GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Pentingnya Menjaga Pikiran: Inilah 10 cara menjaga pikiran tetap jernih

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 21 September 2013 | 17.17

by: http://www.ilcantantechoir.org/featured/10-cara-menjaga-pikiran-tetap-jernih.html
Halo juragan semua, ane mau sharing pengetahuan sedikit mengenai cara menjaga pikiran agan tetap bersih dalam melakukan sesuatu hal. Mungkin kita sering menghadapi sesuatu persoalan lalu kita selalu menanggapinya pertama kali dengan pikiran yang aneh2, curiga, alias jadi BT gak jelas gitu. Seperti ada analogi ketika agan melihat sebuah gelas yang terisi air setengahnya, apa yang agan2 pikirkan? apakah itu “hanya gelas kosong yang terisi setengah air” atau “Gelas yang hampir penuh terisi air” ?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhaVxYLeaUU7wL1xDDGt3Wt05MPOf9vgFAXYoCGuOXTIiaB0-XhFLouwaD6I9BJwwyYhUirGjvmxSQuM0JRZOwcO21YAM_gaT7IdFZ-hH4XzYY-tGhxEIzvuzVt1ZPXQReVz4eDe3wZDxRH/s320/kesulitan-belajar1.jpg 
Memang kadang keputusan jawaban itu juga tergantung dari kondisi agan2 pada waktu menjawab pertanyaan itu. Pada umumnya, orang yang memiliki pikiran positif dan bersih akan menjawab bahwa gelas itu hampir penuh terisi oleh air. Nah, sedangkan orang yang lagi Butek (nge-blur) pikirannya akan menjawab kalo itu hanya sebuah gelas kosong berisi air cuma setengahnya. Pikiran yang bersih sangat diperlukan ketika kita menghadapi situasi yang sulit apalagi dalam mengambil keputusan. Jangan gegabah mengambil keputusan. Sebaiknya agan jalanin tips2 ini sebelum mengambil keputusan persoalan itu. :D
Langsung aja ane kasih tau tips dan cara menjaga pikiran tetap bersih dan jernih ini:
  1. Jalan-Jalan. Nah loh, baru tips pertama udah disuruh jalan-jalan nih. Memang menurut penelitian para ahli cara yang paling ampuh mengatasi pikiran yang lagi jenuh, labil (ababil) atau BT adalah dengan jalan-jalan. Selain mengembalikan pikiran yang jenuh tadi, dengan jalan-jalan pikiran kita akan menjadi liar dan berkembang, dan menciptakan pikiran yang lebih kreatif.
  2. Mengurangi konsumsi gula. Mikir dulu nih, apa hubungannya mengkonsumsi gula sama pikiran yang bersih? pertama ane juga bingung, tapi ternyata ada penelitiannya juga. Jadi peneliti itu melakukan percobaan dimana orang yang sedang lapar (perut kosong) diberikan donat yang ditaburi gula, lalu disuruh ngerjain soal kasus matematika selama 20 menit. Lalu apa hasilnya? selama mengerjakan soal itu terdeteksi aktifitas otak orang itu gelap tertutup kabut alias pikirannya nge-blank gak jelas. Alhasil dia kesulitan ngerjain soal matematika itu. Karena itu setidaknya agan mengurangi konsumsi gula berlebih bila ingin mendapatkan pikiran yang jernih. Ini cocok buat yang lagi mau menghadapi UN nih..hehe
  3. Atur waktu atau jadwal dengan baik. Hal ini secara positif akan membantu agan untuk berpikir jernih. Coba buktikan aja, jarang ada orang yang dapat bekerja dengan baik dan maksimal bila sedang dalam kekacauan. Entah itu karena jadwal yang terlalu padat dan mendesak atau juga karena kekurangan waktu untuk mengerjakan sesuatu. Perencanaan waktu yang baik, akan membuat pekerjaan terselesaikan dengan maksimal karena dikerjakan dengan pikiran yang jernih.
  4. Tidur yang cukup dan berkualitas. Kebutuhan waktu agan2 untuk tidur sangat bervariasi. Tetapi secara umum, waktu paling minimal untuk tidur adalah sekitar 5 jam. Biasanya waktu 5 jam ini untuk orang yang sudah dewasa dengan aktifitas yang padat. Dan kebanyakan waktu tidur orang-orang tidak akan persis 8 jam, tetapi kurang dari 8 jam. Sebenarnya lamanya waktu tidur bukanlah hal yang penting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas saat kita tidur itulah yang berperan penting mengembalikan fungsi otak seperti normalnya. Seperti pengalaman saya, pernah tidur cuma 3 jam,tapi rasanya seperti sudah tidur 10 jam. Dan bangun dengan tubuh segar.. :D
