GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Hari Ini, Google Doodle Peringati World Fair (SPECIALFULLVERSION)

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 01 Mei 2011 | 12.55

Jika kita membuka mesin pencari Google hari ini (1/5), maka akan tampak perubahan logo Google. Suasana pameran megah tampak jelas membentuk huruf-huruf Google.

Ya, hari ini, Google memperingati 160 tahun First World's Fair. World Expo dulu dikenal sebagai World Fair, adalah berbagai pameran publik besar yang diadakan di beberapa tempat di dunia. Pameran ini sejatinya berasal dari pameran nasional Prancis, tradisi yang kemudian memuncak pada Pameran Industri Prancis tahun 1844 yang diadakan di Paris.

Setelah Prancis, acara ini segera diikuti oleh pameran-pameran nasional di benua Eropa dan pada akhirnya London menjadi pameran internasional pertama yang diadakan pada 1 Mei 1851 dengan tema "Pameran Akbar Karya Industri Semua Bangsa".

Hingga kini, World Fair dinamakan World Expo sebagai kependekan dari Exposition dengan paviliun-paviliun tiap negara dan organisasi sebagai atraksi utama mereka. Negara-negara yang berpartisipasi memamerkan segala nilai nasional dan proposisi dalam beberapa aspek elemen masyarakat seperti seni, desain pendidikan, hubungan internasional, pariwisata dan baru-baru ini difokuskan pada merek internasional dan perdagangan. Biasanya diadakan 3 sampai 6 bulan. Sekarang, World Fair menjadi ajang terbesar di dunia setelah World Cup and Olympic.

Inilah World's Expo dari tahun ke tahun:

Istana Kristal, London (1851)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjncUf0IBF9WNiIjX0OaChPYxk6WYposb7ZrCda45HepFB1mmSggKj7_AQH0Hve2fLNSlKG48PQpgJcQj3h7XfkLlcONGsxdHasT7FlegEE7RWKFKzfUowqOo5OTtT_pByu7YCKmA-opogO/s1600/681px-Crystal_Palace_Centre_transept_%2526_north_tower_from_south_wing%25281%2529.jpg
Pameran pertama, "Great Exhibition of the Works of Industry of All Continents" diadakan pada tahun 1851 di Hyde Park, London. Negara-negara menampilkan inovasi mereka di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Penciptaan yang benar-benar menaungi segala sesuatu yang lain adalah
Crystal Palace, struktur rumah kaca seperti yang dibuat dari besi cor modular dan kaca yang menampung seluruh pameran.

Horsepower, Philadelphia (1876)

http://img.timeinc.net/time/photoessays/2010/world_fair/world_fair_02.jpg
Dalam memperingati ulang tahun 100 tahun berdirinya Amerika Serikat, American Centennial Exhibition adalah pameran pertama yang resmi diselenggarakan di Amerika Serikat. Di antara pameran yang menyita perhatian adalah mesin uap Corliss 1.500 tenaga kuda. Itu adalah pusat dari perayaan pembukaan, digambarkan di atas, selama masih berpaling pada saat itu Presiden Ulysses S. Grant.

La Tour Eiffel, Paris (1889)
http://www.emillie.net/lib/gallery/Tour_eiffel_nuit_jms.jpg
Seperti Philadelphia Expo 1876, Pameran Paris Universelle tahun 1889 diperingati saat signifikan dalam sejarah bangsa pribumi. Sebuah replika dari penjara terkenal adalah salah satu kenggulan pada pameran, namun pameran yang paling revolusioner adalah proyek kecil oleh insinyur Gustave Eiffel. dengan tinggi 324 m (1063 ft), apalagi kalau bukan La Tour Eiffel (menara Eiffel) adalah bangunan berdiri tertinggi di dunia.

Ferris' Wheel, Chicago (1893)
Walaupun Christopher Columbus tidak pernah menginjakkan kaki di Windy City, World's Columbian Exposition di Chicago diselenggarakan untuk memperingati 400 kedatangannya di dunia baru. Pameran ini terkenal karena menjadi debut Ferris Wheel (kincir ria). Dirancang dan dibangun oleh George Washington Gale Ferris Jr, roda ini memiliki tinggi 804 m (264 kaki) dan 36 gondola yang dapat menampung sampai dengan 60 orang setiap gondolanya.

