seperti buaya,. kaki seperti harimau,. cakar seperti cakar elang dan bersisik seperti ikan
- Ryū (naga dari Jepang)


- Bakunawa (naga dari philipina)

bakunawa berwujud sepertu ular raksasa yang hidup di lautan,.. orang orang philipna kuno meyakini bahwa matahari atau bulan telah ditelan oleh bakunawa ketika gerhana terjadi. .. diceritakan bahwa dahulu kala,. Bakunawa keluar dari lautan dan ingin menelan bulan,. agar Bakunawa tidak memakan bulan,. ketika terjadi gerhana, orang orang jaman dulu keluar dari rumah dengan membawa paci atau teko,. lalu mebuat kegaduhan dengan alat alat dapur tersebut agar bakunawa takut dan kembali ke laut.

- Yong / Mireu (naga dari Korea)

naga langit yang berwujud sama dengan Naga cina,. seperti legenda Naga di China,. Yong dan naga Korea lainnya diasosiasikan dengan elemen air dan udara,. orang korea asli mengenal yong dengan nama Mireu.

- Imoogi (naga dari Korea)

Naga laut tak bertanduk,. bentuknya hampir sama dengan ular laut.

- Gyo (naga dari Korea)
Naga Gunung.

- Rồng atau Long (naga dari Vietnam)

Tubuh naga ini konon bercahaya,. terbagi atas 12 bagian yang masing masing menyimbolkan 12 bulan dalam setahun,. menurut legenda,. Naga ini dapat mengubah cuaca dan bertanggung jawab atas kesuburan tanaman,. barambut panjang pada kepalanya,. berjanggut,. berkumis, .matanya bersinar indah,. tidak memiliki tanduk,. taringnya sangat besar,. memiliki lidah yang panjang dan tipis,. mahluk ini menyimpan châu [(batu mustika) di mulutnya (symbol dari kemanusiaan, kemuliaan dan pengetahuan)

-makara (naga dari Siam)

Monster Ghaib dari lautan yang bertubuh seperti ular,. berbelalai dan berkepala mirip singa, buaya atau Naga.

- Yilbegan (naga dari Siberia)
Hampir sama dengan Naga dari Eropa

1. dari Eropa

- Dragon (naga dari perancis)
Naga ini tergambar dalam simbol pasukan perang perancis type kavaleri,..

Naga yang benama "scultone" atau "Ascultone" telah melegenda diseluruh kawasan Sardinia , Italia selama beberapa milenium,. Monster ini memiliki kekuatan untuk membunuh manusia dengan tatapannya,. mahluk ini sejenis dengan Basilik,. habitatnya di semak belukar yang lebat,. dan diceritakan bahwa Monster ini hidup abadi.
[url=http://img514.imageshack.us/my.php?image=sarkanytv7.jpg]


- zomok (naga dari Hungaria)
Ular raksasa yang hidup di rawa rawa,. makanan utamanya adalah babi atau domba.. karena sering membunuh ternak,.. para penggembala biasanya memburu Monster ini

-[B]- sárkánykígyó (naga dari Hungaria) [/b]
Ular raksasa bersayap,.. bentuk Dewasa dari Zomok,. biasanya melayani para garabonciás (tukang sihir),. sárkánykígyó bisa mengontrol badai dan cuaca buruk lainnya

- sárkány (naga dari Hungaria)
Naga dengan bentuk manusia,. Monster bertubuh raksasa dan memiliki banyak kepala,.. kekuatannya terletak di kepalanya,.. Monster ini akan semakin lemah begitu satu persatu kepalanya terpenggal. kata sárkány digunakan masyarakat Hungaria untuk menyebut semua jenis Naga.

Balaur (Naga dari Romania)
sama dengan naga rusia

Vere Celen ( Chuvas Dragon)
Naga yang dikenal umat muslim di negara tsb


Cuélebre ( Naga Asturia)
dalam mythologi asturia, Cuélebre adalah ular raksasa bersayap hidup di gua gua dan menjaga harta karun. mahluyk ini bisa hidup sampai ribuan tahun,. nafasnya sangat beracun dan digunakan untuk membunuh mangsanya (sapi dan hewan ternak lainnya),. Nama [b]Cuelebre berasal dari bahasa latin colŭbra yang berarti ular[b]

Coca( Naga Portugis)
dalam mithologi portugis,. Coca adalah Naga betina yang bertarung dengan Saint George,. mahluk ini kehilangan kekuatannya setelah Saint George memotong salah satu telinganya.

Ejderha atau Evren ( Naga Dari turki)
mengeluarkan api dari ekornya tidak memiliki sayap atau kaki.

