GOOGLE TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

ARTIKEL PILIHAN

Daftar 10 Negara Teraneh di Dunia

Written By Situs Baginda Ery (New) on Rabu, 18 September 2013 | 19.27

10 NEGARA ANEH DI DUNIA : Pernah lihat ikon sepuluh negara negara di atas ?. belum ? tak apa. karena memang itu adalah sepuluh negara paling aneh di dunia, karena memang sangat tidak biasa.
by: http://hendrajailani.blogspot.com/2013/06/sepuluh-negara-paling-aneh-di-dunia.html
Pusing dengan aturan dan kondisi di Negara saat ini ?. Orang orang berikut ini mendirikan negara mereka sendiri dengan aturan mereka sendiri suka suka hati deh.
Negara dengan ukuran mini, memproklamirkan diri sendiri tanpa pengakuan dari manapun. Maka jadilah negara yang mereka bikin bukanlah benar benar sebuah negara tidak seperti layaknya negara Negara mini tapi Negara Beneran seperti Vatikan dan Singapura.
Negara negara Aneh berikut ini dibikin dengan beragam alasan ; mulai dari sekedar nyeni, nyentrik, bentuk protes, uji coba politik dan hukum internasional, atau bahkan sebagai pusat kegiatan kriminal ? siapa tahu.
Nomor 1 :  Negara Kepangeranan Sealand
NEGARA BEKAS BENTENG LAUT Beginilah wilayah yang negara Sealand di lepas pantai Inggris. Pengadilan Inggris menyatakan tempat ini bukanlah wilayah hukum inggris karena berada di perairan internasional.
Negara Kepangeranan Sealand adalah Negara yang dideklarasikan oleh Paddy Roy Bates, seorang pensiunan Mayor angkatan bersenjata Inggris. Uniknya wilayah Negara yang di deklarasikannya itu hanyalah berupa sebuah menara di tengah laut seluas 550 m² bekas benteng pertahanan angkatan laut Inggris semasa perang melawan Jerman, yang memang dibangun di perairan internasional di luar wilayah territorial Inggris.
Paddy Roy Bates menyebut dirinya sebagai Yang Mulia Pangeran Roy dari  Sealand sedangkan negaranya diberi nama Kepangeranan  Sealand atau Principality of  Sealand. Dengan luas wilayah 500m2 di menara bekas benteng HM Fort Roughs tersebut ditambah dengan wilayah laut yang dia klaim sejauh 12 Mil Laut.
Padahal menara yang dia klaim sebagai negara  baru itu hanya berjarak 10 km lepas pantai pesisir Suffolk, Inggris, pada koordinat 51°53′40″ LU, 1°28′57″ BT. Penduduk tetap dari negara aneh ini tak pernah lebih dari 5 orang. Terdiri dari si pendiri dan anggota keluarganya yang sudah menduduki tempat tersebut sejak 2 September 1967.
Berminat menjadi warga negara nya ?. Roy Bates menawarkan gelar kebangsawanan bagi siapa saja yang mau jadi pendukungnya. Account facebook nya sudah memiliki lebih dari 20 ribu penggemar di akun facebook mereka sementara situs resmi negara Sealand ini sama seperti akun facebook nya, sama sama tak pernah di update. Namun demikian, Negara supermini ini masih eksis hingga kini meski tak ada satupun Negara dunia yang mengakuinya.
Nomor 2 : Republik Molossia
REPUBLIK MOLOSSIA. Hanya seperti sebuah guyonan karena seluruhnya adalah Amerika. 
Entah dapat ide darimana sehingga warga Amrik satu ini menamai lahan yang dia beli seluas 58KM persegi itu dengan nama Republik Molossia, menjiplak nama Malaysia mungkin ya ?.  Menurut situs resmi pemerintah republik Molossia, negara mini ini didirikan pada tanggal  26 Mei 1977. Menariknya, Negara yang tidak benar benar sebuah Negara ini merupakan salah satu Negara pertama yang mengakui kemerdekaan Republik Kosovo sehari setelah proklamasi kemerdekaan Kosovo.
Ibukota Molossia berada di luar kota Daytona, Nevada Amerika Serikat. Terdiri dari rumah presiden Republik Molossia Kevin Baugh’s plus halaman depan dan belakangnya. Ditambah dua properti yang dia beli di Pennsylvania and California. Orangnya bergaya sebagai dikatator, turun dengan seragam militer dan kaca mata hitam besar.
Dia menyebut negara mini nya itu sebagai sebuah hobi. Orang ini juga mengkalim satu titik di Samudera Pasifik sebagai miliknya ditambah area 49.881 mil persegi di planet Venus juga sebagai miliknya. Faktanya dia merupakan warga Amerika yang juga membayar pajak kepada pemerintah Amerika meskipun dia menyebut pembayaran pajak itu sebagai ‘sumbangan ke luar negeri’
Situs resmi pemerintah Molossa : http://www.molossia.org
Nomor 3 : Kepangeranan Sungai Hutt
NEGARA DI DALAM NEGARA AUSTRALIA ?. tidak jugalah, seluruh wilayah ini murni milik Australia meski mengaku sebagai negara mandiri.
Kepangeranan Sungat Hutt atau The Principality of Hutt River (sebelumnya disebut sebagai propinsi Sungai Hutt) didirikan oleh Leonard Casley di tahun 1970. Negara mini ini terbentuk manakala 5 keluarga memiliki perkebunan seluas 75 kilometer persegi di area sungai Hutt dan berujung kepada perselisihan hukum dengan pemerintah Australia Barat terkait masalah quota penanaman gandum.
Secara esensial keluarga keluarga tersebut sudah memproduksi gandum jauh melebihi yang mereka sebut sebagai dijual menggunakan hukum yang berlaku (1000kali lebih tinggi dari jumlah yang diharuskan hanya untuk milik Casley saja). Dalam korespondensi resmi-nya dengan gubernur, Pak Casley disebut sebagai “Administratur Propinsi Sungai Hutt” oleh pak Gubernur, dan secara hukum tindakan gubernur tersebut malah memberikan Pak Casley hak atas jabatan itu.
Lalu dia mengganti gelar itu menjadi ‘yang mulia Pangeran Leonard I” untuk mengambil keuntungan dari hukum lama australia yang menyatakan bahwa siapapun yang mengganggu keluarga kerajaan dianggap sebagai sebuah penghianatan, dan menggunakan itu sebagai pembenaran untuk memisahkan diri dari Australia.
