GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Cerita dr Hong Kong : Yum Cha, Minum Teh yang Mengenyangkan ( Sahabat, perlahan-lahan saya mulai berkenalan dengan budaya Kanton, atau Hong Kong )

Written By Situs Baginda Ery (New) on Senin, 28 Oktober 2013 | 22.04

by: http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2013/10/28/cerita-dr-hong-kong-yum-cha-minum-teh-yang-mengenyangkan-605645.html
Sahabat, perlahan-lahan saya mulai berkenalan dengan budaya Kanton, atau Hong Kong. Hal pertama yang saya dapat adalah mengenai budaya makan. Orang-orang Hong Kong sangat suka makan di luar/restauran. Maka setiap rumah makan akan sangat ramai pada jam-jam makan.
http://cauldronsandcupcakes.files.wordpress.com/2012/02/dim-sum.jpgAda banyak alasan yang bisa menjelaskan, tetapi alasan utamanya adalah rumah mereka terlalu sempit. Sehingga mereka memilih pergi ke rumah makan untuk bersantap bersama. Maka, pergi ke restauran bukanlah aktivitas yang istimewa, itu adalah sesuatu yang sangat biasa. Sungguh tidak mengherankan kalau kita selalu melihat restauran-restauran selalu penuh pada jam makan. Apalagi pada musim liburan, hampir sulit kita mendapatkan tempat duduk di rumah makan idaman.
Oh iya, saya hendak bercerita mengenai Yum Cha. Istilah ini sangat populer di mana saja. Entah kita yang tinggal di Indonesia atau yang ada di negara barat sekalipun. Dulu sewaktu saya tinggal di Melbourne, ungkapan Yum Cha juga sangat populer. Bahkan ungkapan Yum Cha sangat dekat dengan istilah ‘all you can eat’.
Ternyata artinya berbeda sama sekali. Yum Cha berarti minum teh. Tetapi mengapa acara Yum Cha bisa menjadi sangat menyenangkan? Karena teman minum teh adalah makanan berat. Biasanya kita menyebutnya Dim Sum. Ada berbagai macam Dim Sum. Ada sayuran, ikan/udang, ayam, sapi, babi, dll. Ada berpuluh-puluh macamnya. Kita bisa mencoba semua kalau kebetulan kita menyantapnya beramai-ramai.
Dim Sum ternyata memiliki arti yang sangat mendalam. Touch the heart. Karena begitu nikmatnya sehingga makanan itu sampai menyentuh hati terdalam. Bukan sekadar menyentuh rasa, tetapi sudah beyond taste. Wow itu sungguh luar biasa.
Ukuran dim sum yang sempurna biasanya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Orang barat mengatakannya bite size. Orang kampung saya mengatakan sak-emplok-an. Sehingga sekali sumpit, masukkan mulut, putar di sana, gigit, kunyah beberapa kali, dan telan. Itulah dim sum yang bite size.
Saya masih penasaran, mengapa acara makan-makan ini disebut Yum Cha. Yang prosesnya bisa lama sekali. Bahkan orang menggabung acara sarapan dan makan siang dalam Yum Cha. Tetapi orang Indonesia biasanya melakukannya pada jam sarapan saja. Orang Hong Kong melakukan Yum Cha menggabungkan sarapan dan makan siang. Orang barat menyebutnya brunch. Berasal dari kata breakfast dan lunch.
Setelah merenung, terutama karena kekenyangan, saya mulai paham mengapa acara makan-makan ini disebut Yum Cha, minum teh. Karena hanyateh-lah yang gratis. Kita bisa meminta teh sebanyak yang kita mau dan gratis. Ini cerita kedua saya dari Hong Kong.
Oh iya, kalua kebetulan kalian pergi ke Hong Kong, cobalah makan di pinggir kota, jangan di pusat-pusat kota. Bukan persoalan lebih murah, tetapi Anda akan merasakan suasan Hong Kong yang sebenarnya. Rumah makan yang memang dibuat untuk orang-orang Hong Kong sendiri, bukan untuk turis. Di sana kita akan merasakan suasana asli Hong Kong dan makanan yang asli juga. Selamat merayakan sumpah pemuda.
Hong Kong, 28/10/13

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...