GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

vampire: hanya mitoskah?

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 27 Juni 2010 | 14.46

Sampai sekarang pun, aku masih penasaran banget. Vampir itu ada gak sih? Tapi, menurut sumber2 di dunia maya, banyak yang bilang vampir itu ada, bukan cuman sekedar mitos. Bahkan jenisnya macem2. Dari yang tradisional sampe yang modern (ckck). Mulai dari definisi vampir :

VAMPIRE

Vampir adalah makhluk yang membutuhkan makan untuk hidup, layaknya manusia. Bedanya, umumnya mereka memakan darah, entah mereka sudah menjadi mayat atau masih hidup. Walaupun vampir ini telah dicatat dalam banyak kebudayaan, menurut spekulasi oleh sejarawan sastra Brian Frost, setan pengisap darah vampir itu sudah setua manusia itu sendiri, dan bisa kembali ke zaman prasejarah.

Istilah vampir tidak dipopulerkan sampai awal abad 18. Masuknya takhayul vampir ke Eropa Barat berawal dari daerah legenda vampir sering terjadi di Balkan dan Eropa Timur, walaupun varian lokal juga dikenal dengan nama berbeda, seperti vampir (вампир) di Serbia dan Bulgaria, vrykolakas di Yunani dan strigoi di Rumania. Takhayul itu pun menyebabkan anggapan berbeda terhadap orang-orang yang dituduh sebagai vampir.

di Serbia dan Bulgaria

di Serbia dan Bulgaria

di  Yunani

di Yunani

di Rumania

di Rumania

Vampire Folkloric

Vampire Folkloric

Vampir folkloric dari Balkan dan Eropa Timur yang memiliki berbagai macam penampilan, mulai dari hampir manusia hingga mayat membusuk dan membengkak merupakan keberhasilan John Polidori’s 1819 The Vampyre yang membentuk vampir karismatik dan fiksi yang canggih sebagai salah satu karya cerita vampir yang berpengaruh dari awal abad ke-19.

Yang ada dala pikiranku: Kalo yang menakutkan seperti yang di film2 hanya sebuah karya fiksi, bentuk asli vampir itu gimana? Ayo disimak lagi ;)

Ternyata, sama halnya dalam karangan fiksi, vampir adalah makhluk berbentuk sama layaknya manusia, entah vampir itu vampir dari orang hidup atau vampir mayat.

Dalam sejarah 4.000 tahun yang lalu, penduduk Assyiria dan Babylonia kuno sudah mengenal figur dewi iblis bernama Lamastu yang sangat ditakuti. Dewi ini dipercaya memangsa manusia, menghisap darah dan menyebarkan penyakit.

Dalam kebudayaan Yahudi, dikenal figur yang disebut Lilith yang dipercaya sebagai Vampire pertama yang ada di dunia. Ia digambarkan sebagai seorang wanita iblis yang suka datang pada malam hari untuk mencuri bayi atau janin yang masih dalam kandungan. Kisah Lilith kemungkinan memang terinspirasi dari Lamastu mengingat kaum Yahudi pernah dibuang ke Babylonia ribuan tahun yang lalu.

LILITH

Di Rusia, Romania, dan negara daerah Balkan, ada kepercayaan yang (mungkin) tidak terbantahkan jika roh manusia tidak benar benar meninggalkan mayatnya hingga hari ke 40 setelah kematiannya. Dalam beberapa kasus, sampai tahunan mayat tidak akan membusuk dalam proses itu. Di Romania, kuburan anak akan di gali lagi setelah 3 tahun kematian, dan 4 tahun untuk orang dewasa, dan 7 tahun untuk manula. Tujuan penggalian itu adalah untuk memastikan apakah mayat sudah membusuk atau tidak. Jika tidak membusuk, maka mayat itu akan di anggap sebagai vampire. Jika mayat sudah jadi tulang belulang, maka itu pertanda roh nya sudah masuk ke alam baka, tulang belulang akan di cuci ulang dengan air dan anggur, lalu di balut kain kafan, upacara di lakukan dan tulang itu di kubur ulang.

Di Bukovina dan sekitarnya, selama tahun 1919 – 1920 terjadi perburuan seperti itu pula, buka kuburan dan kubur ulang. Selain itu juga ada kemungkinan yg mereka percayai, dimana roh akan bergabung kembali dengan mayatnya dan berjalan di dunia sebagai vampire. Ini bisa terjadi jika roh itu membuat perjanjian dengan setan. Jadi vampire adalah roh yg memutuskan kembali ke dunia dengan memakai mayatnya sendiri sebagai media.