Di tahun 1979 perusahaan Pos Australia berhenti melayani negara mini ini, dan berkali kali meminta agar rakyat disana untuk membayar pajak kepada pemerintah Australia. Namun Casley atau Pangeran Leonard I menjawab permintaan itu dengan menantang Pemerintah Australia untuk berperang, sejak itu Perusahaan pos kembali melayani negara mini Kepangeranan Sungai Hutt dan surat tagihan pajak juga tak pernah datang lagi.
Warga negara kepangeranan Hutan Hutt yang menetap disana tak lebih dari 20 Orang sementara 13 ribu sampai 18 ribu lainnya merupakan warga negara mereka yang tinggal di luar negeri. Situs pemerintah Sungai Hutt : http://www.principality-hutt-river.com/
Nomor 4 : Kerajaan Dunia yang lain
DUNIA LAIN ?. wew mirip uji nyali ya
Kerajaan Dunia yang lain atau The Other World Kingdom hanyakah wilayah seluas 3 hektar di Republik Ceko (Czech Republic) yang kemudian mendeklarasikan diri nya sebagai negara mini berdaulat. Dipimpin oleh yang mulia Ratu Patricia I (Her Royal Majesty Queen Patricia I).
Kerajaan ini menganut istem matrialis, yang berarti negeri itu diperintah oleh wanita, semua jabatan dibawah ratu dijabat oleh wanita berikut semua gelar ningrat hanya diberikan kepada para wanita.
Kerajaan aneh ini  hanya terdiri dari beberapa bangunan dan area terbuka. Mereka menggunakan passport sendiri, mata uang sendiri, polisi,  bendera negara, banner bahkan lagu kebangsaan sendiri.
Nomor 5 : Waveland
NEAGARA DI SEBONGKAH BATU. Waveland begitu namanya, bila di Indonesia-kan menjadi Tanah di tengah gelombang. Seram amat.
Waveland andalah negara global baru yang berlokasi di Internet, warganegaranya saling berbagi nilai nilai persmaan, kerja sama, penghormatan terhadap perbedaan, koeksistensi dengan yang lain termasuk terhadap alam. Begitu cuplikan dari situs resmi waveland
Waveland adalah negara maya yang didirikan oleh kelompok pecinta lingkungan Greenpeace. Negara itu sendiri secara geografik selalu terkait dengan pulau Rockall, batu terjal tak berpenghuni tak jauh dari Inggris tapi kepemilikannya diperebutkan oleh Inggris, Islandia, Irlandia dan Denmark.
Di tahun 1997 pulau tersebut dikuasai oleh Greenpeace yang sedang melakukan aksi protes terhadap penambangan minyak di area tersebut. Sekaligus mendeklarasikan berdirinya sebuah negara baru bernama negara Waveland. Waveland menawarkan kewarganegaraan kepada siapapun yang bersedia mengucapkan sumpah setia.
Pemerintah Inggris sendiri tengan tenang saja dengan aksi greenpeace tersebut. Mengingat inggris menggangap Pulau rockal / waveland adalah milik Inggris dan Greenpeace adalah organisasi berijin dan bebas beroperasi di Inggris, jadi tak ada masalah dengan greenpeace yang mengaku ngaku memiliki pulau Rockall. Yang ada di pulau rockall hanyalah perangkat lampu suar dengan panel listrik tenaga surya untuk memandu kapal laut yang melewati wilayah itu. Situs resmi Waveland : http://www.waveland.org/
Nomor 6 : Westarctica
KOLEKSI BAGUS. Negara Westartica ini bahkan sudah menerbitkan mata uang mereka sendiri. 
Negara Antartika Barat atau Grand Duchy of Westarctica  didirikan di bagian wilayah antartika sebelah barat yang memang belum di klaim oleh pihak manapun, ditahun 2001 seorang warga Amerika bernama Travis Mc Hendy mendirikan negara Antartika Barat sebuah trobosan baru terhadap traktat antartika yang mengatur perjanjian bagaimana komunitas internasional memperlakukan antartika. Inti dari traktat antartika adalah melarang negara manapun mengklaim wilayah antartika barat, hanya saja traktat itu tidak mengatur larangan bagi pribadi pribadi.
McHenry mengklaim teritorialnya dan mendirikan sebuah negara. Sebagai kepala negara micro yang baru berdiri dia memulai berkirim surat kepada berbagai pemerintahan negara di dunia memberikan informasi kepada mereka atas apa yang dia dirikan di antartika Barat.  Namun surat surat itu sepertinya hanya di abaikan saja oleh penerimanya. Siapa peduli dengan negara baru berdiri tapi tak berpenduduk sama sekali.
Antartika memang tak memiliki populasi manusia pribumi, begitu juga dengan antartika barat. Hanya ada  beberapa fasilitas pusat penelitian yang dibangun disana oleh beberapa negara. Negara baru ini memiliki perangko dan mata uang koin hanya untuk souvenir belaka.  Tahun 2005, McHenry mencoba menganeksasi pulau Balleny dan pulau Peter I untuk memperlebar wilayah Westarctica tapi sepertinya tak ada orang yang menganggap hal itu sebagai hal yang serius, karena masing masing  pulau itu sendiri sudah menjadi milik Selandia Baru dan Norwegia.
Situs resmi antartika barat : http://www.westarctica.org/
Nomor 7 : Negara Angkasa Raya
NEGARA ANGKASA RAYA. Ibukotanya kira kira pasnya dimana ya. penduduknya mungkin tinggal di awan seperti orang sakti.
Nama Resmi : Nation of Celestial Space
Luas : Keseluruhan Jagad Raya kecuali planet Bumi
Populasi : Tak diketahui ?
Founder & perwakilan pertama : James Thomas Mangan
Di tahun 1949, orang Amerika bernama James Mangan menghadap ke kantor pencatatan pengesahan dan penamaan di Cook County, Illinois dan menyatakan klaim terhadap keseluruhan jagad raya. Tujuan utamanya adalah untuk mewakili seluruh umat manusia, sehingga nantinya tidak akan ada lagi negara yang akan mengklaim wilayah di Angkasa Raya.
Tahun 1948 Mangan mengumumkan deklarasi Nation Of Celestial Space. Dengan memasukkan tujuan nya guna mengamankannya bagi mereka yang simpati, dimanapun mereka tinggal, keindahan dan manfaat dengan wilayah yang sangat luas tapi tak di klaim oleh negara manapun.
Ide Negara Angkasa Raya itu seperti sudah mati bersama pendirinya. Akan tetapi apa yang dia dirikan itu mendapatkan kehormatan dari PBB sebagai Micro Nation ditahun 1958, ketika bendera Nation of Celestial Space Dikibarkan di markar PBB di New York bersama dengan bendera negara negara anggota PBB  lain nya.
Nomor 8 : Pulau Rose atau Rose Island,

