GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Terpecahkan Misteri 140 Tahun Surat Livingstone

Written By Situs Baginda Ery (New) on Senin, 05 Juli 2010 | 21.50


(cbsnews.com)

INILAH.COM, Jakarta - Surat panjang penjelajah terkenal abad ke-19 David Livingstone akhirnya berhasil diuraikan sebuah universitas di Inggris. Misteri itu terpecahkan hampir 140 tahun.

Para peneliti mengatakan bahwa surat - yang membutuhkan teknik pencitraan seni tinggi untuk menguraikan - mengungkapkan keraguan dirinya sebagai penjelajah misionaris di salah satu masa tergelap.

"Saya sangat terkesima tapi ini hanya untuk Anda sendiri," tulis Livingstone ke teman dekatnya Horace Waller dalam korespondensi yang baru terungkap. "Diragukan apakah aku masih hidup untuk bertemu lagi."

Livingstone adalah seorang pahlawan nasional ketika ia berangkat untuk menemukan sumber Sungai Nil pada tahun 1866, tetapi pada saat itu ia menyusun surat empat halaman berada di titik terendah dalam kehidupan profesionalnya, menurut Debbie Harrison, seorang peneliti di Birkbeck University of London.

Penjelajah itu terjebak di desa Bambarre, di Kongo bulan Februari 1871. Dia jauh dari tujuan dengan sebagian besar tim ekspedisi meninggal atau meninggalkannya, dan dia makin menderita akibat pneumonia, demam, dan pemakan borok tropis

Ia terbaring di tempat tidur selama berminggu-minggu, dan membaca Alkitab beberapa kali dan mulai berhalusinasi.

"Dia mulai agak gila, jujur saja," kata Harrison.

Sementara pendukungnya di tempat asal khawatir Livingstone, tak seorang pun pernah mendengar nasibnya dan tim pencari berangkat ke pedalaman untuk menemukannya.

Dia akhirnya ditemukan dekat pantai timur Danau Tanganyika oleh wartawan Henry Morton Stanley.

Tapi Livingstone menolak meninggalkan Afrika, melanjutkan pencarian sumber sungai terpanjang. Dia akhirnya menyerah pada penyakit pada Mei 1873, di Chitambo di tempat sekarang Zambia.

Tidak jelas bagaimana surat Livingstone meninggalkan benua itu, meskipun mungkin Stanley membawanya kembali ke Waller. Dokumen tersebut menghilang selama hampir satu abad sebelum muncul lagi di lelang pada tahun 1966.

Pada saat itu tak bisa diuraikan. Karena kehabisan kertas dan tinta, Livingstone merobek halaman dari buku dan surat kabar dan menulis dengan improvisasi dari biji berry lokal. Satu abad kemudian, selain tinta hampir memudar masalah diperparah oleh kertas rapuh dan tulisan tangan Livingstone yang kacau.

Sebuah tim ilmuwan dan akademisi - termasuk spesialis spektrum imaging dari Amerika Serikat menganalisis kertas rapuh itu dengan hati-hati dan menggali teks asli Livingstone.

"Ini kesempatan untuk menulis ulang sejarah," kata Harrison Birkbeck, yang mengumumkan temuan itu.

"Ini memberikan kami sebuah cara baru dalam memandang Livingstone. Dia tertekan, dia pikir akan gagal, tapi dia tidak pernah menyerah."[ito]

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...