GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Sapi Dilarung ke Laut, Gara – Gara Disetubuhi Remaja

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 22 Juni 2010 | 23.56

http://www.beritabali.com/images/?sapi1.jpg

GOKILONLINE.com – Aksi remaja Bali, GA (18) yang menyetubuhi seekor sapi membuat heboh desa tempat tinggalnya. Bendesa adat pun melakukan ritual pembersihan desa hari ini, Jumat 11 Juni 2010.

Aksi penyimpang GA dilakukan Minggu 6 Juni 2010 lalu. Ia menyetubuhi seekor sapi di pinggir pantai Jembrana. Aksinya itu dipergoki salah satu warga.

Perbuatan GA dianggap telah menodai Desa Yeh Embang, Jembrana, sehingga hari ini, GA berikut sapi yang dikerjainya akan dilarung ke laut.

“Ritual ini wajib, tujuannya untuk membersihkan desa yang telah dinodai oleh anak tersebut,” jelas Ida Bagus Legawa, Bendesa Adat Desa Yeh Embang.

Selain ditenggelamkan kelaut dan diupacarai, GA juga harus membayar sanksi lain yakni membayar 2.000 keping uang kepeng (uang koin untuk upacara adat). Sementara Wayan Yasa si pemilik sapi akan mendapat ganti rugi Rp 5 juta karena rela sapinya ditenggelamkan ke laut.

Meski keduanya ditenggelamkan ke laut, namun beruntung GA tidak ditenggelamkan. Ritual menenggelamnya GA hanya sebatas simbolis saja untuk membuang aib pada dirinya.

“Anak ini hanya dimandikan di laut untuk membuang aib dan kotor akibat perbuatannya tersebut,” kata Legawa. [*]CPS:VN/GO

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...