GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Misteri Letusan Dahsyat Abad Ketiga Belas: Misteri letusan dahsyat abad ke-13 di Lombok

Written By Situs Baginda Ery (New) on Kamis, 31 Oktober 2013 | 19.38

segara anak 



Danau Segara Anak di Lombok, NTB, diyakini sebagai sisa dari struktur awal Gunung Samalas. 

by: http://www.bbc.co.uk/indonesia/majalah/2013/10/131001_iptek_letusan_samala.shtml
Ilmuwan internasional menyimpulkan bahwa mereka berhasil menemukan gunung api yang bertanggung jawab atas letusan besar yang terjadi di abad ke-13.
Misteri letusan yang terjadi pada tahun 1257 itu masih menyisakan sisa abu kimia yang terdapat di Arktik Kutub Utara dan Antartika.
Catatan sejarah zaman pertengahan Eropa menulis bahwa kawasan tersebut pada saat itu mengalami pendinginan mendadak, dan mengalami kegagalan panen akibat letusan.
Dalam jurnal ilmiah PNAS, sebuah tim internasional menunjuk Gunung Samalas di Pulau Lombok, Indonesia sebagai sumber letusan besar tersebut.
Yang sedikit tersisa dari struktur awal gunung purba ini adalah kawah besar yang kini lebih dikenal dengan nama Danau Segara Anak.
Dalam penelitiannya tim ini menemukan kemiripan kadar belerang dan debu jejak es di kutub dengan balutan data yang dikumpulkan di wilayah Lombok itu sendiri, termasuk tanggal radiokarbon, jenis dan penyebaran batuan dan abu yang dikeluarkan, rangkaian pohon.
Penelitian ini juga menelusuri sejarah lokal yang menceritakan tentang kejatuhan Kerajaan Lombok di satu waktu pada abad ke-13.
"Buktinya sangat kuat dan menarik," kata Profesor Clive Oppenheimer, dari Universitas Cambridge, Inggris, kepada BBC.
Rekannya, Prof Franck Lavigne, dari Universitas Pantheon-Sorbonne, Prancis, menambahkan, "Kami melakukan penelitian mirip seperti investigasi kriminalitas."
"Kami tidak mengetahui pelakunya di awal, tetapi kami memiliki waktu pembunuhan dan jejak dari geokimia dari dalam dasar es, dan itu membuat kami bisa menelusuri kepada gunung api yang bertanggung jawab."

'Mengubah cuaca'

Letusan tahun 1257 beberapa kali dikaitkan dengan gunung di Meksiko, Ekuador dan Selandia Baru.
Tetapi kandidat dari negara ini gagal dalam pencocokan tanggal geokimia, dan hanya Samalas yang bisa "memenuhi semua persyaratan", kata para peneliti.
Tim yang melakukan penelitian di Lombok mengindikasikan bahwa lebih dari 40 kubik kilometer batu dan abu dimuntahkan dari gunung api ini, dan materi letusan membumbung ke udara dengan ketinggian mencapai 40km lebih.
Dengan muntahan yang sangat besar itu yang bisa membawa materi gunung api menyebar ke seluruh dunia dalam jumlah yang bisa dilihat di lapisan es Greenland dan Antartika.
Dampak bagi perubahan iklim juga sangat signifikan.
Sejarah zaman pertengahan menggambarkan cuaca sangat mengerikan berlangsung di musim panas 1258. Saat itu suhu anjlok menjadi sangat dingin dan hujan turun tak henti, menyebabkan bencana banjir.
Arkeolog baru-baru ini mencatat 1258 sebagai tahun untuk umur ribuan kerangka manusia yang ditemukan terkubur dalam kuburan massal di London.
"Kami tidak bisa memastikan dua peristiwa ini saling terkait tetapi populasi saat itu sangat depresi," kata Prof Lavigne kepada.
Dibandingkan dengan letusan dahsyat lainnya, para peneliti meyakini letusan Samalas diperkirakan sama besarnya dengan Krakatau di tahun 1883 dan Tambora di tahun 1815.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...