SUDAH ALMARHUM. Negara aneh satu ini sudah almarhum, diserbu dan dihancurkan oleh pasukan Italia yang gusar dengan ulah pendiri negara aneh ini.
Luas wilayah : 0.0004 km2,
President : President Giorgio Rosa.
Pada tahun 1967 seorang insinyur Italia Girogio Rosa membuat landasan buatan di lepas pantau Rimini, Italia. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk melayani wisatawan, termasuk restoran, klub malam, dan toko cinderamata. Pada tahun 1968, Rosa mendeklarasikan kemerdekaan dari Italia.
Reaksi pemerintah Italia benar benar merespon tindakan tersebut tidak seperti pimpinan negara yang biasanya lebih cenderung tak memperdulikan Micro nation, Sebaliknya, otoritas Italia melihat proyek Rosa sebagai upaya untuk menghasilkan uang wisata sambil menghindari membayar pajak. 
Empat perwira polisi militer dan penagih pajak yang dikirim ke pulau itu untuk mengambil kendali. Setelah merebut kendali penuh atas Pulau buatan itu, Angkatan Laut Italia secara dramatis menggunakan bahan peledak meledakkan tempat tersebut hingga musnah sepenuhnya.
Nomor 9 : Operation Atlantis
JUGA SUDAH ALMARHUM. Negara aneh yang ini juga sudah punah bersamaan dengan tenggelamnya kapal yang digunakan dalam proyek pembangunan negara yang diimpikan.
Operation Atlantis adalah proyek yang dikepalai oleh Warner Stiefel diluncurkan tahun 1971.  dengan tujuan untuk membuat sebuah komunitas Libertarian di wilayah perairan internasional, bebas pengawasan dari pemerintah negara negara besar manapun.  
Stiefel dan asosiasinya kemudian bermimpi membuat pulau buatan di karibiya namun karena kapal mereka sendiri sebenarnya tak siap operasi sejak awal. Ketika mereka melintasi sungai hudson tatkala air pasang, namun ketika air surut kapal tersangkut di lumpur.
Kondisi kapal miring dan hampir terbalik ketika struktur kapal mulai menejang es di pelabungan New York. Dengan susah payah kapal tersebut ahirnya sampai ke Bahama namun kemudian tenggelam karena badai.
Nomor 10 : Kerajaan Talossa
NEGARA IMPIAN ANAK KECIL. beneran ada meski tak benar benar eksis sebagai negara. bila beneran eksis ya sudah remuk redam di hantam Amerika tempatnya berada.
Kingdom of Talossa, luas wilayah : 13 km persegi, ditambah sebagiah wilayah Antartika,  Populasi : 120,  Kepala Negara : Raja John I
Bocah 14 tahun dari Wisconsin Robert Madison mendirikan Kerajaan Talossa di tahun 1979, pada mulanya dia hanya mengklaim tempat tidurnya sebagai wilayah kerajaan, ketika dia mulai tumbuh dewasa, dia mulai mengklaim lebih banyak teritorial, termasuk sebagian besar wilayah Milwaukee’s timur, dua pulau di Antarctica dam Francis.
Meski Talossa hanyalah ide dari remaja belasan tahun namun mampu menjadi topik utama di halaman depan harian terkenal sekelas The New York Times dan Wired, dan beberapa kalai muncul di koran dan majalah seluruh dunia. Sebagian besar warganegara atau lebih tepat disebut anggota negara Talosa mendapatkan informasi dari situs Madison.
Raja saat ini adalah His Majesty King John I, naik tahta pada 14 March 2007. Beberapa kali anggota /warganegara talosa frustasi dengan Madison, menyebutnya semakin otokratik dan secara umum hampir tak bisa bertoleransi dalam tindakannya sebagai pemimp[in.  Perpecahan terjadi, seorang warga negaranya kemudian keluar dan mendirikan negara baru milikny sendiri dengan nama Republik Talosaa di tahun 2007 dan pemimpinnya saat ini adalah John Woolley, yang terpilih di tahun 2007. Website resmi talossa : http://www.kingdomoftalossa.net

