Translate

ARTIKEL PILIHAN

Macam-Macam Perlombaan 17 Agustus ( Artikel ini disarankan untuk para penyelenggara atau panitia pengadaan lomba 17 Agustus )

Written By Situs Baginda Ery ( New ) on Minggu, 28 Juli 2013 | 18.18

http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2012/08/13448656001523670412.jpg
Banyak yang bilang kalau lomba 17 Agustus sama sekali gak ada kaitannya dengan perjuangan para pahlawan kita yang telah memperjuangkan kemerdekaan kita hingga akhirnya gugur dimedan perang. Tapi, menurut ane sangat gak bijaksana mengatakan itu semua. Karena apa? Karena kita patut untuk merayakan sebuah kemenangan, sebuah kemerdekaan, sebuah perjuangan yang akhirnya kita raih, dalam rangka mengenang jasa-jasa mereka.

Jika kita berkunjung ke Amerika pada tanggal 4 Juli, mungkin kita akan menyaksikan sebuah pesta kembang api, yang sangat mewah dan sangat mengagumkan sekali, untuk merayakan sebuah kemenangan mereka. Begitu pula dengan negara kita Indonesia yang tercinta ini, kita sedang merayakan sebuah kemenangan yang sangat didamba-dambakan dan dinanti-nantikan oleh para pendahulu kita, yaitu para pahlawan. Dan kita pun juga sedang berpesta untuk merayakan kemerdekaan kita, seperti negara-negara yang lainnya. Namun caranya berbeda.

Tapi TS sendiri merasa sepertinya perayaan terakhir kurang meriah, barangkali karena bersamaan dengan bulan suci Ramadhan. Tapi jangan salah TS juga seorang muslim, kita gak perlu mengorbankan puasa kita untuk lomba-lomba yang berat (yang bikin haus). Kan masih ada perlombaan ringan yang gak bikin puasa batal. Jangan malah memilih untuk tidak merayakannya. Tapi mungkin yang TS tulis disini gak semuanya, cuma lomba yang paling umum dan sering ada aja ya . Langsung aja ini dia lomba-lombanya.

1. Panjat Pinang

Lomba panjat pinang adalah lomba aneh yang sangat menyenangkan sekali. Dibuat dari pohon pinang yang tinggi dan dilumuri pelicin, dan diujung tiang tersebut di gantung bermacam-macam hadiah, mulai dari Tas, HP, TV, Makanan, hingga Sepeda. Lalu tiang tersebut di tanam di sebuah tanah berlumpur, biasannya orang indonesia menggunakan sawah sebagai medannya. Tapi kalo ditempat TS dilapangan

Cara Main:
Permainan ini dimainkan oleh banyak orang, tidak ditentukan jumlahnya. Namun biasanya permainan ini dibuat beberapa kelompok, dan diberi timernya. Setiap kelompok harus bisa memanjat hingga keujung tiang, untuk mendapatkan hadiah-hadiah yang bisa diraihnya, namun apabila sampai waktu yang ditentukan sang kelompok belum juga sampai diujung tiang, maka terpaksa, kelompok lain harus menggantikan perjuangannya. Berputar terus seperti itu, dan apabila semua kelompok telah menyerah, maka terpaksa semua kelompok harus bergotong royong untuk mengambil hadiah yang ada diujung tiang, dan hadiahnya dibagi rata.

2. Makan Kerupuk

Lomba yang satu ini pasti selalu ada dalam perayaan 17an (itu kalo di daerah TS lo). Gak tau kenapa selalu ada, tapi lomba ini memang sangat menyenangkan dan biasanya pesertanya anak-anak kecil. Tapi gak menutup kemungkinan kok kalo ente umur 19 tahun mau main ginian (kan malu lawannya banyakan anak kecil

Cara Main :
Main lomba ini gampang kok, tinggal makan kerupuk yang dah digantung. Tapi inget, jangan pake tangan ntar didiskualifikasi ente

3. Masukin Paku ke Dalam Botol

Permainan ini menurut ane cukup susah, karena harus menggunakan semua peralatan yang ada, kayak Botol, Paku dan Tali. Nah pertama-tama ente harus menali paku di tubuh ente, terus julurkan paku yang udah ente tali tadi dibelakang (maaf) pantat ente, masukin dah kedalam botol.

Cara Main :
Caranya adalah dengan memasukkan paku kedalam botol. Nah letak kesulitannya karena paku yang mau dimasukin itu digantungnya dibelakang (maaf) pantat kita. Nah kan jadi susah tuh ngeliat sama ngepasinnya.

4. Balap Karung

Perlombaan balap karung ini sebenernya cukup sederhana, kalian cuman harus melompat-lompat dengan cepat. Tapi lompatnya bukan dengan kaki bebas, tapi kakinya dipakein karung. Jadi ya rada-rada susah gimana ya? Tips dari TS kalo kalian main ini bayangin aja ada pocongk atau emak ente lagi marah atau apalah yang ente anggap serem lagi ngejar-ngejar dibelakang ente . ane jamin ente bakal menang .

Cara Main :
Pertama kalian memakai karung seperti make sarung, tapi gak dilipet2 kayak sarung. Pegang karungnya pake tangan biar gak melorot. Nah abis itu udah deh ente lompat-lompat secepetnya sampe garis finish.

