GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Misteri Artefak Kuno Disk Phaistos

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 06 Juli 2010 | 22.50

Disk dari Phaistos adalah contoh yang paling penting dari tulisan hieroglif dari Kreta dan ditemukan pada tahun 1903 di sebuah ruangan kecil di dekat dari ruang arsip,di sebelah utara bagian timur apartemen istana, bersama-sama dengan tablet A Linear dan tembikar tanggal awal periode Neo-megah (1700 – 1600 SM).


Lokasi yang tepat dari Phaistos pertama ditemukan pada pertengahan abad ke-19 oleh Admiral Spratt Inggris, sedangkan penyelidikan arkeologi istana dimulai pada tahun 1884 oleh orang Italia Halbherr F. dan A. Taramelli. Setelah deklarasi Negara Kreta pada 1898, penggalian dilakukan oleh F. Halbherr dan L. Pernier pada 1900-1904 dan kemudian, pada 1950-1971, oleh Doro Levi, di bawah naungan Sekolah Arkeologi Italia di Athena.
Meskipun banyak prasasti yang ditemukan oleh para arkeolog, semua merupakan kode Linear yang masih kabur, dan kita semua tahu tentang situs tersebut, bahkan namanya didasarkan oleh para penulis kuno dan temuan dari Knossos.


Menurut mitologi, Phaistos adalah kursi Radamanthis raja, saudara raja Minos. Itu juga kota yang melahirkan orang bijak besar dan Epimenidis, sang peramal yang merupakan salah satu dari tujuh orang bijaksana di dunia kuno. Penggalian oleh arkeolog dan telah menggali reruntuhan zaman Neolitik (3,000 SM).

Selama zaman Minoan, Phaistos adalah kota yang sangat penting bagi negara. Puncak kekuasaannya, membentang dari Lithinon sampai Psychion dan termasuk pulau-pulau Paximadia. Kota ini turut perang Trojan dan kemudian menjadi salah satu negara bagian kota terpenting periode Dorian. Phaistos terus berkembang selama zaman kuno, Klasik dan Helenistik. Akhirnya dihancurkan oleh Gortynians selama abad ke-3 SM. Disamping itu, Phaistos terus ada selama periode Kekaisaran Romawi Kuno. Phaistos memiliki dua pelabuhan, Matala dan Kommos.


Sejak tahun 1900, penggalian arkeologi terus menerus dari Sekolah Arkeologi Italia, dan dibawa ke istana megah Minoan, Phaistos sebagai pengadilan kerajaan yang hebat, tangga besar, teater, gudang dan disk Phaistos yang terkenal. Istana pertama dibangun di tahun 2.000 sebelum Masehi. Istana ini dihancurkan di 1,700 sebelum Masehi oleh gempa bumi. Dibangun lagi, lebih mewah dan megah dan dihancurkan lagi, mungkin oleh gempa lain, pada 1,400 SM Lokasi istana dengan hati-hati dipilih, sehingga tidak hanya benar-benar untuk mengontrol lembah Messara, tapi juga menawarkan panorama daerah sekitarnya dengan desa-desa tersebar, seperti di kaki pegunungan Psiloritis dan Asterousia.

Istana ini didominasi dan dikendalikan lembah Messara dan itu adalah pusat kota. Itu adalah pusat administrasi dan ekonomi daerah tersebut. Barang yang bukan untuk dikonsumsi tapi terutama untuk perdagangan disimpan di gudang yang besar. Istana dikelilingi oleh rumah-rumah mewah dan masyarakat perkotaan yang penuh sesak. Seiring dengan permukiman sekitarnya meliputi area seluas 18,000 meter persegi. Sebuah jalan beraspal mengarah ke reruntuhan vila Kerajaan Minoan Agia Triada, 3 km barat Phaistos.

Kedua permukaan disk tanah liat ini ditutup dengan hieroglif diatur dalam zona spiral, terkesan pada tanah liat ketika lembab. Tanda-tanda membentuk kelompok dibagi satu sama lain dengan garis-garis vertikal, dan masing-masing kelompok harus mewakili kata. Empat puluh lima jenis yang berbeda dari tanda-tanda telah dibedakan, yang sedikit dapat diidentifikasi dengan hieroglif digunakan pada periode Proto-istana.