Tiamat ( Naga Dari Babilonia)
ibu dari para dewa,. kulitnya sangat keras dan tak bisa tertembus senjata apapun.

dan naga naga lainnya yang klo gw bahas ntar pada bosen,... jyakakakakakka,... segitu dolo aja dagh gw bahas naganya,.....
komentar terkhir tentang naga....

Banyak orang yang mempercayai jika Naga itu hanyalah sebatas fantasi , namun tidak sedikit pula lho orang yang mempercayai mereka ini pernah eksis di Bumi (zaman Jurassic).
jika makhluk itu benar-benar eksis , maka kita pasti mengakui bahwa naga adalah hewan terkuat yang pernah hidup di bumi ini.
Makhluk itu dikisahkan tidak saja memiliki sifat ganas, tetapi turut juga memiliki kekuatan mistik yang tidak bisa ditemui pada hewan-hewan purba lainnya.
Naga yang sering dikisahkan dalam legenda mampu mengeluarkan semburan api panas . Tidak hanya itu, makhluk yang satu ini juga dapat terbang layaknya pterodactyls , bahkan ada jenis naga yang dikisahkan dapat menyelam dalam air , layaknya The Megalodon.
Ada legenda suatu bangsa yang menceritakan bahwa naga menyimpan mutiara di mulutnya dan mutiara itu menghasilkan kekuatan mistik untuk memberikan berbagai kelebihan kepada siapa saja yang berhasil memperolehnya.
Dalam film Hollywood ‘Reign Of Fire’ yang diproduksi pada tahun 2002 , mencoba untuk menghidupkan fantasi-fantasi itu dan hasilnya, jelas manusia kalah ketika berhadapan dengan ancaman naga. Begitu hebatnya kisah-kisah mengenai naga yang sering digembar-gemborkan dalam film maupun buku fiksi .

Namun, hingga kini persoalan naga memang benar-benar eksis atau sekadar mitos/legenda dari kebudayaan masyarakat tertentu masih meninggalkan sebuah tanda tanya besar.
Sesuatu yang menarik mengenai naga adalah ia bukan sekadar kepercayaan atau mitos bagi masyarakat tertentu saja , sebaliknya cerita mengenai naga terdapat dalam budaya dari berbagai bangsa di seluruh dunia.
Kisah-kisah legenda suatu bangsa tentunya memiliki perbedaan dengan bangsa lainnya , ciri-ciri dan gambaran mengenai naga juga berlainan mengikut cerita setempat.
Dikatakan terdapat lebih 30 jenis naga yang berbeda bentuk fisiknya dan fungsi dalam berbagai legenda dan kebudayaan di seluruh negara.
Bangsa Cina cenderung mengatakan ia memiliki badan berbentuk ular, muka seakan-akan mirip dengan kuda, tanduk seperti rusa, kuku-kuku yang runcing , bersisik dan mampu terbang.
Masyarakat Barat , menggambarkan naga menyerupai Tyranosaurus tetapi memiliki sayap untuk terbang. Kebanyakan naga digambarkan sebagai hewan reptilia dan berkembang biak dengan cara bertelur.
Di Thailand , terdapat ukiran naga yang berbentuk seperti ular tetapi hewan itu memiliki tujuh kepala , di Vietnam imajinasi naga menggabungkan image buaya, ular, biawak dan burung.
Dalam legenda Yunani kuno, terdapat banyak kisah mengenai naga , terutama cerita yang menggambarkan hewan itu sebagai penjaga harta karun.
Mengikut catatan pengembaraan Herodotus yang juga digelari sebagai ‘bapak sejarah dunia’, ketika beliau melawati Judea sekitar 450 Sebelum Masehi (SM), dia mendengar cerita dari penduduk setempat mengenai seekor naga yang dikurung dalam sangkar raksasa.
Didorong perasaan ingin tahu, Herodotus mengembara ke kawasan itu dan menjumpai banyak kerangka berbentuk ular. Sejarawan itu kemudian menulis bahwa kerangka-kerangka tersebut merupakan sejenis makhluk purba yang terbang dari Tanah Arab ke Mesir , tetapi didalam perjalanannya hewan itu bertarung dengan predator lainnya dan kemudian kalah terbunuh.
Mengikut catatan pengembaraan Marco Polo , ketika beliau bersama prajurit-prajuritnya melintasi kawasan padang pasir di suatu tempat yang dikenali sebagai Anatolia untuk menuju ke Persia, dikisahkan bahwa mereka diserang naga yang berterbangan.
Kini timbul suatu persoalan lain apabila menceritakan mengenai makhluk-makhluk itu. Apakah naga adalah spesies hewan purba yang hidup sezaman dengan dinosaurus? Dan mungkinkah naga turut punah bersama para dinosaurus 65 juta tahun silam?
Tanggapan bahwa naga adalah makhluk purba pada zaman dinosaurus muncul dari ahli sejarah purba China, Chang Qu, yang mencatatkan mengenai penemuan rangka yang diyakininya sebagai rangka naga di Wucheng di Wilayah Sichuan, China pada 300 SM.
Tapi ,bagaimanapun juga banyak pihak yang skeptic mengatakan kerangka-kerangka itu bukanlah kerangka naga namun mungkin saja merupakan fosil kerangka salah satu species dinosaurus.



