GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Mesin Mimpi Indah

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 04 Juli 2010 | 01.36

Anda takut bermimpi buruk, atau ingin menciptakan mimpi indah yang tetap dapat diingat meskipun Anda sudah bangun di pagi hari? Tak perlu keajaiban atau sihir, karena kini Anda dapat memiliki mesin mimpi indah di rumah Anda, dan buatlah mimpi-mimpi menyenangkan, kapanpun dan dimanapun Anda tidur!

Apakah Anda masih berpikir bahwa mesin mimpi indah itu hanya khayalan? Nyatanya, mesin yang diberi nama "Yumemi Koubou" (mesin mimpi indah) betul-betul ada. Mesin ini dibuat oleh sebuah perusahaan mainan terkemuka di Jepang, Takara.

Tak perlu teknologi canggih dan keajaiban untuk membuat mesin ini, cukup ilmu pengetahuan seputar tubuh dan pikiran manusia, serta sedikit kreativitas. Demikian penuturan Prof. Eiko Matsuda dari Universitas Edogawa (Jepang), Fakultas Ilmu Budaya, jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan.

Menurut dia, seseorang akan dapat bermimpi indah pada saat tidur nyenyak. "Yang penting, singkirkan dulu kegelisahan sebelum tidur. Caranya, gunakan alat ini," tutur Matsuda seraya menunjuk mesin buatannya.


Tema Mimpi

Mula-mula, sebelum tidur, lihat-lihat berbagai gambar dan foto yang ditampilkan oleh alat tersebut. Ada banyak jenis gambar tersedia, tapi Anda hanya perlu melihat gambar yang sesuai dengan tema mimpi yang Anda inginkan.

Lakukan hal itu selama 5 menit agar Anda dapat mengingat baik-baik gambar yang Anda lihat sambil menyusun cerita pendek yang sesuai dengan tema mimpi Anda. Lalu, rekamlah suara Anda ke alat perekam yang tersedia, misalnya "ingin berwisata ke pantai," "ingin mengalahkan kelompok bajak laut," "ingin bertemu bidadari," dan sebagainya,

Jika sudah, tekanlah tombol Start dan tidur. Alat ini akan mulai mengeluarkan wangi-wangian yang berguna untuk relaksasi, sehingga badan lebih rileks dan pikiran makin melayang. Lalu, alat ini akan memainkan musik dengan beberapa tema pilihan, seperti asmara, keberanian, petualangan, dan sebagainya.

Menurut pembuatnya, volume dan warna musiknya telah diperhitungkan agar tidak mengganggu tidur. Sebaliknya, musik yang dimainkan justru akan membuat Anda makin terbuai.

Menurut perhitungan Takara, mimpi yang dicari biasanya terjadi pada saat badan telah melewati durasi tidur 8 jam. Pada waktu 6,5 jam telah berlalu dari saat mulai tidur, yaitu ketika pengguna diperkirakan menjelang masuk tidur yang paling nyenyak, perekam suara akan memperdengarkan apa yang telah direkam tadi dengan suara pelan, "Ingin berwisata ke pantai."

Saat tidur pun sebetulnya otak tetap bekerja, jadi walaupun dalam keadaan tak sadar, ucapan-ucapan tadi menjadi pemancing mimpi.

Menjelang waktu bangun tidur, seperti halnya alarm, alat ini pun mulai berbunyi. Tapi, suaranya berupa menjadi alunan musik lembut, disertai pancaran cahaya yang terlihat mirip sinar matahari selama 30 menit, dari redup hingga terang.

Sebelumnya memang pernah ada penelitian yang menunjukkan bahwa manusia merasa lebih segar bila bangun tidur karena cahaya bukan suara, terutama kalau proses bangun tidur itu terjadi secara bertahap dan tidak mendadak. "Nah, tujuan mesin mimpi indah adalah membangunkan dengan lembut, agar pengguna bangun dengan perasaan tenang dan senang," jelas Matsuda.

Selain itu, bila orang terbangun dengan mendadak karena berisik misalnya, biasanya mimpi yang dialaminya langsung "terbang ke luar jendela," alias lupa. Sebaiknya, ketika bangun tidur, kenangan indah tentang mimpi yang masih hangat-hangatnya itu dicatat, saran Matsuda. "Catatannya tak harus panjang, sekedar catatan saja akan membuat kita lebih mudah merangkai mimpi-mimpi selanjutnya," tambah Matsuda.

Takara mengakui, bagi orang dewasa zaman sekarang, mungkin waktu 8 jam untuk tidur nyenyak sangat sulit diperoleh. Jadi di hari-hari kerja, alat ini lebih cocok digunakan sebagai media agar tidur nyenyak dan bangun enak. Untuk menciptakan mimpi indah, sebaiknya gunakan alat ini pada hari libur atau akhir pekan.

Berapa harga untuk segala fasilitas di atas? 14.800 Yen atau sekitar Rp.1,3 juta. Tak heran, walau dijual di toko mainan dan toko serba ada, alat ini sebetulnya lebih ditujukan untuk orang yang sudah berpenghasilan sendiri.

Tak punya uang untuk membelinya? Pelajari saja kiat-kiatnya, lalu ganti dengan sarana yang ada. Untuk cara bangun pagi, musik, gambar, dan aroma terapi, semuanya dapat disiapkan sendiri. Hal yang paling penting adalah rileks dan konsentrasi.

sumber : detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...