GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

[INFO] Ternyata Belatung Bersihkan Luka Lebih Cepat!

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 13 Juni 2010 | 13.35

Menaruh belatung pemakan daging di dalam luka menganga mungkin bukan gagasan yang baik sama sekali, tapi hewan itu benar-benar membersihkan luka jauh lebih cepat dibandingkan dengan perawatan normal, meskipun itu tak mengarah kepada kesembuhan lebih cepat.

Hasil ujicoba klinik yang diawasi untuk pertama di dunia mengenai penggunaan belatung sebagai obat pekan lalu memperlihatkan bagi sebagian pasien, terapi itu juga lebih menyakitkan.

Menurut studi yang disiarkan di dalam British Medical Journal, kedengarannya gagasan itu mengerikan, karena belatung memiliki sejarah panjang dalam bidang pengobatan.

Ahli bedah pertempuran Napoleon sangat tertarik pada belatung, dan hewan tersebut dimanfaatkan selama Perang Saudara Amerika dan di dalam parit perlindungan dalam Perang Dunia I.

Yang paling belakangan, para ahli medis kembali telah berpaling kepada kemampuan penyembuhan hewan kecil itu, termasuk potensinya untuk mencegah infeksi berbahaya seperti “methicillin-resistant Staphylococcus ausreus (MRSA)”

Untuk mengetahui lebih banyak, para peneliti di University of York, Inggris, merekrut 267 pasien dengan borok yang berhubungan dengan urat darah halus di kaki dan merawat mereka dengan menggunakan belatung atau “hydrogel”, produk standard pembersih luka.

Mereka tak menyaksikan perbedaan mencolok dalam hasil atau biaya.

“Kelihatannya tidak layak untuk melanjutkan penelitian pada kelompok pasien khusus ini, jika apa yang anda tuju ialah kesembuhan yang lebih cepat,” kata peneliti Nicky Cullum dalam suatu wawancara telefon.

Belatung mungkin memiliki manfaat bagi beberapa bidang khusus, seperti menyiapkan pasien bagi operasi pemindahan kulit, kondisi pembersihan luka yang lebih cepat berarti pasien dapat dipindahkan ke ruang operasi lebih cepat pula. Namun, pengukuhan cara itu akan memerlukan studi klinik lebih lanjut.

Terapi dengan menggunakan belatung berhasil karena belatung hanya memakan jaringan yang mati dan membusuk, sehingga luka jadi bersih. Hewan itu tak menggali jauh ke dalam daging yang sehat, dan memilih untuk saling memangsa ketika mereka kehabisan makanan.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...