Bangsa dan negara yang memiliki kisah naga :
• Cina : disebut Long, berbentuk ular dengan empat kaki yang berkuku
• Vietnam : disebut Rong
• Jepang : disebut Ryu, memiliki tiga kuku tajam
• Korea : disebut Yong ( naga langit) , Yo (naga laut) dan Kyo (naga gunung)
• Siberian : disebut Yilbegan - India : dikenali Vyalee dan banyak diukir di kuil di Selatan India.
• Germanic dan Scandinavian : disebut Lindworm, berbentuk ular besar yang berkaki dua.
• Wales : disebutY Ddraig Goch, naga merah yang tertera pada bendera negeri itu.
• Hungarian : disebut Zomok, berbentuk ular yang tinggal dalam paya dan sering memangsa khinzir atau biri-biri. Sárkánykígyó, berbentuk ular berkepak. Sárkány, naga berbentuk manusia yang memiliki banyak kepala.
• Slavic : disebut Zmey, Zmiy dan Zmaj , menyerupai naga Eropa tetapi memiliki banyak kepala , dapat menyemburkan api.
• Romanian : disebut Balaur, memiliki sirip, berukuran besar dan berkepala banyak.
Chuvash : disebut Vere Celen , Amerika- Meso-amerika : disebut Amphitere , Inca : disebut Amaru , Brazil: dikenali sebagai Boi-tata.
Arkeolog Cina Memburu Naga Dari hasil penggalian itu, ditemukan 479 potong bukti-bukti yang mengarah tentang keberadaan ular naga, dalam bentuk fosil rahang dan bagian tubuh lainnya yang diduga merupakan bagian tubuh dari seekor ular besar. Termasuk tiga potong patung naga yang terbuat dari batu giok halus, yang ditemukan dari kuburan kuno. Konon temuan giok patung naga itu, hampir sama dengan temuan hasil ekskavasi di Desa Sanxingtala pada tahun 1970. Desa ini masuk dalam wilayah kota Cipeng di Monggolia Dalam.
Profesor So Bingqi, seorang arkeolog terkenal di Cina dan merupakan Ketua Asosiasi Arkeolog Cina mengungkapkan, temuan terbaru itu masih harus diteliti lebih jauh. Terutama dengan uji karbon, untuk mementukan umur binatang purba itu dan merekonstruksi seluruh bentuk fisiknya.
Penggalian dilakukan lebih dalam lagi, untuk mencari bagian fosil lainnya yang bisa membuktikan, apakah fosil itu merupakan binatang melata biasa atau memang seekor naga yang diduga hidup lebih muda beberapa ribu tahun dari zaman binatang purba Dinosaurus, T-Rex, Brontosaurus dan binatang-binatang purba lainnya.
Namun dari ukuran tubuh, yang bentuknya lebih kecil dibandingkan dengan sejenis dinosaurus, diduga kuat temuan itu memang adalah sejenis ular pemangsa. Karena terlihat dari taringnya yang sangat tajam yang mengarah ke dalam, seperti halnya pada binatang pemangsa lainnya yang ditemukan lebih dahulu seperti keluarga T-Rex. Namun dari fosil-fosil yang ditemukan, makhluk ini memiliki tubuh yang sangat panjang kurang dari 30 meteran dengan fosil membentuk seperti formasi ular.
Penelitian di sekitar lembah Sungai Liachoe masih terus dilanjutkan para arkeolog, untuk menentukan apakah temuan ini hanya satu-satunya bukti atau masih ada yang lain. Ternyata dugaan dari para arkeolog itu tidak sia-sia, penggalian di "Red Mountain Goddes", ternyata ditemukan bukti lainnya yang saling mendukung. Temuan serupa di lokasi ini, menemukan beberapa bukti lain yang menguatkan keberadaan naga itu.
Baik arkeolog Bingqi maupun Daahun, anggota Tim Kerja pencari bukti keberadaan naga itu menyimpulkan, ular yang selama ini dimitoskan memang ada. Hanya apakah bentuknya memang sempurna, seperti naga yang digambarkan dalam bentuk patung seperti di biara atau hanya ular purba biasa? Semua itu masih dalam tanda tanya. Para arkeolog masih mencari bukti-bukti lain, dan merekonstruksinya secara sempurna.
Untuk sementara, mereka berhasil merekonstruksi temuan fosil itu adalah sejenis binatang ular purba. Hal ini terlihat jelas, dari kerangka kepala yang mengarah pada sebuah kerangka ular. Namun masih belum sempurna, karena beberapa bagian lain yang diduga berupa tulang rawan bentuknya masih samar-samar. Tapi semua arkeolog meyakini, fosil itu adalah fosil naga, nenek moyang ular-ular sekarang.
Mengenai keraguan bentuk naga sebenarnya, untuk sementara mereka bersepakat gambaran patung-patung naga yang dibuat sejak ribuan tahun lalu, diduga kuat itu mewakili bentuk ular naga sebenarnya meski bukti-bukti pendukungnya masih dideteksi.
Mereka juga bersepakat, gambaran yang ditemukan dalam bentuk patung giok naga, patung dari hancuran emas dan perungu, yang diperkirakan berumur 8.000 tahun lebih, merupakan gambaran bentuk asli dari naga yang kini tinggal fosilnya.
Hanya saja, para arkeolog mempertanyakan, apakah kehadiran kehidupan naga itu bersinggungan dengan kehidupan manusia pada jamannya atau tidak. Kini teka-teki itu, masih harus dipecahkan oleh para arkeolog dengan menggunakan teknologi canggih untuk menentukan umur fosil itu secara pasti. Yang pasti, fosil yang tertimbun dalam kedalaman tanah itu diduga dahulunya adalah sebuah rawa-rawa besar.
Sementara mengomentari tentang temuan giok naga, dan coran emas dan merunggu, arkeolog mengatakan, penemuan itu termasuk penemuan yang paling berharga bagi para arkeolog Cina. Karena membuktikan, suku-suku bangsa Cina kuno ribuan tahun silam sudah biasa dalam membuat ukiran halus dengan peralatan yang sangat sederhana.
Namun kualitas buatannya, tidak kalah dengan hasil torehan masyarakat Cina sekarang.
Suku-suku yang hidup di sekitar lembah Sungai Liachoe, termasuk suku yang menetap. Mereka hidup antara 5.000 - 8.000 tahun silam, dan membentuk koloni kehidupan dengan budaya yang tinggi. Namun tidak diketahui pasti, mengapa pada akhirnya suku-suku itu harus meninggalkan lembah Sungai Liachoe di jajaran pegunungan yang disebut Red Mountain



