GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Spesial Islami: Ketika engkau menjauhi atau dijauhi teman-teman yang bertaqwa

Written By Situs Baginda Ery (New) on Sabtu, 21 September 2013 | 20.59

by: http://abuzuhriy.com/ketika-engkau-menjauhi-atau-dijauhi-teman-teman-yang-bertaqwa/
Rasuulullah shallallaahu ‘alayhi wa sallam bersabda:
الْأَرْوَاحُ جُنُودٌ مُجَنَّدَةٌ فَمَا تَعَارَفَ مِنْهَا ائْتَلَفَ وَمَا تَنَاكَرَ مِنْهَا اخْتَلَفَ
“Ruh-ruh adalah seperti tentara yang berbaris-baris, maka yang saling mengenal akan bersatu dan yang saling mengingkari akan berselisih.”
[HR. al-Bukhaariy, Muslim dan lain-lain]
Rasuulullah shallallaahu ‘alayhi wa sallam bersabda:
مَا تَوَادَّ اثْنَانِ فِي الله جل وعز أو في الإِسْلامِ , فَيُفَرَّقُ بَيْنَهُمَا إِلا بِذَنْبٍ يُحْدِثُهُ أَحَدُهُمَا
“Tidaklah berpisah dua orang yang saling berkasih sayang karena Allah ‘azza wa jalla atau karena islam… kecuali disebabkan oleh dosa yang dilakukan oleh salah seorang di antara keduanya.”
(Shahiih; diriwayatkan Imam Bukhaariy dalam adabul mufrad)
Dalam riwayat lain:
وَمَا تَوَادَّ رَجُلاَنِ فِي اللهِ ، فَتَفَرَّقَ بَيْنَهُمَا إِلاَّ بِحَدَثٍ يُحْدِثُهُ أَحَدُهُمَا ، وَالْمُحْدِثُ شَرٌّ ، وَالْمُحْدِثُ شَرٌّ ، وَالْمُحْدِثُ شَرٌّ
“Tidaklah ada dua orang yang saling mencintai karena Allah lalu berpisah (berselisih) di antara keduanya kecuali dikarenakan suatu ucapan yang diada-adakan salah satunya. Pengada-ada itu jelek, pengada-ada itu jelek, pengada-ada itu jelek.”
(HR Ahmad, dikatakan Ibnu Muflih, sanadnya jayyid)
http://farm9.staticflickr.com/8426/7789261892_ccbca5b143_z.jpg
Jangan dulu engkau tuduh saudaramu yang berdosa.. Introspeksilah dirimu.. Inrospeksilah dirimu..
Ketahuilah… Ketika engkau melakukan dosa… Apalagi jika dosa tersebut melekat dihati dan amalmu… Maka kalau bukan engkau yang menjauhi teman-teman yang bertaqwamu.. Maka merekalah kelak yang akan menjauhimu (disebabkan dosamu tersebut)..
Demikian pula, bisa jadi ini dikarenakan AKHLAK BURUKmu terhadap mereka, yang engkau jarang atau tidak pernah memperhatikan kata-kata atau perilakumu dihadapan mereka… Hingga akhirnya mereka pun menjauhimu (dan engkau pun tidak sadar, bahkan menyalahkan mereka; padahal engkaulah yang menjadi penyebab mereka lari menjauh darimu)
Tidakkah kau pernah atau bahkan sedang merasakannya? Jika engkau merasakannya.. Maka ingatlah… Mungkin ini adalah TEGURAN dari ALLAH untukmu, sebelum wafatmu.. Agar engkau segera bertaubat.. Karena ketika di aakhirat kelak, maka tidak ada tempat lari…
Allah berfirman:
لِيَمِيزَ اللَّهُ الْخَبِيثَ مِنَ الطَّيِّبِ وَيَجْعَلَ الْخَبِيثَ بَعْضَهُ عَلَىٰ بَعْضٍ فَيَرْكُمَهُ جَمِيعًا فَيَجْعَلَهُ فِي جَهَنَّمَ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ
supaya Allah memisahkan (golongan) yang buruk dari yang baik dan menjadikan (golongan) yang buruk itu sebagiannya di atas sebagian yang lain, lalu kesemuanya ditumpukkan-Nya, dan dimasukkan-Nya ke dalam neraka Jahannam. Mereka itulah orang-orang yang merugi.
(Al-Anfaal: 37)
Kita memohon kepadaNya agar kita termasuk (dan diwafatkan) golongan yang baik (ath-thayyib).. berlindung kepada Allah termasuk (apalagi diwafatkan) golongan orang-orang yang buruk (al-khabiits)..
Kita memohon kepadaNya agar kita termasuk orang-orang yang beruntung di dunia dan aakhirat.. dan kita berlindung kepadaNya dari kehinaan dunia dan aakhirat..
Aamiin..

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...