Tetapi kita lebih mengenal figur Vampire yang terkenal seperti Dracula. Vampire jenis ini, seperti yang di film2 kebanyakan dipengaruhi oleh vampire versi Eropa 4.000 tahun yang lalu itu.

WARLOCK

Ada vampire jenis lain, namanya warlock. Muncul hanya pada saat gerhana bulan. Ciri ciri vampire adalah :

  1. Harta, keluarganya, persediaan panennya, dan hasil bumi dan ternak desa setempat, akan menurun drastis (mati) dengan cepat.
  2. Vampir akan mendatangi keluarganya di malam hari, makan apa yang di suguhkan di meja makan, membantu pekerjaan rumah, dll. Vampir wanita juga mendatangi anak anak mereka yang masih hidup. Vampir Hungaria adalah yang terkuat di antara lainnya, karena mereka tidak bisa di usir walau dengan air suci dan pendeta sekalipun.
  3. Walau pastur sudah membaca doa di kuburan dan kejahatan di desa bersangkutan tak juga surut, itu pertanda ada vampire di antara mereka.
  4. Jika ada lubang seperti sarang ular di dekat kuburan orang mati, maka itu pertanda yang di kubur adalah vampir, karena vampir bisa keluar masuk dari lubang seperti itu.
  5. Kuda putih tidak berani melangkahi kuburan si vampir, walau di siang bolong sekalipun. Kuda itu hanya akan terdiam dan meringkik ketakutan atau membuang nafas nya besar-besar seperti bersin. Demikian pula angsa.
  6. Kala kuburan di gali dan di temukan ciri mayat seperti berikut ini, maka mayat itu adalah vampire: wajahnya merah walau sudah di kubur bulanan hingga tahunan, wajah menghadap ke tanah, kedua kakinya terkunci pada ujung sisi peti mayat atau kuburannya, dan jika ada saudaranya yang baru meninggal, maka mulutnya akan penuh darah

Di abad 17 dan 18, histori vampire pernah terjadi di Eropa. Banyak penduduk Eropa yang melaporkan melihat keluarga mereka yang telah meninggal hidup kembali dan berjalan di pedesaan serta menyerang penduduk lainnya. Histori ini kemudian menyebabkan pemerintah turun tangan. Mereka membongkar kuburan tersangka vampire, menusuk dada mayat itu dengan batang kayu tajam dan membakar mayat tersebut. Ketakutan akan vampire menyebar ke seluruh Eropa.

Drakula

Drakula

Tentang Drakula, vampire yang selama ini kita kenal di film2. Menurut hikayat, ia tidak bisa di bunuh dengan tongkat kayu tajam. Hanya anak buah vampir saja yg mati oleh tusuk kayu. Drakula juga mampu menyeberang ke tempat lain dengan merubah dirinya menjadi kabut menembus dinding. Drakula tetap tampak ketika di depan cermin. Kemampuan Vlad si drakula (tapi tidak anak buahnya/vampir lainnya) berjalan di siang hari itu di konfirmasi kebenarannya oleh hikayat. Dengan berjalan di siang hari, drakula tidak bisa memakai seluruh kekuatannya (berubah jadi kabut atau kelelawar), tapi masih cukup kuat dan cepat untuk melawan para musuh musuhnya. Ini juga di benarkan oleh hikayat setempat.

Tidak seperti sosok iblis lainnya yg di gambarkan barbar dan penuh darah, drakula punya 2 kepribadian, di satu sisi ia bisa menjadi sangat berkelas bak bangsawan, lengkap dengan puri indah, kemewahan, musik klasik, dan semua yg bernilai seni tinggi. Tapi di sisi lain, ia adalah sosok yg sangat mengerikan, jauh lebih mengerikan dari sosok iblis lainnya, karena drakula di posisikan langsung berseberangan dengan Maha Pencipta itu sendiri. Ini berbeda dengan sosok iblis lainnya, yg menjadi iblis karena kondisi memaksa mereka jadi begitu (misalnya perbuatan jahat di masa mereka masih hidup, dll). Drakula dengan kesadaran sendiri memisahkan diri dari Tuhan dan memutuskan melawan Penciptanya sendiri. Drakula pun diidentikkan sebagai ‘Tuhannya Neraka’.