ehm,... gw coba jelasin sesuai kapasitas informasi yg gw tau yaks,....

ada beberapa teori yang menguatkan keberadaan naga ada juga yang melemahkan,....

1,. teori / pendapat yang menguatkan

tanya : klo naga emang ada,... knapa ga pernah ditemuin fosilnya
jawab : naga kan bisa menyemburkan api,.. nah,keluarnya api dari mulut naga tu melalui proses kimia alami dalam tubuhnya (mirip kunang2 lah,.. dia ngeluarin lampu dari mana hayoo,....).. nah ketika naga mati,.. proses kimia ini terjadi kembali tanpa ada kontrol,.. sehingga membakar jasad sampai ketulang tulang mahluk ini,.. itulah sebabnya knpa ga pernah ditemukan fosil naga

2. pendapat yang melemahkan

para penduduk cina yang meyakini naga sangat bergantung pada aliran sungai kuning,.. nah karena banyaknya berkah ato rejeki karena sungai kuning ini,... maka beberapa pujangga china menciptakan sesosok mahluk yang mewakili dewa rejeki dari bentuk aliran sungai kuning,.. yaitu bentuk ular yang sangat panjang

3 . pendapat gw

wakakaakakakakak,.... gw mo ngutip ayat al quran nie,.. sekaligus nanya,.. bargkali aja bro n sist ada yang tau

dalam surat al fill dikatakan bahwa pasukan gajah hangus terbakar karena api neraka yang dibawa oleh "burung ababil"... nah yg gw tanyain,.. burung ababil yang dimaksud ini apakah sama dg naga?... soalnya kan dalam islam dilarang menggambar mahluk hidup,.. jadi ga ada bahan buat mbayanginn tu burung,... mungkin ga yaks tu naga.,...

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...