Beberapa urutan hieroglif terulang seperti refrain, menggambarkan himne keagamaan, dan Pernier menganggap isi teks sebagai ritual. Lainnya mengusulkan bahwa teks itu adalah daftar tentara, dan akhir-akhir ini Davis menafsirkan sebagai dokumen dalam bahasa Hittic di mana seorang raja membahas pendirian Istana Phaistos.

Dalam abad Ugarit dengan melihat Linear B, , dan sistem ortografi lainnya. Disk diduga berasal dari sekitar 1700 SM. Ini adalah disk tanah liat berbentuk agak bundar, dengan simbol dicap ke dalamnya. Teks yang terdiri dari 61 kata, 16 dari yang disertai dengan “slash” misterius.

Ada 45 simbol yang berbeda terjadi 241 kali. Simbol yang menggambarkan objek dikenali seperti sosok manusia dan bagian-bagian tubuh, binatang, senjata, dan tanaman. Karena teks disk sangat pendek, penguraian dengan teknik statistik kriptografi yang digunakan oleh Michael Ventris di Linear B adalah mustahil. Akhir tahun lalu, Dr Keith A.J. Massey dan saudarakembarnya Rev Kevin Massey-Gillespie menemukan rahasia yang mereka percaya memberikan kunci Disk Phaistos.


Sistem penulisan kuno lainnya menyediakan kunci untuk membaca Disk Phaistos.
Di Byblos Lebanon modern, budaya maju berkembang selama berabad-abad. Ada banyak tanda kontak antara Kreta Kuno dan Byblos, termasuk tanda-tanda pinjaman ortografi seperti yang ditunjukkan oleh Victor Kenna dalam “The Seal Stamp, Byblos 6593″ Kadmos 9 (pp 93-96) 1970. Lebih lanjut, contoh script A yang belum dapat dijelaskan baru saja ditemukan di Turki, memberikan bukti hubungan ortografi antara Creta dan Asia Kecil.

Skrip Proto-Byblic digunakan di bagian awal milenium 2 SM, waktu kontemporer dengan tanggal seharusnya dari Disk Phaistos. Bahasa yang mendasari naskah Proto-Byblic adalah Semit. Ini adalah script linier yang menampilkan banyak objek yang dapat diidentifikasi, seperti senjata, sosok manusia, dan bagian tubuh. Skrip Proto-Byblic, oleh katalog Maurice Dunand di tahun 1940-an mempunyai kemiripan yang mencolok dengan simbol-simbol Disk Phaistos.


Kesamaan dari satu karakter Proto-Byblic ke sebuah simbol Phaistos telah dicatat oleh Dunand dalam bukunya Byblia Grammata, Beyrouth, 1945. Dunand tidak mengejar observasi tentang kesamaan, namun script Proto-Byblic yang ditunjukkan oleh si kembar Massey sebagai suatu sistem ejaan berhubungan erat dengan Disk Phaistos. Eduard Dhorme, salah satu uraian dari orang Het, menerbitkan nilai konsonan pertama untuk skrip Proto-Byblic di SYRIA XXV 1946 di sebuah artikel, “Dechiffrement des Prasasti Pseudo-Hieroglyphicques de Byblos.” Perbandingan nilai-nilai ini dengan lambang Disk Phaistos, konsonan dihasilkan dengan jumlah yang mengejutkan dari penulisan pada disk.

Perlu dicatat di sini bahwa semua usaha-usaha sebelumnya untuk memecahkan Disk Phaistos telah diusahakan secara subjektif, memberikan nilai-nilai fonetik ke karakter tanpa kriteria objektif benar. Hal ini karena upaya pertama tentang disk ini adalah penentuan tujuan. Ketika nilai-nilai konsonan diperiksa, unsur-unsur bahasa Hellenic muncul dalam teks disk. Para ahli tidak pernah tahu apa makna signifikan sebuah “slash” misterius di 16 dari kata-kata Phaistos Disk. Kami melihat, berdasarkan nilai-nilai kita, bahwa masing-masing 16 kata-kata yang menghitung angka komoditas pada disk, mirip dengan mayoritas teks Linear B.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...