GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Setan Bercakar yang Kurang Sangar

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 26 Juni 2010 | 13.39



Judul : A Nightmare on Elm Street
Sutradara : Samuel Bayer
Pemain : Jackie Earle H Rooney Mara
Genre : Horor, Th riller
Produksi : New Line Cinema

Seorang gadis remaja bernama Nancy Holbrook (Rooney Mara) mulai merasa ada sesuatu yang aneh dan mengerikan saat para sahabatnya satu per satu tewas dengan cara mengenaskan. Yang aneh ialah mereka sedang bermimpi buruk lalu bunuh diri.

Dimulai saat Dean Russell yang menggorok lehernya sendiri di restoran tempat Nancy bekerja. Lalu Kris Fowles, kekasih Dean, yang meninggal di rumahnya saat sedang berduaan dengan mantan kekasihnya, Jesse Braun.

Jesse melihat Kris terbang melayang dalam tidurnya, lalu terempas dengan luka cabikan di tubuhnya. Hal itu membuat polisi menangkap pemuda itu atas tuduhan membunuh Kris. Jesse sendiri pun meninggal di sel penjara saat tertidur.

Satu hal yang mengaitkan semua kematian tak wajar itu adalah mereka semua mengaku bermimpi melihat seorang pria bertopi dengan baju bergaris memakai sarung tangan pisau di setiap ruas jarinya.

Wajahnya rusak meleleh bagai terbakar. Sosok itu juga dilihat Nancy dalam mimpi buruknya. Nancy lalu menghubungi Quentin Smith, temannya yang menyimpan rasa suka terhadap gadis itu. Quentin pun mengalami mimpi serupa.

Saat diselidiki, kedua remaja itu menemukan fakta bahwa mereka semua pernah satu sekolah saat taman kanak-kanak.

Ibu Nancy lalu menceritakan bahwa dulu saat mereka bersekolah, bocahbocah itu pernah dilecehkan oleh seorang tukang kebun sekolah bernama Freddy Krueger (Jackie Earle Haley).

Nancy dan Quentin pun beranggapan bahwa arwah penasaran Freddy yang meneror mereka dalam mimpi sehingga mereka pun takut tertidur dan bermimpi.

Saat Nancy bermimpi, gadis itu berhasil melawan dan merobek potongan bajunya. Mereka beranggapan bahwa bila hantu Freddy dapat dibawa ke dunia nyata, setan itu dapat dibunuh meskipun hal itu berarti Nancy harus tertidur dan bermimpi lagi menuju dunia Freddy, yakni dunia kematian.

Hanya Repetisi Tahun 2008, Michael Bay yang menjadi produser mengumumkan bahwa dia akan mendaur ulang kisah salah satu setan legendaris Hollywood itu.

Brad Fuller, salah seorang produser, mengatakan bahwa mereka mengikuti jejak daur ulang Friday the 13th yang menampilkan tokoh Jason Voorhess yang rilis tahun lalu.

Versi 2010 ini merupakan imajinasi ulang dari film pertama Freddy Krueger, yaitu A Nightmare on Elm Street, pada 1984. Bila dihitung, versi anyar ini menjadi sekuel kesembilan.

Dari semua sekuel itu, Wes Craven, sang pencipta karakter, hanya membesut dua seri dan menulis tiga film. Versi baru ini juga menjadi film panjang debut dari Samuel Bayer, sutradara yang sebelumnya dikenal sebagai pembesut video klip pemusik.

Salah satunya ialah Smell Like Teen Spirit dari band grunge asal Seattle, Nirvana. Jackie Earle Haley yang ngetop lewat antihero Rorschach dalam Watchmen (2009) serta baru saja muncul dalam Shutter Island terpilih memerankan setan mimpi bersarung tangan pisau itu menggantikan Robert Englund yang memerankan Freddy pada kedelapan seri.

Uniknya Jackie pernah ikut audisi sebagai pemeran Glen Lantz pada A Nightmare versi 1984. Sebuah peran yang justru jatuh pada teman yang mengantarnya.

Teman Jackie itu ialah Johnny Depp, yang menjadi film pertamanya. Karakter protagonis diberikan kepada Rooney Mara yang memerankan Nancy Holbrook.

Nama Nancy dipertahankan sebagai adaptasi lepas dari karakter Nancy Thompson yang dulu dimainkan oleh Heather Langenkamp.

Rooney dipasangkan dengan Kyle Gallner yang memerankan tokoh Quentin Smith. Anda mungkin mengenal Kyle dari perannya sebagai Bart Allen dalam serial Smallville serta dalam film The Haunting in Connecticut (2009).

Namun tampaknya, hasil remake itu kurang berhasil mengembuskan napas baru. Meski Bayer sangat pas menampilkan sinematografi yang bertema depresi dan fantasi dunia mimpi ala video-video klipnya, plot yang disodorkan tak berubah dan tak menyuguhkan sesuatu yang baru.

Jackie belum mampu menggantikan Englund yang sudah identik dan menyatu dalam karakter Freddy Krueger. Intonasi suara Krueger yang dibawakan Jackie belum lepas dari karakter Rorschach dan terdengar kurang mengerikan dan sangar.

Mungkin sudah saatnya sineas Hollywood mulai menciptakan cerita dan karakter baru yang berpotensi bakal dikenang dan melegenda layaknya tokoh-tokoh Freddy Krueger dan lain-lain.
ryb/L-1

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...