GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Muhammadiyah Khilaf Fatwakan Rokok Haram

Written By Situs Baginda Ery (New) on Selasa, 15 Juni 2010 | 21.33

Ilustrasi perokok (foto: dok okezone)

KEDIRI - Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor yang juga Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul menilai Muhammadiyah telah melakukan kekhilafan terkait dikeluarkanya fatwa haram rokok.

Seharusnya, kata Gus Ipul, pimpinan Muhammadiyah mencermati semua hal yang menjadi latar belakang sebelum fatwa dibuat. Ia mencontohkan seperti ibadah salat yang bersifat sunah, tentunya tidak bisa diubah menjadi wajib.

"Dan kalau ditanggapi bisa terjadi perang fatwa," ujarnya disela kunjungannya menjenguk Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo Kediri KH Idris Marzuki yang tengah sakit Minggu 14 Maret dinihari. Eksistensi rokok sendiri memiliki ikatan yang erat dalam permasalahan sosial ekonomi negara dan masyarakat.

Dari cukai yang terjual, negara memperoleh kontribusi yang besar. Begitu juga ketika rokok dilarang dan pabrik tidak berproduksi, menurut Gus Ipul akan berekses buruk bagi dunia kerja. "Sebab memang keterkaitan dengan lapangan kerja erat sekali," paparnya.

Bagi Gus Ipul kurang pas sekiranya menyoroti persoalan rokok. Menurut dia, keberadaan kelompok sosial yang merokok dan tidak merokok, adalah sejajar. Keduanya sama-sama memliki hak untuk dihormati. "Dan kurang bijak, jika persoalan rokok sampai dimasukkan dalam hukum halal haram. Tidak perlu sampai dimasukkan dalam hukum halal haram," pungkasnya.

Dalam kunjunganya ke Ponpes Lirboyo, Gus Ipul datang bersama Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Kedatangan orang nomor satu dan dua di Jawa Timur ini murni dalam rangka mengunjungi KH Idris Marzuki atau Mbah Idris yang sekitar dua pekan dikabarkan sakit.

Menurut informasi santri senior Lirboyo Nabil Haroen, penyakit wasir Mbah Idris kambuh. "Selain itu juga ditambah diare. Namun kondisinya sudah membaik," ujarnya.
(Solichan Arif/Koran SI/ahm)

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...