GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Tentang Korupsi: 1 Sebab Utama Seseorang Melakukan Korupsi

Written By Situs Baginda Ery (New) on Minggu, 06 Oktober 2013 | 15.22

by: http://hukum.kompasiana.com/2013/10/05/satu-sebab-utama-seseorang-melakukan-korupsi-597975.html
“Kesombongan adalah dosa favorit iblis”
Pemberitaan media yang marak mengulas tentang kejadian-kejadian penangkapan KPK atas tindak korupsi pejabat negara dan semakin hari semakin luar biasa, katakanlah seperti kasus yang baru-baru saja dipublikasikan diantaranya kasus dugaan grativikasi Rudi Rubiandini hingga Ketua MK, Akil Muchtar yang terkena dugaan penyuapan untuk pengarahan hasil putusan MK, dimana juga menyeret seorang Bupati di Kabupaten Gunung Mas dan juga terseret seorang  anggota DPRRI (legislatif), belum terhitung laporan dugaan korupsi yang masuk ke KPK mencapai lebih dari 56 ribu pengaduan (tentu belum diproses) karena KPK pasti akan memilih kasus yang paling vital dulu, hanya menyisakan teka-teki pada seluruh rakyat Indonesia, mengapa ini terjadi dan kenapa hari demi hari semakin besar ?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjAfpj9SWd_-GHYn-ItoaxeyIFT6jLExuzSLEowgCA4c_UqTQwxSsV5tDiuitIcd98hmZ60iicUkU6YragkFSURLheGf79j2c-MHlWIe-TxiZN1LligIJPj9Yla_sY57yLRG6AgCwSyEOI/s1600/korupsi+parodi.jpg 
Mungkin ada yang berpikir bahwa kejadian ini harus ditimpakan kepada Presiden SBY, karena ini terjadi pada pemerintahannya dan memang kejadian ini dipergunakan untuk menjatuhkan reputasi Bapak Presiden yang sesungguhnya adalah Pemimpin dan Simbol Negara, sebagian mungkin ada yang menyalahkan lembaga Kepolisian, sebagian menyalahkan lembaga Yudikatif sehingga ini merangsang jamur baru, diskriminasi kepada simbol-simbol negara. Namun itu sebenarnya tidak perlu dilakukan, bila mengetahui sebab utama korupsi terjadi dan kepada calon pemimpin baru pengganti pejabat yang korupsi tidak perlu melakukannya lagi dengan alasan apapun karena dosa kepada suatu negara jauh dan teramat besar juga karena doa orang yang terzolimi, dikecewakan seperti rakyat, besar tenaganya.
Tidak akan cukup satu hari untuk membahas kasus demi kasus ini, artikel ini hanya membahas suatu latar belakang masalah “Apa sebab utama seseorang melakukan korupsi?”. dan juga di inspirasikan oleh beberapa pertanyaan-pertanyaan ringan ; kenapa tega sekali ? kenapa tidak keluarga? kenapa tidak percaya rejeki dari Sang Pencipta? Kenapa sewenang-wenang merasa tidak dapat tersentuh hukum? dan banyak lagi pertanyaan lain yang jawabannya mengerucut kepada jawaban sederhana, tetapi dapat diuji tingkat kebenarannya baik secara kuantitatif, kualitatif dari sudut pandang ; keyakinan dan pengetahuan
Sebab Utama Seseorang Melakukan Korupsi adalah karena Sombong / Kesombongan.
Dan unsur-unsur Kesombongan terdiri dari beberapa hal unsur sebagai berikut :
1. Tidak memiliki kemampuan untuk Mengucap syukur kepada Tuhan atas amanah yang diberikan kepadanya, yang  sebenarnya adalah tugas besar kepada negaranya dengan hasil yang sebenarnya sudah besar.
Dalam ukuran ini dapat diasumsikan Koruptor itu sama dengan Atheis, mereka lebih percaya kepada uang dibanding menghindari larangan Tuhan.
2. Tidak memiliki pengetahuan dan kemampuan bisnis dan investasi.
Mereka ini menganggap sumber uang hanya dari kekuasaan, bukan berasal dari Investasi dan Bisnis sedangkan fakta bisnis dan investasi mengambil bagian 80% dalam berjalannya suatu negara. Ketika menerima uang suap senilai Rp 3 milyar/ 1 Kabupaten kota, mereka tidak pernah mengetahui bahwa kontraktor tambang setingkat Small Medium Enterprise dengan  bermodal kerja keras + legalitas + ketekunan + sedikit uang + dukungan investasi dari Bank rata-rata menghasilkan penjualan kotor antara USD 1 Juta s/d USD 4 Juta perbulan. Harga jabatan, sekolah, pengalaman dan harga diri seluruh keluarga besar dan juga puluhan tahun untuk merintis jabatan tinggi dijual hanya dengan nilai lebih rendah dari nilai kontraktor tambang sekelas SME dengan tetap dapat memberikan rejeki kepada ratusan karyawannya.
3.  PRO-SARA
Unsur kesombongan yang ketiga adalah Pro-SARA, dengan memiliki jabatan tinggi, didalam imajinasi gila mereka, uanglah yang menjadi benteng perlindungan mereka, mereka ingin berbeda dengan sesamanya, sedangkan UUD menjamin kemerdekaan dan kesetaraan. Mereka ingin membangun konglomerasi sedangkan Indonesia menganut paham demokrasi.
4. Hubungan Emosi Suami Isteri, anak-anak dan keluarga Buruk
Seseorang yang sudah berumahtangga baik perempuan ataupun laki-laki adalah “satu pikiran dengan 2 tubuh” mereka meninggalkan orangtua masing-masing dan membangun rumah tangga dan menjadi satu pikiran. Dengan alasan jabatan tinggi, seorang laki-laki atau perempuan yang melakukan korupsi, 99% kemungkinan dilakukan dengan rahasia, tidak berdiskusi, review keuntungan dan risiko. Korupsi dilakukan ditempat tersembunyi, sayangnya KPK terlalu cerdas untuk ukuran mereka.
5. Tidak Memiliki Percaya DIri
Mereka dangat tergantung dengan kekuasaan dan mempergunakannya dengan cara apapun, karena didunia luar mereka tahu, mereka hanya orang yang lemah. Apabila anda ingin melihat orang yang punya mental kuat, belajarlah dengan Marketing Asuransi dan Produk Perbankan. Menurut pandangan saya, kemampuan bertahan seorang koruptor berbanding dengan mental berhasil sales asuransi adalah 1:100 (satu berbanding seratus) dan kabar buruknya mental mereka hanya 1/100 dari mental sales asuransi yang tahan panas dingin siang malam untuk mencari rejeki halal kepada keluarganya dengan gaji bulanan.
6. Walau Pintar,  Mereka Tidak Cerdas.
Ada perbedaan signifikan antara pintar dan cerdas dalam sudut pandang ini. Kira2 seperti ini
“Orang yang pintar adalah orang yang belajar dari pengalamannya sendiri”
dan
“Orang yang cerdas adalah orang yang belajar dari pengalaman orang lain”
Terlalu pintar untuk harus merasakan bahwa korupsi yang dilakukan pendahulunya, harus diulangi sendiri.
jadi Satu Sebab Utama Seseorang Melakukan Korupsi adalah Kesombongan.
Orang yang sombong adalah seperti orang yang menyimpan bara api dan kemudian terbakar sendiri.
Semoga Tuhan senantiasa melindungi Bangsa dan Rakyat Indonesia. Terimakasih
salam sukses
= Rimawan =
Sumber lain

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...