Night Bright, San Francisco (1915)
http://www.bestourism.com/img/items/big/733/Toronto-in-Canada_Aerial-view_2906.jpg
Meskipun seolah-olah didedikasikan untuk penyelesaian Terusan Panama, Panama-Pacific International Exposition dianggap sebagai sesuatu yang jauh lebih meriah. Bagian yang tertinggi adalah Menara Permata, struktur 433-ft-tinggi (132 m) dihiasi dengan lebih dari 100.000 fragmen kaca Austria disebut nova permata. Dalam warna mulai dari kuning ke biru jernih, permata berkilauan di bawah sinar matahari pada siang hari dan diterangi oleh lampu sorot dan lampu sorot pada malam hari.

The World of Tomorrow, New York City (1939)
http://turanchox.com/wp-content/uploads/sky-captain-and-the-world-of-tomorrow-dvdrip-xutkuemre-1.jpg
Pameran Dunia tahun 1939-1940 di New York, yang diselenggarakan di Flushing Meadows-Corona Park di New York City, ditandai pergeseran dari tradisional menuju kemajuan teknologi dengan menampilkan sebuah pertukaran budaya antara bangsa-bangsa. Big Apple mengadopsi slogan "Dawn of a New Day" untuk pameran pertama. Di tengah dua struktur modernis dikenal sebagai Trylon dan Perisphere. Trylon mempunyai tinggi puncak 700 ft. (210 m), sedangkan Perisphere, digambarkan di atas, adalah sebuah bola raksasa dengan diameter 180 ft (55 m).

National Geometri, Montreal (1967)
http://museumpublicity.com/wp-content/uploads/2010/10/National-Gallery-of-Canada.jpg
Negara-negara yang memilih untuk berpartisipasi dalam World's Fair mendirikan paviliun yang mencirikan budaya bangsa dan cita-cita. Saat Pameran Internasional 1967 dan Universal di Montreal, arsitek Amerika dan futuris Buckminster Fuller dipilih untuk merancang paviliun AS. Karya yang dihasilkan adalah kubah geodesik Fuller 200-ft. (70 m).

Easterly An Affair, Osaka (1970)
Selama lebih dari 100 tahun, World's Fair diadakan secara eksklusif di negara-negara Barat - Amerika Serikat saja menjadi tuan rumah untuk urusan internasional selama 18 kali. Pada tahun 1970 Jepang mematahkan tren ini dengan menjadi tuan rumah pertama pameran akbar Asia's Fair di Osaka. Pameran itu penting untuk menyaring film Imax pertama kali serta menunjukkan awal ponsel-ponsel dan teknologi-levitasi magnetik. World'sFair yang diadakan di Suita, Osaka, Jepang antara 15 Maret hingga 13 September 1970. Tema pameran ini adalah "Progress and Harmony for Mankind." Pameran ini merupakan World's Fair pertama yang diadakan di Jepang. Sebanyak 77 negara menghadiri acara ini, dan dalam enam bulan, jumlah pengunjung mencapai 64.210.000 orang. Expo Jepang '70 sering disebut Ōsaka Banpaku. Seperti Olimpiade Musim Panas 1964, Expo '70 berhasil dan menjadi simbol perkembangan pesat Jepang pada tahun 1960-an.

Expo 2010, Shanghai (2010)
http://adadanmuhanda.files.wordpress.com/2010/02/shanghai_expo_2010_embt250608_1.jpg
Shanghai Expo 2010 akan menjadi World's Fair pertama diselenggarakan di China. Pameran ini akan di selenggarakan dari 1 Mei-31 Oktober, pameran ini diharapkan untuk menarik sekitar 70 juta pengunjung dari seluruh dunia. Seperti Olimpiade Beijing 2008 dimaksudkan untuk menunjukkan kembali Cina-munculnya ke panggung dunia, Shanghai World Expo akan digunakan untuk menandai mengembalikan kota ke depan perdagangan global dan budaya.

(opie, berbagai sumber,gambar ditambahkan oleh:eryevolutions)

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...