Biasanya, mitos muncul karena ada fakta misteri. Apa fakta misteri yang membuat Vampir yang sangat ditakuti perlu ditanyakan kebenarannya?

Di sumber yang aku temukan, terdapat sebuah fakta aneh yang sampai sekarang masih belum diketahui kebenarannya. Rekayasa, mengada-ada, atau fakta?

BUKTI PERTAMA

Seorang antropolog dari universitas Florence bernama Matteo Borini menemukan sebuah tengkorak perempuan dengan batu-bata yang ditancapkan di mulutnya secara paksa, di sebuah kuburan masal di pulau Lazzaretto Nuovo, dekat Venice, Italia. Kuburan itu digunakan untuk mengubur para korban Black Death yang terjadi pada tahun 1576, yaitu wabah penyakit yang menyerang Italia dan memakan korban sekitar 150.000 nyawa.

Penemuan yang luar biasa ini menunjukkan bagaimana masyarakat abad pertengahan memiliki pandangan mereka sendiri tentang takhayul yang menyangkut vampir penghisap darah.

Kain kafan yang digunakan untuk menutupi wajah mayat umumnya menjadi lapuk karena bakteri yang keluar dari mulut mayat dan akhirnya menunjukkan gigi-gigi mayat. Namun proses ini disalahartikan oleh masyarakat abad pertengahan. Hal ini diindikasikan dengan adanya manuskrip kuno abad pertengahan yang menyatakan bahwa mayat mendapatkan kembali kehidupan dengan memakan kain kafan dan menghirup sisa-sisa kehidupan dari mayat yang lain hingga mereka mendapat cukup kekuatan untuk kembali bangkit dari kematian. Karena itu pada abad pertengahan vampire dikenal juga dengan sebutan ‘pemakan kafan’

“Untuk membunuh Vampire tersebut, anda harus menyingkirkan kafan itu dari mulutnya dan kemudian menaruh sesuatu yang tidak bisa dimakan sebagai gantinya. Karena itu batu bata lah yang digunakan” Kata Mr Borrini. “Ada kemungkinan mayat lain juga memiliki batu bata seperti ini di mulutnya, namun inilah tengkorak pertama yang kita temukan dalam kondisi seperti ini.” lanjutnya.

Kepercayaan masyarakat abad pertengahan terhadap vampir berkembang saat proses pembusukan mayat belum begitu dipahami. Cairan mayat saat itu mungkin salah dipahami sebagai cairan bekas gigitan vampir. Kuburan massal tersebut ‘mungkin’ sering dibuka tutup karena korban wabah yang terus berjatuhan. Mayat wanita tersebut mungkin telah mengeluarkan cairan sehingga dikira vampir sehingga mulutnya disumpal batu bata.

BUKTI KEDUA

Makam seorang wanita yang ditemukan pada tahun 1966 di Celakovice, 10 kilometer (enam mil) timur laut dari Praha. Di sana, archaeologists terungkap 14 skeletons dating dari abad 10. Mulutnya yang telah diisi dengan batu dan pasir, dengan kepala dikeluarkan dari badan.

BUKTI KETIGA

Agustus 2009 akhir, di dekat sebuah sumur-Moravian kota Olomouc menjadi sebuah awal abad kubur. Lagi-lagi, ia adalah seorang wanita. Tubuhnya telah dikuburkan bawah wajah, lengan dan kaki itu diikat bersama-sama. Berbeda dengan sisa skeletons ditemukan di lapangan, perempuan terletak dari utara ke selatan. Ini adalah jenis penanganan untuk yang terkutuk: Kristen dari periode selalu dikuburkan mereka mati dalam posisi timur-barat.

BUKTI KEEMPAT

Pada tahun yang sama, arkeolog menghentam darah lagi di Moravia. Dua pria dewasa yang dikuburkan dengan beberapa anak-anak. Para anggota badan dari laki-laki terpisah dari tubuh mereka, dan tulang dari bayi juga berantakan.

Yang ingin mencoba merasakan menjadi vampir (wkwk), silahkan klik http://www.vampiretemple.com/

Artikel ini ditulis bukan untuk menuntut para pembaca untuk mempercayainya. So, up to your thougth ;)

(Sumber: http://xfile-enigma.blogspot.com/ http://wikipedia.org/ http://www.kompas.com/

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...