GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Matahari terbit dari barat

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 07 Juli 2010 | 00.02

Apa iya matahari akan terbit dari barat, di Mars sudah pasti akan terjadi hal ini looh. Ini memang beneran dan ada penjelasan ilmiahnya. Jadi issue yang beredar itu bener adanya. Hanya saja itu bukan hal aneh pertanda bencana ataupun kiamat.
lah kok bisa ?

Barangkali anda menerima imil seperti ini :

tahu tak!! bahawa matahari kita sekarang dah menghadap ke barat disebabkan tsunami,matahari dah terbit dari barat di planet marikh dan bulan 10/2006 akan berlaku 2 gerhana (bulan dan matahari) 1 petanda kiamat tiba,jika berlaku zaman ini maka kita adalah umat yang paling dimurkai Allah s.w.t,sejauh mana kebenarannya hanya Allah s.w.t yang tahu..tapi sebagai orang islam.. beringatlah… sebarkanlah biar orang lain juga beringat.. katakan ini dengan jelas ,Ya Allah saya mencintai-MU dan memerlukan-MU, datang dan terangilah hati kami sekarang…!!!” kirim ke 10 orang lihat keajaiban malam ini tolong jgn di hapus ini benar2 terjadi … wallahu’alam

Nah bagi anda yg sudah kritis tentunya tidak serta merta mengirimkan ke temen lain kan. Lah kalau semua mengirim 10 kali nanti lalulintas imil jadi macet donk !

epicycle-move.gif Bumi, Bulan, planet Mars dan semua bintang-bintang ini berputar-putar berrevolusi dan berotasi. Nah kita bisa melihat dengan dua cara yaitu cara jadul yaitu dengan teori atau dengan caranya Pteolomeus, yaitu bumi sebagai pusat tatasurya, sedangkan bulan, bintang serta matahari dan planet-planet lain mengelilingi bumi. Yang kedua dengan cara matahari sebagai pusat tatasurya kita. Tentunya mataharipun akan berkeliling berputar-putar mengelilingi ‘sesuatu’ yang lain.
Kalau bumi dianggap sebagai tata surya dan pengamatan dilakukan di bumi, maka akan terjadi hal yg disebut sebagai retrogate motion, atau perputaran terbalik karena pengamatan. Pengamatan di bumi ini yg menimbulkan adanya ‘penampakan’ retrogate motion. Atau perputaran terbalik. Perputaran ini tentunya merupakan gerak semu, bukan gerak absolutnya.
copernican-move.gifSeandainya matahari dipakai sebagai referensi titik pusat maka penampakan terbitnya matahari di Mars akan nampak seperti pada gambar disamping itu. Jadi ada kalanya memang nampak bahwa sepertinya matahari akan terbit dari sebelah barat , itu kalau diamati antara mars dengan matahari dari bumi. Tetapi kalau anda tinggal duduk-duduk nyantai di Mars pada pagi hari, maka disana matahari juga tetep aja terbit dari timur (eh barat timurnya mars dimana ya ? … yang jelas terbit seperti biasa saja lah. Tidak ada perubahan rotasi Planet mars, juga tidak ada perubahan terbitnya matahari dari barat di Bumi.

Jadi jangan kuatir akan kiamat. Kiamat masih lama, ayo kerja lagi, belajar lagi. Supaya tdak termakan issue yg menyesatkan. Tuhan masih memberikan waktu kepada kita untuk beribadah, bekerja dan belajar. Jangan takut !

(This animated gif was obtained from Dr. Stephen J. Daunt’s Astronomy 161 web site at The University of Tennesee, Knoxville.)

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...