GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Belajar Merangkai Kata: 3 Tips Sederhana merangkai kata

Written By Situs Baginda Ery (New) on Jumat, 20 September 2013 | 21.21

by: http://media.kompasiana.com/new-media/2011/09/23/tts-tiga-tips-sederhana-merangkai-kata-390261.html
Bagi mereka yang sudah cukup lama berkecimpung di dalam dunia tulis menulis, merangkai kata bukanlah perkerjaan yang sulit. Tinggal ambil pena, tarik nafas, konsentrasi sedikit dan lalu tinta akan mengalir lancar di atas kertas putih membentuk kata demi kata, terangkai dalam kalimat demi kalimat menjadi paragraf  yang tertata dan enak dibaca. Namun tidak demikian bagi mereka para pemula. Merangkai kata bisa menjadi aktivitas pemecah semangat karena sering terjadi dan disadari pemakaian kata yang sama, itu lagi itu lagi.
Saya pun mengalami hal yang sama. Namun,  ada tiga hal yang saya lakukan dalam merangkai kata yang mungkin berguna bagi pembaca dan penulis pemula:
http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2012/10/13513825241517211963.jpg 
Perbanyak kosa kata
Dalam dunia komunikasi, perbendaharaan kata yang kita miliki akan cukup mewarnai hidupnya sebuah tulisan. Untuk itu, pintar-pintarlah kita memperbanyak kosa kata bahasa sendiri. Caranya cukup gampang. Pergunakanlah kata-kata sinonim - beda kata sama arti, atau pergunakanlah anti antonim - lawan kata. Terkadang dengan menggunakan sinonim atau antonim, kalimat yang dipakai pun menjadi sedikit lebih indah, ber-rima. Cara lain untuk memperbanyak kosa kata adalah dengan mengisi TTS - teka teki silang, yang menantang kita untuk berpikir mencari padanan kata. Terkadang pula dalam mengisi TTS kita “dipaksa” untuk rajin membuka kamus bahasa Indonesia, baik itu bentuk cetak ataupun bentuk artikel di internet.
Sederhana
Terbayang bukan di benak kita bahwa pembaca tulisan di Kompasiana berada dalam rentang tingkat pemahaman yang panjang. Karena saya menginginkan tulisan saya bisa dibaca sampai oleh mereka yang tingkat pemahamannya biasa-biasa saja (karena tingkat pemahaman saya juga masih biasa), maka saya lebih menyukai memakai kata-kata atau bahasa yang sederhana, tidak jelimet, mudah dimengerti. Kata-kata asing dan aneh pun memang kadang saya pakai, tapi cenderung yang simpel saja.
Menyambung
Untuk lebih menyederhanakan tulisan, saya terkadang memperpendek sebuah kalimat. Baik karena kalimat yang dibuat pendek-pendek atau pun panjang, ada baiknya sebelum tulisan itu kita kirimkan (posting) kita baca sekali atau dua kali lagi. Baca dan rasakan tulisan kita, apakah sudah menyambung antara satu kalimat atau segmen kalimat dengan segmen kalimat yang lain atau belum. Terkadang, saya kemudian membubuhkan beberapa tambahan kata “sambung” seperti “yang”, “adalah”, “yaitu” atau bahkan dua tiga kata tambahan yang diperlukan agar tulisan menjadi “mengalir”.
Di luar tiga hal itu, yang juga cukup membantu dalam merangkai kata adalah:
  • rajin membaca, karena kita bisa belajar dari tulisan orang lain dan bisa mengikuti langkah penulis lain dalam merangkai kata
  • motivasi umum untuk kemajuan adalah: latih…latih…latih… (practise, practise, practise), dalam kaitan sebagai penulis ya diterjemahkan menjadi “menulis, menulis dan menulis”.
Namun, perlu juga diingat, berhubung saya jarang membuat tulisan fiksi, mungkin langkah-langkah yang saya lakukan seperti ini mungkin tidak terlalu  tepat untuk tulisan fiksi.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...