GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Tentang Vicky Prasetyo: Tragedi Vicky adalah Tragedi Bahasa Indonesia

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 18 September 2013 | 19.33

by: http://bahasa.kompasiana.com/2013/09/16/tragedi-vicky-adalah-tragedi-bahasa-indonesia-592979.html
Bahasa merupakan alat komunikasi. Dan bahasa sebagai alat komunikasi haruslah bisa dimengerti oleh orang lain. Apa jadinya kalau bahasa tidak dimengerti oleh orang yang menjadi lawan komunikasinya, apakah masih bisa dimasukan sebagai kategori alat komunikasi?
Seperti yang kita tahu akhir-akhir ini media sedang menyorot seseorang yang tengah memporak-porandakan bahasa, khususnya bahasa Indonesia. Seseorang itu tidak lain dan tidak bukan adalah Vicky Prasetyo mantan tunangan pendangdut Zaskia Gotik. Vicky yang selidik punya selidik adalah seorang penipu ulung menggunakan bahasa Indonesia dan sedikit bahasa Inggris yang rancu secara gramatikal dan diksi yang tidak tepat pada sebuah wawancara. Mungkin agar terlihat seperti orang pintar dia sembarangan mencomot istilah-istilah ilmiah dan digunakan untuk membuat istilah baru yang ajaib. Istilah-istilah tersebut antara lain adalah kontroversi hati, konspirasi kemakmuran, kudeta keinginan, labil ekonomi, harmonisisasi, mempertakut, dan statusisasi kemakmuran. Istilah-istilah yang hanya dimengerti oleh Vicky.
http://cdn.ciricara.com/wp-content/uploads/2013/09/05/vicky-prasetyo-238x200.jpg 
Kebodohan Vicky menggunakan bahasa menjadi sasaran empuk media dan warga Indonesia untuk menjadi bahan lelucon. Kekonyolannya seolah menjadi hiburan tersendiri bagi para pengguna sosial media untuk membuat video parodi dari wawancara Vicky atau sekedar membuat tulisan yang menggunakan istilah Vicky. Bahkan di sebuah status facebook teman saya menyebut bahasa Vicky sebagai Vickybulari. Dan yang lebih lucu keluarga Vicky mengatakan kalau bahasa Vicky itu setingkat filosof. Mungkin bila Plato atau Aristoteles masih hidup, dia bisa menangis disamakan dengan Vicky.
Tragedi Vicky mengingatkan saya pada pelajaran bahasa Indonesia ketika duduk dibangku sekolah yaitu tentang kalimat efektif. Masih ingat dengan pelajaran Bahasa Indonesia tentang kalimat efektif? Untuk menyegarkan ingatan akan saya bahas sekilas tentang kalimat efektif itu.
Kalimat efektif adalah kalimat yang benar dan jelas sehingga dengan mudah dipahami orang lain secara tepat. Ciri-ciri kalimat efektif adalah:
1. Kesepadanan. Suatu kalimat efektif harus memenuhi unsur gramatikal yaitu unsur subjek (S), predikat (P), objek (O), keterangan (K).
2. Kecermatan Dalam Pemilihan dan Penggunaan Kata
3. Kehematan. Kehematan dalam kalimat efektif maksudnya adalah hemat dalam mempergunakan kata, frasa, atau bentuk lain yang dianggap tidak perlu, tetapi tidak menyalahi kaidah tata bahasa.
4. Kelogisan. Kelogisan ialah bahwa ide kalimat itu dapat dengan mudah dipahami dan penulisannya sesuai dengan ejaan yang berlaku. Hubungan unsur-unsur dalam kalimat harus memiliki hubungan yang logis/masuk akal.
5. Kesatuan atau Kepaduan. Kesatuan atau kepaduan di sini maksudnya adalah kepaduan pernyataan dalam kalimat itu, sehingga informasi yang disampaikannya tidak terpecah-pecah.
6. Keparalelan atau Kesajajaran. Keparalelan atau kesejajaran adalah kesamaan bentuk kata atau imbuhan yang digunakan dalam kalimat itu. Jika pertama menggunakan verba, bentuk kedua juga menggunakan verba. Jika kalimat pertama menggunakan kata kerja berimbuhan me-, maka kalimat berikutnya harus menggunakan kata kerja berimbuhan me- juga.
7. Ketegasan. Ketegasan atau penekanan ialah suatu perlakuan penonjolan terhadap ide pokok dari kalimat.
Dari semua ciri-ciri kalimat efektif yang saya paparkan, kalimat-kalimat Vicky jelas tidak termasuk dalam kalimat efektif.  Dan bila betul Vicky pernah menempuh pendidikan di perguruan tinggi, saya sangat penasaran bagaimana dia bisa menyusun skripsinya.
Meskipun saya tidak menempuh pendidikan bahasa Indonesia di perguruan tinggi, saya merasa miris dengan nasib bahasa Indonesia. Setelah dirusak dengan gaya penulisan ‘alay’ sekarang dirusak dengan penggunaan istilah-istilah ngaco dari Vicky. Sebagai bangsa Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia, mari kita lestarikan bahasa persatuan kita dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara tata bahasa dan penggunaan, sesuai dengan KBBI dan kaidah berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...