  5. Meditasi. Hmm, hari gini meditasi? gak ada waktu coi!! nah, agan2 jangan berpikir kalo meditasi itu harus seperti orang-orang lagi yoga gitu. Sbenarnya gampang aja, tinggal tutup mata agan (dimanapun agan berada, asal waspada juga kalo lagi di angkot/bus), terus rilex, rasakan hembusan nafas agan mulai dari menghirup sampai menghembuskan lagi. Kembangkan pikiran seolah-olah pikiran sedang mengembara ke negeri asing. Pokoknya pikirkan sesuatu yang lebih Luas!! Contoh aja nih, misalnya agan lagi banyak masalah, maka pikirkan agan sedang terbang ke langit sambil melihat ke arah bawah. Pikirkan bahwa yang dibawah itu adalah masalah-masalah yang sedang agan alami (kayak lagi liat Google earth). Lihat masalah itu sebagai sesuatu yang Kecil!! dan katakan agan bisa mengatasi semua masalah itu. Beres kan? tetapi tetap fokuskan pada nafas agan. Cukup lakukan 5 menit, maka setelah itu agan-agan siap untuk berpikir dan kembali ke realitas kehidupan (back to Earth)..hehe
  6. Hilangkan perasaan jengkel dan mengeluh. Kalo yang ini sering banget nih. Semua orang pasti biasa melakukan hal ini kalo ada sesuatu yang bikin stress. Pertama kali kita harus mengetahui apa sih sebenarnya yang bikin kita jengkel saat ini? Sebaiknya tuliskan di sebuah kertas. Lalu? setelah agan tulis semua kejengkelan di kertas (selembar atau berlembar-lembar kertas juga boleh, hehe) lalu agan ambil korek api trus bakar deh tuh kertas. Wuihh, gile bener.. hasilnya pasti diluar akal pikiran agan sekalian. Kertas itu terbakar!! ya iyalah kertasnya terbakar -.-”, tapi satu hal penting lagi, bahwa masalah agan juga ikut terbakar lenyap!! @.@Akal pikiran sadar kita mungkin tidak sadar akan hal ini (membakar kertas masalah tadi), tapi pikiran bawah sadar kita sangat menyadari hal ini. Bingung-bingung dah loe..
  7. Jangan minum minuman beralkohol. Sebenarnya bukan gak boleh, boleh asalkan tidak berlebihan gak apa2. Minuman beralkohol bila dikonsumsi dalam jumlah yang diperlukan tubuh, akan membuat pikiran kita menjadi lebih kreatif, karena akan menggerakkan sel-sel mati di tubuh menjadi aktif. Sedangkan bila terlalu banyak, malah akan merusak kondisi kesehatan otak diwaktu yang akan datang.
  8. Biasakan membuat keputusan secara cepat. Pikiran kita berisi banyak sekali keputusan-keputusan yang menggantung seperti lamput gantung, dimana mau tidak mau kita harus menentukan keputusan tiap pilihan tersebut entah dalam waktu yang cepat atau lama. Bila agan menunda untuk memberi keputusan terhadap suatu pilihan, maka sebaiknya pikiran kita diberi perintah kapan kita akan membuat keputusan untuk pilihan itu. Ingat, masih banyak keputusan yang harus kita ambil, semakin cepat maka antrean keputusan semakin sedikit. Dan kita bisa mengalokasikan pikiran kita untuk hal yang lain.
  9. Hirup udara segar. Yang ini ane maklum apa adanya. secara susah banget dapet udara yang layak dan kaya oksigen zaman sekarang. Paling gak tips ini masih berguna buat agan2 yang lingkungannya masih bersih dan asri. Usahakan menghirup udara dari hidung lalu mengeluarkan lewat mulut. Dengan begitu, udara bersih kaya oksigen akan masuk dan menyalurkannya ke otak.
  10. Puaskan kebutuhan fisik. pikiran yang jernih akan mudah kita dapatkan ketika kita tidak dalam keadaan lapar, haus atau kepanasan. Usahakan kebutuhan fisik ini terpenuhi agar tubuh memiliki tenaga yang cukup. Kebutuhan fisik yang lain seperti olahraga juga diperlukan untuk mendukung hal ini.

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...