5. Bakiak

Lomba bakiak di sini adalah bakiak beregu. Biasanya satu bakiak panjang untuk tiga orang. Ini adalah lomba adu cepat dengan tiap-tiap kelompok terdiri dari tiga orang yang berada dalam satu bakiak dan berjalan secepat mungkin untuk mencapai finish. Meski sederhana lomba ini tidaklah mudah. Bila salah langkah bisa terjatuh.

Cara Main :
3 peserta memakai satu bakiak secara bersamaan, lalu berjalan harus kompak. karena sandalnya satu. kalau yang satu melangkah yang satunya diam, bisa jatoh.

6. Kelereng

Lomba ini paling digemari anak-anak. Lomba ini adalah berlomba jalan cepat untuk mencapai finish dengan menggigit sendok yang di atasnya berisi sebutir kelereng. Bila kelereng jatuh berarti kalah. Bentuk kelereng yang bulat dan licin tentu membuat setiap peserta lomba ini harus berhati-hati saat berjalan.

Cara Main :
Gigit Sendol, trus taro kelereng diatas sendoknya. Nah ente jalan secepet-cepetnya deh ke garis finish. Tapi jangan sampe jatoh, kalo jatoh ente ngulang dari garis start lagi .

7. Tarik Tambang

Melombakan 2 kelompok yang terdiri dari beberapa orang, kedua kelompok itu saling tarik-menarik tali tambang sampai salah satu kelompok melewati batas/garis yang ada di tengah-tengah mereka. Kelompok yang melewati garis berarti kalah.

Cara Main : Tarik aja tambangnya susah amat

8. Hias Sepeda

Lomba ini umumnya diikuti oleh anak-anak. Mereka disuruh menghias sepeda sebagus dan semeriah mungkin untuk menarik perhatian juri. Biasanya yang dipilih juri jadi pemenang yang sepedanya meriah, mencolok, sama rada aneh.

Cara Main :
Hias sepeda sebagus-bagusnya untuk memenangkan lomba ini. biasanya setelah berkumpul peserta konvoi keliling komplek sambil dinilai oleh juri.
by: http://bang-bro.blogspot.com/2012/08/macam-macam-perlombaan-17an.html

Tambahan artikel: JENIS PERMAINAN UNTUK LOMBA 17 AGUSTUSAN, ACARA ULANG TAHUN ATAU FAMILY GATHERING

Usia 2-3 th :
  • Balapan memindahkan bola dari ember ke keranjang
  • Lomba mengumpulkan kertas yang disebar di arena, paling banyak yang menang.
  • Lomba makan kue.
Usia 4-6 th :
  • lomba memindahkan bendera dari satu botol ke botol yang lain.
  • lomba mewarnai
  • Lomba joget & jadi patung (kalau musik dimatikan harus jadi patung, yang gerak kalah)
  • Lomba makan kerupuk
  • Lomba memindahkan air dengan gelas
    Bahan/Alat :
    – Ember Plastik isi air (2 ember per peserta)
    – Mug Plastik (yang agak besar, ada pegangannya)
  • Lomba memindahkan bola ke Ember di atas kepala Ayahnya
    Bahan/Alat :
    – Ember Plastik (1 per peserta)
    – Bola Plastik warna-warni
  • Lomba Memakai Kemeja
    Bahan/Alat :
    – Kemeja Berkancing
  • Lomba Lepas-Pasang Sepatu
    Bahan/Alat :
    – Sepatu masing-masing
Usia 7-11 th :
  • Lomba memindahkan kelereng pakai sendok.
  • lomba balap karung
  • lomba bangkiak
  • lomba masukkan pensil yang diikat di pinggang ke dalam botol dengan tangan terikat.
  • lomba pasang puzzle
  • lomba cepat membuat mummi (pasangan dibungkus dengan kain perban)
Usia 12-15 th :
  • lomba giring bola pakai botol yang diikat di pinggang, jadi mukul bolanya tidak boleh pakai kaki atau tangan, harus pakai botol sampai ke seberang.
  • lomba memindahkan kacang kedele/atom pakai sumpit
  • lomba pecahkan kendi dengan mata tertutup.
  • lomba makan pisang dengan mata tertutup
  • lomba joget berpasangan (masing-masing bertolak punggung dan diantara punggung mereka dikasih balon, balonnya tidak boleh pecah/jatuh)
  • lomba ular naga, satu team 3 orang yang didepan memegang jarum dan yang dibelakang memakai buntut balon. Masing-masing team harus dapat memecahkan balon lawan. Jadi akan terjadi kejar mengejar untuk memecahkan balon lawan tapi juga harus menjaga buntut balonnya supaya tidak pecah, dimana ketiga peserta harus tetap bersatu dengan masing-masing tangan di pundak.
USIA 13 THN dst.
  • Permainan lawan team Ayah-ayah
  • Futsal,
  • Basket 1/2 lap
  • Tarik Tambang
  • bALAP KARUNG
  • sEPAK BOLA DENGAN MUSIK
  • SEPAK BOLA DENGAN BAJU WANITA
  • Lomba pukul bantal di atas sungai
KORAN INDONESIA SEHAT
Yudhasmara Publisher
Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Pusat
Phone : (021) 70081995 – 5703646
http://koranindonesiasehat.wordpress.com/

Copyright © 2009, Koran Indonesia Sehat Network Information Education Network. All rights reserved.


0 komentar:

Poskan Komentar

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

YANG TERBARU DARI BAGINDAERY

ARTIKEL PILIHAN

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...