0 komentar:

Posting Komentar

1 SHARE DARI ANDA SANGAT BERHARGA BUAT BANYAK ORANG, SAMPAIKANLAH WALAU 1 AYAT, SEMOGA BERMANFAAT.

Jika anda merasa artikel diatas berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, silahkan share / bagikan artikel diatas ke banyak orang lewat facebook / twitter anda.
Semoga anda mendapatkan pahala setelah membagikan artikel diatas, semoga setelah anda bagikan banyak bermanfaat buat semua orang, amin.

( Sampaikanlah walau satu ayat, untuk kebaikan kita semua )

Salah satu cara mencari pahala lewat internet adalah dengan menyebarluaskan artikel, situs/blog dan segala kebaikan yang diperoleh darinya kepada orang lain. Misalnya adalah kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan sebagainya.

Apa Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas
Silahkan gunakan profile ( Anonymous ) jika anda tidak mempunyai Account untuk komentar

Jika anda ingin berpartisipasi ikut menulis dalam blog ini atau ingin mengirim hasil karya tulisan anda, membagikan informasi yang bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan anda silahkan kirim tulisan anda ke email saya bagindaery@gmail.com
Tulisan anda akan dilihat dan dibaca oleh ribuan orang tiap harinya setelah anda mengirimkannya ke bagindaery@gmail.com

BACA JUGA

DAFTAR LENGKAP ARTIKEL BLOG BAGINDAERY

Ikuti situs Bagindaery

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...